TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memilih Skincare Berdasarkan Jenis dan Sifat Kulit, Biar Manjur

#IDNTimesLife perhatikan kandungan skincare

Pexels.com/Polina Tankilevitch

Kesehatan kult adalah salah satu hal yang penting untuk tubuh. Produk skincare pun menjamur di pasaran untuk menjawabnya.

Namun, memilihnya tidak boleh asal. Kamu sebaiknya menyesuaikan produk-produk itu dengan kondisi dan jenis kulitmu. Yuk, simak tips memilih skincare berdasarkan jenis dan sifat kulit berikut ini!

1. Kulit kering

Pexels.com/Chalo Garcia

Kulit kering biasanya terlihat kasar dan bersisik, serta pori-porinya lebih terlihat. Karenanya, kamu perlu memilih produk skincare untuk menghidrasi kulit secara mendalam.

Kamu bisa mencari skincare yang menggunakan bahan Hyaluronic Acid, Lactic Acid serta bahan-bahan alami yang melembapkan, seperti buah delima, madu, mawar, Aloe vera, shea butter, dan lainnya.

2. Kulit berminyak

Pexels.com/Francesca Zama

Kulit berminyak biasanya memiliki pori-pori terbuka, jerawat, dan komedo. Kamu bisa mencari skincare dengan kandungan ekstrak lemon dan madu untuk mengontrol minyak dan mencegah timbulnya jerawat.

Selain itu, gunakan kandungan Niacinamide dan Vitamin C untuk mencerahkan dan menjaga kelembapan kulit. Lengkapi juga dengan sheetmask yang bisa mengontrol sebum berlebih.

Baca Juga: 8 Produk Skincare dan Haircare Berbahan Tamanu Oil, Manfaatnya Banyak!

3. Kulit sensitif

pexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu yang memiliki kulit sensitif, harus memilih skincare dengan hati-hati. Hindarilah skincare yang mengandung alkohol. Selain itu, kamu juga bisa memilih produk dengan kandungan Aloe vera untuk menenangkan kulit kemerahan dan menutrisi kulit.

4. Kulit kombinasi

pexels.com/cottonbro

Kulit kombinasi terbagi menjadi dua, yaitu normal to dry dan normal to oily. Kalau kulitmu normal cenderung kering, biasanya area T-zone cenderung normal, sedangkan di bagian pipi cenderung kering.

Sedangkan, kulit normal to oily cenderung normal di bagian pipi atau dagu, tapi berminyak di bagian T-zone. Kamu bisa mencari skincare dengan kandungan Hyaluronic Acid, Vitamin C, dan Lactic Acid untuk menghidrasi dan menutrisi kulitmu.

Baca Juga: 9 Skincare dan Bodycare Berbahan Dasar Madu, Pelembap Terbaik!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya