5 Tips Perawatan Tubuh Sebelum Tidur, Jangan Skip Skincare Routine!

Sebelum tidur, kurangi penggunaan ponsel

Kualitas tidur sangat berpengaruh terhadap produktivitas dan kegiatan sehari-hari. Karenanya, sangat penting untuk memperhatikan kualitas istirahat malam. Untuk mencapai istirahat yang baik, kamu mungkin perlu melakukan persiapan berupa perawatan tubuh sebelum terlelap. 

Simaklah tips di bawah ini agar tidur semakin berkualitas dan nyenyak. Kamu bisa bangun dengan kondisi yang lebih segar sehingga siap memulai hari baru. 

1. Membersihkan diri

5 Tips Perawatan Tubuh Sebelum Tidur, Jangan Skip Skincare Routine!ilustrasi mandi (freepik.com/torwaiphoto)

Perawatan pada malam hari sebaiknya difokuskan untuk regenerasi kulit. Demikian diungkapkan oleh dermatolog Sam Bunting kepada British Vogue. Alasannya, pada malam hari, kulit tidak bekerja keras melindungi diri dari sinar UV sehingga ada banyak waktu untuk regenerasi atau melakukan perbaikan. 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan kulit dari polusi atau residu yang menempel di tubuh. Pastikan membersihkan tubuh dengan produk yang lembut agar tak merusak skin barrier. 

2. Mandi dengan air hangat

5 Tips Perawatan Tubuh Sebelum Tidur, Jangan Skip Skincare Routine!ilustrasi mandi (pexels.com/Antoni Shkraba)

Sebelum tidur, pastikan kamu telah membersihkan diri agar bakteri ataupun kotoran tak menumpuk dalam tubuh. Supaya semakin rileks, kamu bisa mandi dengan air hangat. 

Air hangat dipercaya bisa membuat tubuh lebih santai dan otot tak semakin tegang. Air hangat juga dapat membantu membuka pori-pori agar membersihkan kotoran, minyak, dan bakteri yang menyebabkan jerawat.

3. Minum air yang cukup

5 Tips Perawatan Tubuh Sebelum Tidur, Jangan Skip Skincare Routine!Ilustrasi merapikan tempat tidur (Pexels.com/Cottonbro)

Melansir dari Mind Body Green Lifestyle, skincare specialist Lucy Xu, menyarankan untuk minum banyak air agar kulit semakin glowing. Sebelum tidur, pastikan kamu telah meminum cukup air agar tubuh tetap terhidrasi selama terlelap. 

dm-player

Berdasarkan riset yang dipaparkan dalam sumber serupa, selama tidur, tubuh melepaskan banyak air melalui kulit. Oleh sebab itu, pastikan asupan air dalam tubuh terpenuhi agar kulit juga bisa melakukan tugasnya secara maksimal selama kita beristirahat.

Baca Juga: 9 Pilihan Kamar Tidur Sederhana dan Instagramable

4. Meditasi

5 Tips Perawatan Tubuh Sebelum Tidur, Jangan Skip Skincare Routine!ilustrasi meditasi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menjelang tidur, kurangi penggunaan ponsel atau gadget lainnya agar kulit tak terus-menerus terpapar blue light. Blue light yang dipancarkan melalui ponsel telah terbukti mengganggu circadian rhythm atau irama sirkadian yang biasa dikenal sebagai jam biologis tubuh. 

Oleh karenanya, ahli aromaterapi Trevor Ellestad dalam Mind Body Green Lifestyle menyarankan, sebaiknya menonaktifkan ponsel sebelum tidur dan memilih kegiatan yang lebih menenangkan. Kamu bisa menyeduh chamomile tea yang membantu tidur makin nyenyak, menyebarkan beberapa tetes essential oil, atau lakukan meditasi untuk menjernihkan pikiran.

5. Skincare routine

5 Tips Perawatan Tubuh Sebelum Tidur, Jangan Skip Skincare Routine!Ilustrasi skincare (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Sebelum tidur, kamu gak boleh melewatkan skincare routine agar mendapatkan kulit yang lebih cerah dan sehat esok harinya. Perbanyak produk dengan tujuan menghidrasi agar kulit bekerja memperkuat skin barrier selama tidur. 

Pastikan produk skincare yang kamu gunakan sudah tepat serta sesuai jenis kulit dan tujuan yang hendak tercapai. Selamat mencoba, ya!

Beberapa langkah dan tips di atas bisa kamu coba untuk meningkatkan kualitas tidurmu. Istirahat malam menjadi rutinitas yang sangat penting untuk manusia. Jadi, jangan diabaikan, ya!

Baca Juga: 5 Masker Gold untuk Perawatan Kulit Harian, Kulit Jadi Lebih Indah!

Topik:

  • Dina Fadillah Salma
  • Febriyanti Revitasari
  • Mayang Ulfah Narimanda

Berita Terkini Lainnya