Comscore Tracker

Sering Disepelekan, Ternyata Ini 5 Penyebab Bruntusan di Muka

#GirlThing Kerap disepelekan tapi ternyata berbahaya

Bruntusan atau disebut jerawat kecil, terkadang muncul 1 atau 2 titik saja, namun ada juga yang muncul sekali banyak dalam beberapa daerah wajah. Seperti di dahi, samping hidung, hidung, hingga di dagu.

Namun ternyata ada penyebab yang sering disepelekan yang bisa memicu timbulnya bruntusan di muka. Coba cek dulu di bawah ini, siapa tahu kamu sering melakukannya.

1. Tidak tuntas membersihkan kulit

Sering Disepelekan, Ternyata Ini 5 Penyebab Bruntusan di Mukapexels/pixabay

Ini bisa terjadi jika kamu malas membersihkan kulitmu dan jika kamu salah memilih produk pembersih wajah. Pada akhirnya menyebabkan kotoran menumpuk dan muncul bruntusan di wajahmu.

2. Tidak memberikan jeda waktu saat transisi

Sering Disepelekan, Ternyata Ini 5 Penyebab Bruntusan di Mukapexels/pixabay

Tidak memberikan jeda waktu yang cukup saat akan mengganti produk kosmetik atau perawatan. Hal ini merupakan salah satu hal yang menyebabkan wajahmu mengalami bruntusan. Berilah jeda selama beberapa hari sebelum berpindah produk.

3. Alergi

Sering Disepelekan, Ternyata Ini 5 Penyebab Bruntusan di Mukapexels/ElisaGuarneros

Baik alergi makanan, obat dan lainnya. Namun bruntusan yang diakibatkan alergi ini bukan hanya terjadi di daerah wajah, namun juga bisa di daerah tubuh.

4. Kebersihan alat makeup

Sering Disepelekan, Ternyata Ini 5 Penyebab Bruntusan di Mukapexels.com/AndersonGuerra

Seperti brush atau kuas-kuas makeup yang tidak rutin dibersihkan akan membuat alat-alat tersebut penuh dan menyebabkan menumpuknya bakteri. Hal itu merupakan salah satu pemicu bruntusan. Jika tidak dibersihkan, maka bisa saja bruntusanmu akan sulit hilang.

5. Makanan

Sering Disepelekan, Ternyata Ini 5 Penyebab Bruntusan di Mukapexels.com/BruceMars

Siapa sangka bahwa selama ini makanan yang kita sukai ternyata turut mendukung penyebab terjadinya bruntusan di wajah. Makanan berminyak dan makanan pedas mau tidak mau harus kamu kurangi.

Jadi, sudah tau kan gimana cara menghilangkan bruntusanmu? Yuk mulai lakukan hal-hal di atas agar bruntusanmu cepat hilang.

cintyavalensia Photo Writer cintyavalensia

on instagram @cintyavalensiaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya