TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ternyata Ini lho Cara Mencuci Wajah yang Benar, Langsung dari Ahlinya!

Penting banget nih

(Kanan) Yuki Kato saat membuat Foam Senka Perfect Whip. 18 Februari 2020. IDNTimes/Nadin Azani

Mencuci muka merupakan salah satu tahapan perawatan kulit yang tak boleh dilupakan. "Wajah yang sehat adalah wajah yang bersih terbebas dari sisa makeupkotoran, dan minyak." Ujar dr. Eddy Karta SpKK, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dalam acara jumpa pers Inovasi Micro Dense Foam Senka di The Maj Senayan, Jakarta (18/2).

Dalam mencuci muka pun ada caranya lho, salah-salah bukannya merawat malah merusak. Nah, di bawah ini beberapa tips mencuci muka dari dr. Eddy agar kulit tetap sehat!

1. Pastikan tidak bergerak di satu titik terlalu lama

Dr. Eddy Karta, SpKK sama jumpa pers inovasi Micro Dense Foam Senka. 18 Februari 2020. IDNTimes/Nadin Azani

Memberi tekanan berlebih pada satu daerah akan membuat kulit tergesek lebih lama. Hal ini dapat menyebabkan lapisan kulit yang tergerus sehingga kering dan iritasi. Usahakan ketika mencuci muka usap muka secara merata ya dan ingat jangan digosok, cukup pijat lembut!

2. Hindari menekan komedo

Sesi talkshow Inovasi Micro Dense Foam Senka. 18 Februari 2020. IDNTimes/Nadin Azani

Komedo merupakan minyak yang terperangkap di dalam kulit. Ketika mencuci muka, perhatikan daerah wajah yang memiliki komedo. Jika ditekan terlalu keras bisa-bisa komedo yang seharusnya keluar malah masuk kembali dan menghambat pori-pori.

Baca Juga: 6 Masalah Kesehatan yang Terjadi Akibat Malas Mencuci Tangan, Ngeri

3. Gunakan gerakan memutar keatas

(Kanan) Yuki Kato saat membuat Foam Senka Perfect Whip. 18 Februari 2020. IDNTimes/Nadin Azani

Gerakan saat mencuci muka pun penting lho. Hayo siapa yang masih mencuci muka dengan cara menggosoknya? Ternyata hal itu tidak dianjurkan lho. Cukup pijat lembut untuk mengaplikasikan pembersih wajah. Gerakan memutar ke atas pun sangat dianjurkan agar kulit tertarik secara lembut dan tidak kendur.

4. Untuk membersihkan area mata gunakan jari manis

Dr. Eddy Karta SpKK dan MC saat Jupa Pers Inovasi Micro Dense Foam Senka. 18 Februari 2020. IDNTimes/Nadin Azani

Area mata memiliki lapisan kulit paling tipis sehingga saat membersihkannya harus lembut dan perlahan.  Gunakan jari manis saat membersihkan area mata, karena jari manis memiliki kekuatan yang cukup stabil dan paling lemah. 

Ketika membersihkan mata dengan cara menarik maka lapisan bawah mata akan tertarik sehingga dapat menyebabkan kendur, itu bisa menyebabkan kantung mata. Gak mau kan?

Baca Juga: Cewek Wajib Tahu, Ini 5 Tips Mencuci Wajah agar Lebih Bersih

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya