Comscore Tracker

7 Cara Cuci Muka yang Paling Benar Demi Kulit Wajahmu yang Lebih Sehat

Nomor 3 masih sering luput dilakukan

Hal yang dilakukan setiap hari, namun masih banyak orang yang belum tahu cara yang benar untuk melakukkannya. Itulah cuci muka. Bagi sebagian orang, mencuci muka hanyalah rutinitas sebelum tidur agar tidak tidur dalam keadaan wajah yang kotor dan menyebabkan jerawat. Namun, tanpa kamu sadari sebenarnya mencuci muka dengan cara yang benar ternyata bisa membuat kulit wajah lebih sehat, terlihat segar dan cerah lho.

1. Jangan menggunakan sabun batang

7 Cara Cuci Muka yang Paling Benar Demi Kulit Wajahmu yang Lebih Sehatpexels.com/Pixabay

Kecuali kalau sabun batang itu memang diformulasikan untuk kulit wajah, jangan pernah menggunakan sabun mandi batang untuk mencuci muka. Mungkin beberapa orang menyukainya karena membuat wajah terasa kesat. Sayangnya, sabun mandi batang akan menyebabkan ketidakseimbangan PH pada wajah dan akhirnya membuat bakteri serta jamur lebih mudah untuk tumbuh.

2. Pakai air hangat saat mencuci muka

7 Cara Cuci Muka yang Paling Benar Demi Kulit Wajahmu yang Lebih Sehatpexels.com/Tri Fatono

Ada satu mitos yang harus kamu berhenti untuk percaya dan ketahui kenyataannya kalau pori-pori bukanlah pintu. Pori-pori tidak akan terbuka dengan air hangat dan menutup dengan air dingin. Temperatur air yang ekstrim bisa membuat iritasi pada wajah.

3. Saat mencuci muka, jangan sampai lupa untuk mencuci bagian rahang dan leher juga

7 Cara Cuci Muka yang Paling Benar Demi Kulit Wajahmu yang Lebih Sehattendskin.com

Seringkali orang lupa untuk mencuci muka sampai ke daerah leher dan hanya berhenti di bagian dagu. Padahal, leher sama kotornya dengan wajah kita dan sama tereksposnya kepada kotoran sepanjang hari saat kita beraktivitas.

Baca Juga: 7 Lokasi Jerawat di Luar Wajah ini Akan Memberitahukan Kesehatanmu

4. Jangan membiarkan wajahmu kering dengan sendirinya

7 Cara Cuci Muka yang Paling Benar Demi Kulit Wajahmu yang Lebih Sehatallure.com

Setelah mencuci muka, keringkan wajahmu langsung dengan handuk kering. Jangan pernah membiarkannya untuk kering dengan sendirinya karena bisa membuat wajahmu kehilangan kelembaban alaminya. Saat mengeringkan wajah dengan handuk, jangan mengusapnya dengan kasar ya. Cukup tepuk-tepuk dengan lembut hingga seluruh bagian kering.

5. Jangan terlalu sering mencucinya

7 Cara Cuci Muka yang Paling Benar Demi Kulit Wajahmu yang Lebih Sehatpexels.com/Burst

Jarang mencuci muka juga buruk, namun terlalu sering mencuci muka juga sama buruknya. Apalagi untuk kamu yang memiliki kulit wajah kering, kurangi frekuensi mencuci muka dalam sehari. Beberapa dokter menyarankan bahwa dalam sehari kamu hanya boleh mencuci muka maksimal dua kali.

6. Gunakan toner setelah mencuci muka

7 Cara Cuci Muka yang Paling Benar Demi Kulit Wajahmu yang Lebih Sehatnbcnews.com

Semua orang mencuci mukanya, tapi tidak semua orang menggunakan toner setelah mencuci muka. Padahal toner memiliki peran yang sangat penting yaitu untuk menyeimbangkan PH wajah. Toner adalah cairan denga formula ringan yang digunakan untuk mengatur ulang pH kulitmu sehingga ia bisa melindungi dirinya dari bakteri dan kuman.

7. Gunakan sabun cuci muka sesuai takaran yang dianjurkan

7 Cara Cuci Muka yang Paling Benar Demi Kulit Wajahmu yang Lebih Sehattoday.com

Kalau kamu suka berhemat dan memilih menggunakan lebih sedikit daripada yang dianjurkan pada kemasan, berhentilah. Anjuran pada kemasan diberikan tentunya dengan berbagai pertimbangan dan biasanya sudah didasari dengan penelitian yang berguna agar produk bisa bekerja dengan maksimal untuk pemakainya.

Nah, sekarang sudah tahu kan beberapa tips mencuci muka agar kulit wajahmu lebih sehat? Kecantikan itu bukan berasal dari makeup aja lho, namun kulit wajah yang sehat pasti membuatmu terlihat lebih segar dan bersinar.

Baca Juga: Dari Berminyak Jadi Kering, 10 Fakta Jenis Kulit Wajahmu Bisa Berubah

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya