Comscore Tracker

6 Kandungan dalam Skincare yang Berbahaya untuk Wanita Hamil

Harus lebih waspada, ya!

Masa-masa kehamilan memang bisa dibilang menjadi masa yang paling membahagiakan untuk si calon ibu dan ayah. Selain harus menjaga kesehatan, pola makan, serta gaya hidup, sang calon ibu juga harus memperhatikan berbagai macam kandungan di dalam kosmetik dan skincare yang dipakai, lho.

Bukan tanpa alasan, tapi memang biasanya beberapa kandungan yang terdapat di dalam skincare dapat berpotensi untuk membahayakan kesehatan janin yang ada di dalam kandungan. Maka dari itu, berikut ini merupakan bahan-bahan dalam skincare yang wajib banget dihindari untuk kamu, ibu hamil!

1. Retinoid

6 Kandungan dalam Skincare yang Berbahaya untuk Wanita Hamilnaturalsupplyboost.com

Retinoid termasuk ke dalam kelompok obat dan juga merupakan turunan dari Vitamin A. Di dalam dunia kecantikan, retinoid biasanya banyak terkandung di dalam produk antiaging ataupun obat jerawat. Meski hanya diaplikasikan pada bagian luar kulit, namun retinoid sendiri bisa menyebabkan terjadinya kelainan pada janin dan dapat meningkatkan risiko bayi lahir cacat. Oleh sebab itu, kamu harus menghindari produk kecantikan dengan bahan dasar retinoid, retinol, renova, retin A, retinyl pamitate, dan juga turunannya yaitu adaplene, isotretinon, tretinoin, differin, dan retinaldehyde.

2. Salicylic Acid

6 Kandungan dalam Skincare yang Berbahaya untuk Wanita Hamilthestatesman.com

Salicylic Acid atau asam salisilat merupakan salah satu kandungan yang biasanya terdapat di dalam produk anti jerawat. Meski ampuh redakan jerawat pada wajah, namun Salicylic Acid sangat berbahaya jika dipakai terus-menerus oleh ibu hamil. Menurut sebuah penelitian, Salicylic Acid dapat menyebabkan risiko pendarahan pada janin di trimester ke tiga.

Baca Juga: Trik Cerdas Memilih Skincare Biar Kulit Makin Cerah Sebening Kristal

3. Hydroquinone

6 Kandungan dalam Skincare yang Berbahaya untuk Wanita Hamilliveosumly.com

Hydroquinone merupakan salah satu zat berbahaya yang biasanya ada di produk pencerah wajah. Hydroquinone termasuk quinol, 1-4 dihydroxy benzene, idrochinone, dan 1-4 hydroxy benzene, adalah kandungan yang harus kamu hindari pada kosmetik ataupun skincare. Sebab, zat tersebut dapat mengontaminasi aliran darah serta meningkatkan kerusakan pada janin.

4. Formaldehyde

6 Kandungan dalam Skincare yang Berbahaya untuk Wanita Hamilrd.com

Formaldehyde atau yang biasa dikenal dengan nama formalin, juga sering sekali dijumpai pada berbagai macam produk kecantikan, misalnya seperti cat kuku, lem bulu mata, ataupun produk perawatan pelurus rambut. Formaldehyde sendiri dapat menyebabkan gangguan pernapasan, iritasi, bahkan sampai kanker.

5. Merkuri

6 Kandungan dalam Skincare yang Berbahaya untuk Wanita Hamilshopperadvocate.com

Bukan hanya untuk wanita hamil, namun kandungan merkuri yang ada di dalam kosmetik atau skincare juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan hati dan ginjal jika dipakai secara terus-menerus. Selain itu, merkuri juga dapat mengganggu sistem saraf dan perkembangan pada janin di dalam kandunganmu.

6. Benzoyl Peroxide

6 Kandungan dalam Skincare yang Berbahaya untuk Wanita Hamilstocksy.com

Benzoyl Peroxide merupakan sala satu obat atau bahan kimia yang ampuh untuk membasmi bakteri penyebab jerawat. Namun, untuk kamu yang sedang hamil, sebaiknya kamu hindari dulu penggunaan Benzoyl Peroxide selama masa kehamilan. Sebab, bahan kimia satu ini dapat menyebabkan kerusakan janin yang cukup serius di dalam kandungan.

Itulah beberapa kandungan dalam kosmetik maupun skincare yang berbahaya bagi wanita hamil. Kamu harus lebih teliti dan lebih memperhatikan lagi nama lain dan turunan dari zat-zat berbahaya tersebut. Pastikan baik-baik, bahwa kosmetik dan skincare yang kamu gunakan terbebas dari zat-zat berbahaya. 

Baca Juga: 5 Makanan yang Berisiko Alami Keguguran, Ibu Hamil Harus Waspada

Topic:

  • Diana Ekawati
  • Elfida

Just For You