Comscore Tracker

Benjolan di Payudara Bukan Kanker, Kalau 5 Hal Ini yang Kamu Rasakan

Bahaya gak, sih?

Kanker payudara termasuk penyakit ganas yang mengancam nyawa kaum hawa. Salah satu gejala umumnya adalah muncul benjolan di payudara. Wajar jika para wanita panik saat menyadari keberadaannya. 

Tapi gak semua benjolan yang muncul selalu mengarah ke kanker lho. Di dalam payudara wanita terdapat kelenjar susu yang tersusun dari banyak jaringan. Pada jaringan yang padat, pertumbuhan abnormal memang wajar terjadi sehingga menimbulkan benjolan.

Kelainan ini disebut sebagai fibrosis atau tumor jinak. Sifatnya gak berbahaya selama lima tanda-tanda di bawah ini masih bisa kamu amati. Kenali lebih jauh, yuk!

1. Pertumbuhannya lambat

Benjolan di Payudara Bukan Kanker, Kalau 5 Hal Ini yang Kamu Rasakanmedimetry.com

Saat menyadari ada benjolan muncul, kamu gak perlu langsung berkonsultasi ke dokter. Amati dulu selama 1-2 minggu untuk melihat pertumbuhannya. Jika pertumbuhannya relatif lambat atau malah stagnan, berarti kamu gak perlu cemas. Benjolan ini bersifat jinak dan gak memicu pertumbuhan sel kanker.

2. Cenderung timbul di permukaan dengan bentuk bulat atau oval

Benjolan di Payudara Bukan Kanker, Kalau 5 Hal Ini yang Kamu Rasakansprouthealtharizona.com

Sebenarnya, benjolan yang muncul di permukaan atau bisa teramati dengan jelas rata-rata gak berbahaya. Apalagi kalau bentuknya cenderung oval atau bulat. Bentuk ini mengikuti selongsong jaringan yang ada di bagian dalam payudara.

3. Ada batas jelas di bagian tepinya

Benjolan di Payudara Bukan Kanker, Kalau 5 Hal Ini yang Kamu Rasakanmedicalnewstoday.com

Kamu juga perlu mengamati benjolannya lebih detil. Ada batas jelas gak di bagian tepinya? Garis batas ini biasanya memiliki warna cukup kontras dengan kulitmu. Jika kamu bisa melihat batas tepinya dengan sangat jelas, benjolan ini gak perlu terlalu dikhawatirkan.

Baca Juga: Gak Perlu Operasi Kok! 5 Cara Ini Bikin Payudara Lebih Kencang Berisi

4. Biasanya gak sakit saat disentuh atau ditekan

Benjolan di Payudara Bukan Kanker, Kalau 5 Hal Ini yang Kamu Rasakandailymail.co.uk

Coba juga untuk menyentuh atau menekan benjolan dari segala sisi. Terasa sakit gak? Jika gak muncul rasa apa-apa, berarti benjolan yang muncul masih bersifat jinak dan gak berbahaya.

5. Baru terasa ngilu saat siklus menstruasi

Benjolan di Payudara Bukan Kanker, Kalau 5 Hal Ini yang Kamu Rasakanrockymountainwomenshealthcenter.com

Kondisi benjolan baru menunjukkan perubahan saat memasuki siklus menstruasi. Mulai muncul sedikit rasa ngilu, dan akan bertambah jika disentuh atau ditekan. Gak perlu cemas, rasa ngilu ini wajar mengingat bagian payudara wanita memang lebih sensitif selama siklus menstruasi.

Meski sifatnya jinak dan gak berbahaya, kamu boleh berkonsultasi dengan dokter jika merasa terganggu. Fibrosis atau tumor jinak ini bisa dihilangkan lewat operasi bedah kecil, selama prosesnya gak mengancam jaringan lain di sekitarnya.

Yuk, lebih rutin melakukan pemeriksaan sendiri pada payudaramu. Kira-kira ada benjolan muncul yang mengkhawatirkan gak ya?

Baca Juga: Penting, 6 Jenis Bra yang Sebaiknya Dihindari Pemilik Payudara Besar!

Topic:

  • Pinka Wima

Just For You