Comscore Tracker

Jangan Anggap Remeh, Ini 5 Penjelasan Kenapa Milia Bisa Muncul 

Harus rajin exfoliasi kulit, girls

Jika kamu memiliki benjolan-benjolan seperti bruntusan di bawah mata namun sulit sekali hilang, bisa jadi itu adalah milia. Jangan asal garuk atau kelupas ya, bisa-bisa kamu malah memperparah kondisi kulitmu. Apa sih milia itu dan kenapa bisa muncul di kulit wajah?

Sebenarnya, milia adalah kulit mati yang menumpuk akibat tertutupnya pori-pori. Alaminya kulit bisa mengganti sel kulit matinya sendiri, namun 5 hal ini bisa menghambatnya dan menyebabkan munculnya milia.

1. Polusi

Jangan Anggap Remeh, Ini 5 Penjelasan Kenapa Milia Bisa Muncul unsplash/David Lee

Polusi memang sangat gak baik untuk kesehatan. Gak cuma menyerang pernapasan, paparan polusi juga gak baik untuk kulit. Terlalu sering terkena polusi dan gak mencuci muka sehabis bepergian, bisa menyebabkan tertutupnya pori-pori dan menyumbat minyak alami wajah yang ingin keluar. Alhasil, milia jadi bermunculan deh.

2. Paparan sinar UV yang berlebih

Jangan Anggap Remeh, Ini 5 Penjelasan Kenapa Milia Bisa Muncul unsplash/Julia Caesar

Buat kamu yang suka menganggap remeh penggunaan sun protection, mulai sekarang harus lebih sering menggunakannya lho. Milia bisa muncul karena kamu membiarkan kulitmu terkena paparan matahari tanpa perlindungan sedikitpun. Padahal, sinar matahari itu sangat berbahaya, guys.

Baca Juga: 5 Tips Kurangi Milia di Wajah

3. Pemakaian skincare yang tidak tepat

Jangan Anggap Remeh, Ini 5 Penjelasan Kenapa Milia Bisa Muncul unsplash/Sarah Comeau

Milia juga bisa muncul akibat penggunaan skincare yang tidak tepat. Kulit kita bisa memberikan respon yang beragam terhadap skincare yang tidak cocok, bisa dalam bentuk jerawat, beruntusan, atau juga milia. Setiap kali mencoba produk skincare baru, harus lebih peka terhadap tanda-tanda penolakan di kulit ya.

4. Penuaan

Jangan Anggap Remeh, Ini 5 Penjelasan Kenapa Milia Bisa Muncul dailyedge.ie

Gak bisa disangkal, seiring berjalannya waktu, kulit kita tentu sudah gak seindah saat muda. Proses pergantian sel kulit matinya pun tidak lagi bisa dilakukan secara sendirinya oleh kulit kita. Sehingga diperlukan produk-produk skincare tertentu dalam mengexfoliasinya.

5. Makanan yang tidak sehat

Jangan Anggap Remeh, Ini 5 Penjelasan Kenapa Milia Bisa Muncul unsplash/NeONBRAND

Jangan mengira bahwa gak ada hubungan antara kulitmu dan makanan yang kamu makanan lho, gengs. Justru, makanan berpengaruh cukup penting pada kulit wajahmu. Makanan tidak sehat seperti gorengan, junk food, dan lainnya bisa menjadi penyebab terhambatnya pori-pori yang membuat milia berkembang biak. Duh, serem banget kan.

Selain lima hal di atas, faktor lain juga bisa menjadi penyebab munculnya milia. Intinya, rutin melakukan exfoliasi bisa mengurangi milia yang mengganggu wajah cantikmu. Jangan terlalu sering, tapi juga jangan terlalu jarang ya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 5 Tanda Kulit Wajahmu Sudah Over Eksfoliasi, Sakitnya Bukan Main!

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You