Comscore Tracker

Sopan & Pantas, Ini 6 Etika Berbusana untuk Menghadiri Acara Pemakaman

Jangan sampai salah kostum!

Kematian menjadi salah satu hal pasti yang akan dihadapi oleh semua makhluk yang hidup, tak terkecuali juga manusia. Ketika sedang berada dalam suasana berkabung, tentunya kita harus tetap menghormati momen dan pihak keluarga yang ditinggalkan. Salah satunya dengan cara mengenakan balutan busana yang sopan dan pantas.

Oleh sebab itu, berikut ini merupakan enam etika berbusana untuk menghadiri acara pemakaman agar tetap sopan dan pantas!

1. Pakai pakaian berwarna hitam

Sopan & Pantas, Ini 6 Etika Berbusana untuk Menghadiri Acara PemakamanUnsplash.com/Analise Benevides

Dari zaman dahulu, warna hitam memang biasanya identik dengan acara pemakaman. Warna hitam yang meneduhkan memang menjadi salah satu warna yang paling pas dipakai untuk suasana berduka. Selain itu, hindari memakai busana dengan warna-warna yang cerah seperti kuning, merah, dan biru karena kamu bisa dianggap tidak sopan dan tidak menghormati keluarga yang ditinggalkan.

2. Sopan dan tertutup

Sopan & Pantas, Ini 6 Etika Berbusana untuk Menghadiri Acara PemakamanUnsplash.com/Annie Spratt

Usahakan kamu mengenakan busana yang sopan dan tidak terlalu terbuka saat sedang menghadiri acara pemakaman. Pilihlah pakaian yang tertutup, rapi, dan juga tidak terlalu ketat saat dipakai. Hindari menggunakan pakaian yang bisa menarik banyak perhatian dari para tamu undangan lain yang datang.

3. Gunakan aksesori yang sederhana

Sopan & Pantas, Ini 6 Etika Berbusana untuk Menghadiri Acara PemakamanUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Supaya tidak terlihat terlalu mencolok, lebih baik usahakan untuk tidak memakai perhiasaan atau aksesori apa pun saat sedang ingin mengunjungi rumah duka ataupun acara pemakaman. Namun, jika kamu tetap ingin memakainya, maka pakailah perhiasaan yang sederhana dan tidak terlihat terlalu ramai saat dikenakan.

Baca Juga: 8 Cara Mempraktikkan Sustainable Fashion, Minim Sampah & Hemat

4. Jangan memakai sandal atau sepatu terbuka

Sopan & Pantas, Ini 6 Etika Berbusana untuk Menghadiri Acara PemakamanUnsplash.com/Amanda Vick

Pilihlah alas kaki berupa sepatu tertutup dengan warna-warna gelap yang senada dengan busana yang kamu kenakan. Selain itu, jika kamu juga ingin menghadiri acara penguburan jenazah, maka pilihlah alas kaki yang nyaman digunakan untuk banyak bergerak. 

5. Tidak perlu mengenakan riasan yang tebal

Sopan & Pantas, Ini 6 Etika Berbusana untuk Menghadiri Acara PemakamanUnsplash.com/Mitch Lensink

Memakai riasan atau makeup yang tebal saat sedang menghadiri acara berduka, sepertinya bukan sesuatu yang pantas untuk dilakukan. Hindari menggunakan riasan dengan warna-warna yang mencolok. Lebih baik aplikasikan foundation dan bedak secara tipis, lalu bubuhkan blush on dengan warna yang natural, serta lipstik nude agar wajah tidak terlalu pucat.

6. Selalu siapkan scarf di dalam tas

Sopan & Pantas, Ini 6 Etika Berbusana untuk Menghadiri Acara PemakamanUnsplash.com/Soroush Karimi

Tidak ada salahnya bagimu untuk selalu menyiapkan scarf saat sedang menghadiri acara pemakaman, atau bahkan saat prosesi penguburan jenazah. Scarf bisa menjadi salah satu benda berguna yang dapat melindungi kamu dari panasnya sinar matahari, atau bahkan menutupi wajah yang sembab sehabis menangis.

Itu dia enam etika berbusana yang harus kamu perhatikan ketika sedang menghadiri acara pemakaman. Terlepas dari itu semua, kamu harus tetap menjaga kesopanan dalam bersikap. Buat apa kamu berpakaian dengan sopan, tapi lisan dan perbuatan tidak bisa kamu jaga.

Baca Juga: Ide Mix and Match Kemeja Hitam, Biar Warnanya Gak Terlihat Mati

Topic:

  • Diana Ekawati
  • Pinka Wima

Just For You