Comscore Tracker

Begini Cara Hasilkan Uang dari Media Sosial

Tiga beauty content creator berbagi tips

Jakarta, IDN Times - Tak terasa ya, seminggu lewat sudah sejak BeautyFest Asia 2019 by Popbela.com dilangsungkan. Banyak sekali ilmu yang didapat, selain diskon produk kecantikan, dari perhelatan tersebut. Salah satunya, dari talkshow mengenai bagaimana cara monetizing akun media sosialmu ini.

Kehadiran media sosial seolah menjadi lahan bagi generasi millennial menghasilkan pundi-pundi rupiah. Namun, menambah finansial dari media sosial tidak semudah membalikkan telapak tangan.
Tiga beauty content creator, yakni Agnes Oryza, Titan Tyra, dan Stephanie Rose membagikan tips mendapatkan penghasilan dari media sosial.
 

Baca Juga: Untuk Pemula, Ini 7 Tips Konkrit Menjadi Fashion Blogger Sukses

1. Jangan hanya mikirin duit

Begini Cara Hasilkan Uang dari Media SosialYOUTUBE/Stephanie Rose

Beauty content creator Stephanie Rose mengungkapkan, saat membuat konten jangan berniat mencari uang tetapi tulus ingin berbagi pengalaman.

Menurutnya, membuat konten dengan hati yang tulus akan membuat kita merasa tidak terbebani. Setelah itu, permintaan endorse akan masuk dengan sendirinya lewat media sosial kita.

Dia mencontohkan, asal-mula dia membuat beauty vlog hanyalah karena banyak orang ingin tahu cara membuat alis. Dari situ, Stephanie berpikir untuk membuat video tutorial bagaimana cara menggambar alis untuk sekadar berbagi ilmu.

"Terus saat follower masih 5 ribu, tiba-tiba ada yang DM, itu endorse pertama aku. Rasanya senang banget meski gak dibayar, cuma dapat produk," cerita wanita yang sudah memiliki 236 ribu follower di instagram ini.
 

2. Jangan terima endorse dari online shop abal-abal

Begini Cara Hasilkan Uang dari Media Sosialpexels.com/@pixabay

Selain itu, dia menyarankan agar mengecek produk yang akan dipromosikan. Menurutnya, online shop abal-abal akan mempengaruhi kredibilitas.

"Jangan kerja sama dengan online shop abal-abal karena orang gak akan percaya sama kita lagi. Jadi kelihatan banget kalau kita cari duit saja," ungkap Stephanie.
 

3. Jangan malu membuat penawaran dengan brand

Begini Cara Hasilkan Uang dari Media SosialFACEBOOK/Titan Tyra

Lain hal dengan Titan Tyra. Beauty content creator satu ini menyarankan agar jangan malu mengajukan penawaran kerja sama dengan berbagai brand. Tidak ada salahnya untuk mencoba.

"Jangan malu approach duluan, semisal yuk buat video kerja sama. Bangun people relationship juga penting di dunia ini," imbuh Titan.
 

4. Harus eksis di media sosial

Begini Cara Hasilkan Uang dari Media SosialINSTAGRAM/Agnesoryza

Beauty content creator Agnes Oryza menambahkan, untuk menarik pihak brand mau endorse di media sosial, kita harus konsisten dengan apa yang dikerjakan.

Menurutnya, semua tidak ada yang instan, harus dilalui step by step.

"Saya mulai terjun di media sosial sepuluh tahun lalu, tepatnya 2009. Saya rajin menulis blog, kuncinya saya tahu di mana kekuatan saya dan kemudian tahu siapa pembaca saya. Saya juga konsisten dalam mengisi blog. Kemudian, ada lomba menulis di blog. Saya ikut, saya tanya-tanya ke senior yang lebih dulu sudah jadi blogger. Eh saya menang dan dari situ, endorse berdatangan," cerita Agnes.

 

Baca Juga: Bijak dan Dewasa, 5 Hal yang Pantang Diumbar di Media Sosial

Topic:

  • Elfida

Just For You