Comscore Tracker

12 Ilustrasi Suka Duka Anak Rantau saat Tinggal Sendiri, Kangen Rumah

Ada senangnya, tapi banyak sedihnya juga

Tinggal jauh dari orangtua akan bikin seorang anak lebih mandiri dan bertanggung jawab. Sayangnya, banyak masalah yang harus dihadapi dan diselesaikan, sehingga menimbulkan berbagai perasaan senang dan sedih sekaligus. 

Ilustrasi dari Amanda Oleander ini gambarkan bagaimana anak rantau berjuang untuk bertahan hidup jauh dari rumah. Yuk, simak 12 ilustrasi suka duka anak rantau saat tinggal sendiri melalui artikel ini!

1. Rasa kangen dan homesick pasti pernah dialami, solusinya adalah telepon dengan keluarga di rumah

12 Ilustrasi Suka Duka Anak Rantau saat Tinggal Sendiri, Kangen RumahIlustrasi anak rantau. (instagram.com/amandaoleander)

2. Saat harus kembali ke tanah rantau, rasanya berat banget untuk meninggalkan rumah

12 Ilustrasi Suka Duka Anak Rantau saat Tinggal Sendiri, Kangen RumahIlustrasi anak rantau. (instagram.com/amandaoleander)

3. Bisa mengerjakan apa saja saat jauh dari rumah, kebebasan ini yang sebenarnya banyak diinginkan

12 Ilustrasi Suka Duka Anak Rantau saat Tinggal Sendiri, Kangen RumahIlustrasi anak rantau. (instagram.com/amandaoleander)

4. Meskipun ada banyak teknologi yang bisa mengurangi rasa rindu anak rantau, tetap aja gak ada yang seindah bertemu langsung

12 Ilustrasi Suka Duka Anak Rantau saat Tinggal Sendiri, Kangen RumahIlustrasi anak rantau. (instagram.com/amandaoleander)

5. Rasa sepi gak jarang menyelimuti. Harus kuat dan bertahan demi hal yang sedang diperjuangkan. Semangat terus, ya!

12 Ilustrasi Suka Duka Anak Rantau saat Tinggal Sendiri, Kangen RumahIlustrasi anak rantau. (instagram.com/amandaoleander)

Baca Juga: 10 Ilustrasi Cewek Extrovert kalau Punya Pacar, Tingkahnya Konyol!

6. Lama kelamaan, akan terbiasa dengan kesendirian dan mulai menikmatinya. Betul gak?

12 Ilustrasi Suka Duka Anak Rantau saat Tinggal Sendiri, Kangen RumahIlustrasi anak rantau. (instagram.com/amandaoleander)

7. Surat jadi hal yang dinanti-nanti sebelum ada pesan elektronik. Ini pasti ditunggu banget sama anak rantau

12 Ilustrasi Suka Duka Anak Rantau saat Tinggal Sendiri, Kangen RumahIlustrasi anak rantau. (instagram.com/amandaoleander)

8. Ada juga enaknya jadi anak rantau! Bisa makan sepuasnya tanpa takut dimarahi keluarga di rumah

12 Ilustrasi Suka Duka Anak Rantau saat Tinggal Sendiri, Kangen RumahIlustrasi anak rantau. (instagram.com/amandaoleander)

9. Siapa, nih, yang sering homesick dan ingin pulang kalau sedang jauh dari rumah? Sabar aja, ya!

12 Ilustrasi Suka Duka Anak Rantau saat Tinggal Sendiri, Kangen RumahIlustrasi anak rantau. (instagram.com/amandaoleander)

10. Hal seru yang bisa dinikmati saat tinggal jauh adalah bisa melakukan apa pun yang diinginkan, termasuk menekuni hobi bercocok tanam

12 Ilustrasi Suka Duka Anak Rantau saat Tinggal Sendiri, Kangen RumahIlustrasi anak rantau. (instagram.com/amandaoleander)

11. Belajar mandiri dan mengatur hidup sendiri. Bisa jadi bekal untuk masa depan

12 Ilustrasi Suka Duka Anak Rantau saat Tinggal Sendiri, Kangen RumahIlustrasi anak rantau. (instagram.com/amandaoleander)

12. Ini adalah salah satu hal yang berat! Pintar mengatur keuangan supaya gak kekurangan sampai akhir bulan

12 Ilustrasi Suka Duka Anak Rantau saat Tinggal Sendiri, Kangen RumahIlustrasi anak rantau. (instagram.com/amandaoleander)

Gimana, nih, beberapa ilustrasi di atas pasti pernah kamu alami juga ya? Jadi anak rantau yang tinggal jauh dari rumah emang berat, semangat terus, ya!

Baca Juga: 10 Ilustrasi Galaunya Cewek saat Di-ghosting, Kata-katanya Menohok!

Topic:

  • Dina Fadillah Salma
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya