Comscore Tracker

IWD 2020: Citra Mustikha Melawan Stereotip Perempuan di Dunia Olahraga

Perempuan bisa mahir olahraga dan kuat dengan caranya!

Bukan hal mudah bagi perempuan untuk berkarier di pekerjaan yang didominasi laki-laki, contohnya bidang olahraga. Perlakuan tak adil kerap diterima perempuan yang minat terjun di bidang olahraga, mulai dari body shaming, cemoohan bernada misoginis sampai perlakuan seksis. Akan tetapi, Citra Mustikha, mampu melawan stereotip negatif akan perempuan dengan meniti karir sebagai instruktur gym terkemuka di Surabaya.

Pada Sabtu (7/3), Citra membagikan kisah inspiratifnya sebagai trainer perempuan dalam acara International Women's Day 2020 by IDN Times bertema Each For Equal. Pesan yang disampaikan Citra dapat menjadi penyemangat perempuan untuk berkarya di bidang yang mereka suka, termasuk berkarier di dunia olahraga.

1. Menjadi instruktur gym setelah mempunyai anak

IWD 2020: Citra Mustikha Melawan Stereotip Perempuan di Dunia OlahragaDok. Pribadi/Annisa Pinastika

Kegemaran Citra akan olahraga mendorongnya untuk meniti karier sepenuh hati. Citra bertutur jika ia pertama kali menjadi instruktur gym bahkan ketika sudah memiliki anak. Citra mendobrak stigma di bidang olahraga dengan menunjukkan bahwa seorang perempuan, terlebih yang telah berumah tangga dan mempunyai anak, juga mampu berkarier sebagai trainer gym dengan fisik yang prima.

Usia yang menginjak kepala tiga dan status sebagai ibu bukan menjadi halangan untuk Citra berkarier di bidang olahraga. Hal ini justru membuat Citra termotivasi untuk mengembangkan dirinya dan giat melatih peserta-peserta gym di kelasnya.

Saat ini, Citra telah mengantongi sertifikasi mengajar berbagai kelas olahraga, mulai dari RPM, body combat, sampai dengan zumba di berbagai gym yang ada di Surabaya.

Baca Juga: IWD 2020: dr. Wike Frinidya Ungkap Pentingnya Bela Diri bagi Perempuan

2. Tahan banting meski kerap mengalami body shaming

IWD 2020: Citra Mustikha Melawan Stereotip Perempuan di Dunia OlahragaIDN Times/Indra Zakaria

Ketika mendengar kata olahraga, dalam benak kita selalu terlintas orang-orang dengan bentuk tubuh atletis. Citra lagi-lagi mampu mendobrak stereotip dengan menjadi instruktur yang nyaman akan bentuk tubuhnya sendiri. Ia berani untuk tampil beda dan menunjukkan bahwa ia tetap memiliki stamina yang fit dan tubuh yang bugar meski tak sesuai standar masyarakat akan orang-orang yang berkarier di dunia olahraga.

Perjuangan Citra sebagai instruktur gym perempuan bukanlah hal yang mudah. Ia kerap mendapatkan komentar pedas, baik dari sesama instruktur maupun dari member gym mengenai bentuk tubuhnya.

Meski kerap mendapatkan perlakuan tak menyenangkan berupa body shaming, Citra tak lantas patah semangat dan berhenti dari olahraga yang ia tekuni. Citra semakin vokal untuk mencintai diri sendiri dengan tidak mendengarkan komentar negatif dan terus mengembangkan kemampuan yang ia miliki.

3. Pesan Citra: sesama perempuan jangan sampai menjatuhkan perempuan lainnya

IWD 2020: Citra Mustikha Melawan Stereotip Perempuan di Dunia Olahragainstagram.com/citra_musthika

Citra menuturkan bahwa berdasarkan pengalaman pribadinya, perlakuan body shaming terhadap perempuan justru dilontarkan oleh sesama perempuan. Baginya, hal tersebut akan semakin membuat perempuan menjadi jatuh dan rendah diri karena dicemooh oleh sesamanya.

Citra berpesan bahwa sebagai perempuan, sudah selayaknya sesama perempuan mendukung perempuan lain, terlepas dari bentuk tubuh maupun hal-hal lainnya.

Sesi berbagi yang diutarakan Citra semakin menguatkan audiens yang hadir untuk menjadi perempuan suportif yang selalu menebar aura positif untuk perempuan lain di sekitarnya.

Acara International Women's Day bertema#EachForEqual merupakan pertemuan independen yang diinisiasi oleh IDN Times sebagai komitmen untuk mengapresiasi para perempuan yang memperjuangkan kesetaraan hak di berbagai bidang. Di acara ini, para pembicara juga akan membentuk jejaring perempuan profesional lintas profesi sehingga bisa menimbulkan semangat para Millenials yang hadir untuk berkarya di bidang yang digeluti.

Maju terus perempuan Indonesia!

Baca Juga: IWD 2020: Dulu, Arumi Bachsin Tak Pernah Melihat Sisi Dunia yang Lain

Annisa Pinastika Photo Writer Annisa Pinastika

Perempuan yang berkarier di perbankan tetapi gemar akan menari, menulis, dan berpuisi. Minat akan isu gender dan ekonomi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya