Comscore Tracker

5 Penyebab Puting Payudara Keluar Air Susu Meski Tidak Menyusui

Memangnya bisa, ya?

Payudara wanita memiliki fungsi utama sebagai penghasil air susu. Di akhir masa kehamilan, biasanya bagian puting mulai mengeluarkan air susu, atau cairan berwarna putih hingga sedikit kekuningan. Hal ini wajar terjadi sebagai tanda hari kelahiran jabang bayi makin dekat.

Tapi bagaimana jika air susu keluar dari puting payudara di luar kegiatan menyusui? Bahkan wanita yang belum pernah hamil atau menyusui sekalipun bisa mengalaminya lho!

Kira-kira bahaya gak ya? Yuk, pahami penjelasan lengkapnya seputar penyebab puting payudara keluar air susu meski tidak sedang menyusui.

1. Semua payudara wanita dalam rentang usia subur bisa menghasilkan air susu

5 Penyebab Puting Payudara Keluar Air Susu Meski Tidak Menyusuinytimes.com

Sebenarnya, semua wanita yang sudah memasuki usia subur berpotensi menghasilkan air susu. Tentu saja jumlahnya sangat kecil dibandingkan ibu menyusui.

Selain hamil dan menyusui, ada beberapa keadaan yang bisa merangsang peningkatan produksi air susu pada payudara wanita. Gak bahaya kok, selama jumlahnya sedikit dan berwarna seperti air susu pada umumnya.

Beberapa penyebab umum keluarnya air susu di luar masa menyusui bisa kamu simak berikut ini.

2. Peningkatan hormon prolaktin merangsang produksi air susu

5 Penyebab Puting Payudara Keluar Air Susu Meski Tidak Menyusuimedicalnewstoday.com

Hormon yang memengaruhi produksi air susu adalah prolaktin. Jumlahnya akan meningkat saat mendekati akhir masa kehamilan dan selama menyusui. Tapi dalam kondisi tertentu, wanita yang gak sedang menyusui bisa mengalami peningkatan prolaktin.

Saat puncak siklus ovulasi atau menjelang menstruasi misalnya. Kestabilan hormon wanita agak terganggu, salah satunya peningkatan prolaktin yang cukup tinggi. Akibatnya, puting mengeluarkan cairan seperti air susu atau malah berwarna bening.

Gak perlu cemas, hal ini gak menunjukkan gejala penyakit berbahaya kok. Air susu akan berhenti keluar setelah kondisi hormon kembali stabil.

3. Penggunaan jenis obat-obatan tertentu juga berpengaruh

5 Penyebab Puting Payudara Keluar Air Susu Meski Tidak Menyusuiworkingmother.com

Selain siklus alami, penggunaan obat-obatan jenis tertentu juga bisa memengaruhi kestabilan hormon. Salah satunya adalah obat anti depresan atau yang bersifat menenangkan. Kandungan kimia aktif di dalamnya bisa meningkatkan produksi prolaktin.

Beberapa obat herbal juga memberi efek yang sama, terutama yang mengandung ekstrak tanaman adas, jintan, atau katuk. Ketiga tanaman ini berkhasiat meningkatkan produksi air susu pada ibu menyusui.

Baca Juga: Payudara Besar Sebelah Itu Wajar Lho, Ini 5 Fakta Penting di Baliknya

4. Rangsangan berlebih pada area puting

5 Penyebab Puting Payudara Keluar Air Susu Meski Tidak MenyusuiUnsplash/Max Rovensky

Bagi kamu yang sudah aktif melakukan kegiatan seksual, rangsangan berlebih di area puting juga bisa mengakibatkan keluarnya air susu. Gerakan intens di area puting ini mengirim sinyal ke otak seperti peningkatan kebutuhan prolaktin.

Hasilnya, cairan bening atau berwarna keputihan bisa keluar dari puting. Jumlahnya beragam, sesuai intensitas rangsangan yang diterima.

5. Gesekan kuat pada puting

5 Penyebab Puting Payudara Keluar Air Susu Meski Tidak MenyusuiUnsplash/Bin Thiều

Gak cuma rangsangan yang dilakukan secara sengaja, gesekan kuat pada puting juga mengakibatkan keluarnya air susu. Seperti benturan atau penggunaan bra ketat saat melakukan aktivitas berat.

6. Adanya infeksi atau gejala penyakit tertentu

5 Penyebab Puting Payudara Keluar Air Susu Meski Tidak Menyusuihealthline.com

Meski sebagian besar kejadian keluarnya air susu di luar masa menyusui gak menunjukkan dampak bahaya, beberapa perlu diwaspadai sebagai gejala penyakit tertentu.

Adanya infeksi di sekitar area puting juga bisa menyebabkan keluarnya cairan. Atau gejala tumor dan kanker, beberapa juga ditandai dengan keluarnya cairan pada puting. Bedanya, cairan yang keluar lebih kental atau berwarna lebih pekat.

Jika kamu mengalami peristiwa di atas, amati dulu dengan cermat. Apakah wujudnya cair atau kental hingga menyisakan bekas seperti gumpalan kecil.

Selama volumenya sedikit, teksturnya cair dan berwarna bening atau sedikit keputihan, kamu gak perlu khawatir kok. Dan itulah penyebab puting payudara wanita keluar air susu  meski tak sedang menyusui yang wajib kamu ketahui!

Baca Juga: Sering Dilakukan, 5 Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Puting Lecet

Topic:

  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto

Just For You