Comscore Tracker

5 Penyebab Puting Payudara Lecet yang Wajib Diketahui Wanita

Kalau dibiarkan bisa sebabkan infeksi lho!

Puting merupakan bagian paling sensitif dari payudara wanita. Selain menjadi jalur pengeluaran air susu, puting juga sensitif terhadap sentuhan dan rangsangan. Wajar jika terjadi sedikit lecet atau luka, sensasi perihnya terasa cukup kuat.

Tanpa kamu sadari, beberapa kebiasaan di bawah ini ternyata bisa memicu lecet pada area puting. Kalau dibiarkan, bisa berujung infeksi atau gejala penyakit serius.

Berikut IDN Times rangkum dari berbagai sumber penyebab puting payudara lecet. Cek yuk, jangan-jangan kamu masih sering melakukan salah satunya setiap hari.

1. Gesekan berlebih dengan bra

5 Penyebab Puting Payudara Lecet yang Wajib Diketahui Wanitafaroka.com

Bra berfungsi sebagai penopang dan pelindung payudara. Tapi gak jarang penggunaan bra juga yang menyebabkan luka atau infeksi pada puting. Tenang, hal ini hanya terjadi jika kamu menggunakan bra secara kurang tepat.

Hindari salah ukuran bra, pastikan kamu mengenakan ukuran yang sesuai dengan payudaramu. Bra terlalu ketat atau kekecilan akan menimbulkan tekanan kuat dan gesekan berlebih pada area puting.

Pemilihan kain bra juga perlu diperhatikan. Hindari bra berenda di bagian dalam, gesekannya dengan puting bisa mengakibatkan luka gores.

2. Pengunaan sabun jenis tertentu

5 Penyebab Puting Payudara Lecet yang Wajib Diketahui WanitaShutterstock/New Africa

Saat mandi, kamu gak bisa asal membalurkan sabun ke seluruh bagian tubuh. Apalagi kaum hawa, hindari area kewanitaan dan puting dari sabun mandi karena kandungan kimia di dalamnya gak selalu cocok dengan kulit sensitif.

Penggunaan sabun mandi yang kurang tepat bia mengakibatkan iritasi pada area puting. Awalnya hanya muncul rasa gatal atau panas, tapi jika penggunaannya dilanjutkan bisa menimbulkan gejala yang lebih serius.

3. Alergi atau eksim atopik

5 Penyebab Puting Payudara Lecet yang Wajib Diketahui Wanitadailymail.co.uk

Kulit di sekitar puting juga bisa mengalami aleri atau eksim atopik seperti bagian tubuh lainnya. Eksim atau dermatitis atopik adalah kondisi radang kulit yang cukup kronis. Gejala awalnya adalah gatal-gatal, kemudian muncul rasa perih dan kulit menjadi kering.

Rata-rata eksim atopik disebabkan oleh paparan zat kimia dari luar seperti penggunaan produk perawatan kulit, pewangi cucian, hingga sabun mandi. Jika kamu merasakan gejala ini dan bertahan agak lama, segera hubungi dokter untuk meminta krim khusus alergi yang aman. Jangan asal membeli salep di apotek, ya!

Baca Juga: Benjolan di Payudara Bukan Kanker, Kalau 5 Hal Ini yang Kamu Rasakan

4. Infeksi akibat luka yang dibiarkan

5 Penyebab Puting Payudara Lecet yang Wajib Diketahui Wanitahealth.com

Menurut fakta payudara wanita luka gores atau infeksi pada puting jangan dibiarkan terlalu lama. Apalagi jika rasa gatal yang dihasilkan cukup hebat. Kondisi ini meningkatkan resiko tumbuhnya jamur Candida albicans yang memperparah infeksi kulit.

Pastikan kamu gak menggaruk puting atau area sekitarnya saat muncul rasa gatal. Hindari juga menggunakan krim asal beli di apotek. Konsultasikan ke dokter jika rasa gatal dan perihnya semakin gak tertahan.

5. Rangsangan seksual berlebihan

5 Penyebab Puting Payudara Lecet yang Wajib Diketahui Wanitamedicalnewstoday.com

Bagi kamu yang sudah aktif melakukan aktivitas seksual, puting menjadi organ penting untuk menerima rangsangan seks. Tapi ingat, hindari melakukan rangsangan berlebihan yang bisa melukai area puting.

Sama seperti penyebab lainnya, luka gores pada puting akibat gesekan atau tekanan kuat bisa berujung infeksi serius.

Dari lima kebiasaanmu dan penyebab puting payudara lecet seperti di atas, mana nih yang masih sering kamu lakukan sehari-hari? Hindari yuk, biar payudaramu terjaga sehat selalu!

Baca Juga: Payudara Besar Sebelah Itu Wajar Lho, Ini 5 Fakta Penting di Baliknya

Topic:

  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto

Just For You