11 Potret Kehidupan Wanita Zaman Dulu yang Bikin Kamu Bersyukur Hidup di Masa Sekarang

Bukankah harusnya wanita zaman sekarang bisa lebih banyak berkarya?

artblart.com

Sebagain besar dari kita pasti pernah mengeluh saat harus memasak atau mengerjakan pekerjaan rumah tangga?

Padahal itu tak seberapa.

Sebagian dari kalian pasti pernah dengar cerita tentang wanita-wanita nusantara zaman dulu dari ibu atau nenek sewaktu muda. Agar kita tidak mengeluh, sebaiknya kita mengingat bagaimana perjuangan wanita-wanita nusantara pada masa lalu. Kamu sebagai wanita era sekarang, harusnya lebih bersyukur.

1. Wanita zaman dulu harus selalu tinggal di rumah.

loka-majalah.com

Dulu, wanita harus tinggal di rumah saja. Dan hanya suami yang berhak keluar untuk melakukan kegiatan di luar rumah. Wanita nusantara di zaman dulu harus dapat menjaga nama baik keluarga dan memiliki banyak tanggung nusantarab yang harus dilakukan di rumah.

2. Dulu, bekerja di dapur itu adalah kewajiban.

imageratri.blogspot.sg

Hebatnya wanita di zaman dulu adalah mereka sangat menguasai dapur. Sehingga pengalaman wanita-wanita di zaman dulu tentang dapur tidak diragukan lagi. Banyak pegetahuan tentang bumbu-bumbu dapur dan cara memasak makanan dengan resep serta ilmu yang diperoleh secara turun temurun.

Sedangkan wanita zaman sekarang lebih punya kebebasan untuk belajar masak atau tidak. Gak ada paksaan untuk menguasai dapur.

3. Tugas mengurus suami dan anak harus ditangani langsung oleh wanita.

pustakadigitalindonesia.blogspot.sg

Ketika seorang wanita sudah berkeluarga, dia akan mempunyai kewajiban yang penting yaitu mengurus kebutuhan suami dan anak-anaknya. Dia harus mengusahakan keluarganya sehat melalui makanan-makanan yang dibuatnya sendiri dan mengerti apa yang suami dan anak-anaknya perlukan.

Berbeda dengan zaman sekarang, wanita punya kebebasan memilih untuk meminta pertolongan Asisten Rumah Tangga untuk mengurusi keperluan rumah.

Baca juga: 10 Tantangan Wanita Masa Kini yang Harus Kita Hadapi dengan Berani!

4. Menjaga kerapian dan kebersihan rumah adalah hal yang wajib dilakukan seorang wanita.

beranicerita.com

Selain memasak, wanita juga harus menjaga kebersihan di rumahnya serta memastikan bahwa rumahnya rapi dan layak untuk disinggahi. Namun, tanggung jawab ini membuktikan dedikasi wanita-wanita yang bekerja keras memberikan terbaik untuk keluarganya.

5. Wanita zaman dulu tidak pergi sekolah, ingin belajar sesuatu yang baru rasanya susah sekali.

zonaedukasi.com

Wanita nusantara mendapat didikan sendiri dari orang tuanya sejak kecil. Banyak dari mereka tidak pergi ke sekolah. Mereka harus dapat membantu menyelesaikan pekerjaan rumah tangga dan membantu memasak sebagai bekal pengetahuan mereka saat menjadi seorang istri nantinya. Untuk belajar hal baru, wanita zaman dulu harus berjuang keras. Mendobrak kebiasaan yang ada.

Berbeda dengan wanita zaman sekarang, kita lebih dibebaskan untuk belajar apapun. Banyak wanita yang punya kesempatan belajar hingga strata tertinggi.

6. Membantu aktivitas ibu di rumah adalah kewajiban.

archive69blog.blogspot.sg

Kewajiban lain yang ditanggung oleh wanita-wanita di zaman dulu yaitu membantu orang tua. Ini hal yang tidak bisa dihindari oleh anak perempuan di zaman dulu karena dia harus dapat membantu aktivitas ibu di dapur. Anak-anak perempuan juga harus membersihkan rumah dan membantu ibu menyiapkan keperluan memasak.

7. Wanita zaman dulu gak bisa ikut campur urusan suami.

harnas.co

Ikut berpendapat tentang urusan suami adalah hal yang langka di zaman dulu. Para wanita harus terus mendukung suami tanpa banyak bicara. Kadang wanita lebih berdiam diri meskipun kadang mengetahui kesulitan yang dialami oleh suaminya. Wanita di zaman dulu dianggap hanya perlu tahu tentang dapur dan rumah tangga serta mengurus suami dan anak.

Sedangkan wanita zaman sekarang memiliki banyak kesempatan untuk berbagi pikiran dan menyalurkan pendapat. Bukankah kesempatan ini harusnya membuat kita lebih bijak?

9. Wanita zaman dulu harus mau bila dijodohkan.

frankiefightsfood.blogspot.sg

Ini nih... yang bikin jomblo itu adalah fenomena langka di zaman dulu. Gimana gak? Semua wanita harus mau bila dijodohkan oleh orang tua mereka. Hal ini demi menjaga nama baik keluarga dan juga agar dapat meneruskan keturunan. Seorang perempuan yang lama belum menikah dianggap tabu oleh masyarakat di zaman dulu.

Sedangkan sekarang, kita masih diberi kebebasan untuk memilih. Mau atau tidak untuk dijodohkan ada di tangan kita. Tak ada paksaan lagi.

10. Wanita harus mau menurut pada suami. Tak pandang bulu, itu salah ataupun benar.

alienco.net

Ketika masih menjadi tanggungan orang tua, wanita-wanita di zaman dulu harus nurut pada orang tua. Setelah menikah, mereka menjadi tanggungan suami sehingga harus menuruti apa yang dikatakan oleh suaminya. Bahkan terkadang, salah ataupun benar, mereka harus menurut pada suami mereka.

Sedangkan sekarang, kita diberi ruang untuk berbagi pendapat dengan suami. Masih ada kompromi, masih ada diskusi.

Baca juga: Terbukti! Ini 11 Alasan Kenapa Pria Lebih Memilih Perempuan Cerdas

Berita Terkini Lainnya