Comscore Tracker

5 Tips Memakai Bedak biar Awet dan Tidak Cepat Luntur 

Jangan lupa pilih bedak sesuai jenis kulit, ya!

Untuk mendapatkan riasan yang sempurna, bedak menjadi salah satu makeup yang gak boleh dilupakan. Sebab, gak cuma mengunci makeup, bedak juga membantu menyamarkan beberapa ketidaksempuranaan pada wajah.

Namun, gak sedikit orang yang kerap melewati langkah ini karena dianggap akan membuat riasan jadi makin tebal. Belum lagi kadang cepat luntur sehingga cukup mengganggu penampilan.

Nah, semua itu bisa diatasi apabila kamu menerapkan sejumlah tips berikut. Bedak kamu bisa jadi makin awet dan gak bakal cepat luntur. Penampilanmu dijamin makin flawless!

1. Pastikan skincare sudah meresap sempurna 

5 Tips Memakai Bedak biar Awet dan Tidak Cepat Luntur ilustrasi memakai skincare (pexels.com/cottonbro studio)

Salah satu awet tidaknya makeup juga bergantung pada skin preparation yang kita lakukan sebelumnya. Skin preparation ini mencakup skincare yang kamu kenakan sehari-hari. Pastikan untuk memilih skincare dengan kandungan yang menghidrasi kulit kamu, ya!

Sebab, kulit yang lembap akan membuat makeup jadi awet dan menempel lebih lama. Gak hanya itu, sebelum mengaplikasikan skincare selanjutnya, kamu juga harus memastikan setiap layer yang kamu usapkan sudah meresap sempurna.

2. Jangan lewatkan penggunaan primer 

5 Tips Memakai Bedak biar Awet dan Tidak Cepat Luntur ilustrasi memakai primer (pexels.com/Sora Shimazaki)

Setelah selesai dengan skincare, kamu bisa melanjutkan memakai primer. Primer memang dirancang untuk membuat riasan lebih menempel dan tahan lama di wajah, termasuk bedak.

Selain itu primer juga membuat tampilan riasanmu lebih smooth dan menyamarkan pori-pori. Jangan sampai melewatkan penggunaan primer kalau kamu ingin bedak yang awet dan gak cepat luntur. Biar makeup kamu jadi makin sempurna!

3. Pilih bedak sesuai jenis kulit 

5 Tips Memakai Bedak biar Awet dan Tidak Cepat Luntur ilustrasi memakai bedak sesuai jenis kulit (pexels.com/RODNAE Productions)

Coba cek lagi, apakah bedak yang kamu gunakan sudah sesuai dengan jenis kulit atau belum? Misalnya, kalau kulit kamu tipe berminyak, pastikan untuk memilih bedak yang mengandung oil control.

Begitu juga bila tipe kulit normal, kombinasi, atau kering, kamu bisa menyesuaikan bedak sesuai jenis kulit kamu. Memilih bedak yang salah selain bikin susah menempel juga bikin makeup jadi gak merata.

Baca Juga: 5 Bedak Two Way Cake di Bawah Rp40 Ribu, Bikin Makeup Kece!

4. Aplikasikan bedak dengan teknik yang tepat 

5 Tips Memakai Bedak biar Awet dan Tidak Cepat Luntur tips dalam memakai bedak agar awet dan tidak cepat luntur (pexels.com/Karolina Grabowska)

Sebelum memoleskan bedak padat, kamu bisa melakukan teknik baking terlebih dulu. Teknik baking dilakukan dengan cara memoleskan bedak tabur pada bagian-bagian yang kerap berminyak seperti bagian T zone wajah.

Demikian pula dengan bedak padat, ia gak semata dipakai begitu saja, lho. Supaya makin awet dan gak luntur, aplikasikan bedak dengan melakukan tap tap saja. Dijamin bedak akan lebih menempel dan pastinya tahan lama.

5. Kunci bedak dengan setting spray 

5 Tips Memakai Bedak biar Awet dan Tidak Cepat Luntur ilustrasi memakai setting spray (pexels.com/cottonbro studio)

Langkah terakhir supaya bedak yang kamu pakai awet dan gak cepat luntur adalah dengan menguncinya menggunakan setting spray. Setting spray salah satu makeup berupa cairan dengan kandungan gak hanya melembapkan tapi juga menahan makeup supaya tidak bergeser.

Cara pakainya juga sederhana, tinggal menyemprotkan setting spray ke wajah dengan radius 20-30 cm. Oleh sebab itu, jangan lewatkan untuk mengunci bedak dengan setting spray supaya bedak gak bergeser apalagi luntur, ya!

Nyatanya, semudah itu untuk membuat bedak yang kita pakai jadi awet dan gak mudah luntur. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi kamu dan bisa langsung kamu praktikkan, ya!

Baca Juga: 5 Bedak Wajah yang Mengandung SPF, Bisa Melindungi Kulitmu

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya