Comscore Tracker

Serbaguna, 5 Fakta Dari Micellar Water Ini Perlu Kamu Ketahui

Kamu lebih suka micellar water atau cleanser nih?

Saat ini, dibandingkan dengan menggunakan paduan cleanser dan toner, banyak perempuan yang lebih memilih menggunakan micellar water untuk membersihkan riasan di wajah. Micellar water dinilai dapat bekerja mengangkat kotoran di wajah dan sisa-sisa riasan dengan lebih baik.

Tapi sebelum kamu menggunakan micellar water, 5 serba-serbi micellar water ini perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Apa saja? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Digunakan di Perancis pada awal 90-an

Serbaguna, 5 Fakta Dari Micellar Water Ini Perlu Kamu Ketahuicarolinehirons.com

Micellar water awalnya digunakan di Perancis pada awal tahun 90-an. Saat itu orang Perancis tidak suka menggunakan air dari wastafel untuk membersihkan wajah karena dianggap dapat membuat kulit menjadi lebih kering. Kemudian diciptakanlah sebuah inovasi yang diberi nama micellar water sebagai alternatif pembersih yang lebih baik.

2. Dibuat dari campuran air dan micelles

Serbaguna, 5 Fakta Dari Micellar Water Ini Perlu Kamu Ketahuibeautynesia.id

Meskipun sudah banyak digunakan, tapi masih sedikit sekali orang yang mengetahui rahasia dibalik ampuhnya micellar water dalam membersihkan kotoran dan sisa riasan. Sebenarnya, micellar water terdiri dari micelles, yaitu sejenis molekul mikro yang tersuspensi di dalam air. Micelles ini memiliki cara kerja seperti magnet dengan menarik, menjebak kemudian membersihkan kotoran di permukaan kulit. Itulah sebabnya mengapa micellar water bisa menghilangkan kotoran dan menghapus riasan di wajah kita dengan amat baik.

3. Dapat digunakan sebagai make up remover, cleanser dan toner sekaligus

Serbaguna, 5 Fakta Dari Micellar Water Ini Perlu Kamu Ketahuizanita.com

Micellar water dapat membersihkan kotoran dan sisa riasan tanpa meninggalkan residu minyak yang umumnya didapati pada make up remover biasa. Selain itu micellar water juga diklaim tidak membuat kulit kering karena tidak memiliki kandungan alkohol berlebihan seperti yang terdapat pada cleanser. Ketika molekul micelles bekerja menarik dan membersihkan kotoran serta minyak pada permukaan kulit, molekul micelles yang tertinggal akan melembabkan kulit sehingga micellar water disebut-sebut dapat digunakan sebagai make up remover, cleanser ataupun toner.

Baca Juga: Micellar Water Vs Cleansing Oil, Mana yang Cocok untuk Wajahmu?

4. Dapat digunakan untuk semua jenis kulit

Serbaguna, 5 Fakta Dari Micellar Water Ini Perlu Kamu Ketahuipastelscales.com

Micellar water memiliki formula yang lembut sehingga disebut-sebut dapat digunakan untuk semua jenis kulit, baik normal, berminyak, kering ataupun kombinasi. Tetapi jika kamu memiliki tingkat kesensitifan berlebih pada kulitmu, bukan tidak mungkin jika penggunaan micellar water tetap bisa menimbulkan reaksi alergi. Karena setiap jenis kulit memiliki kebutuhan perawatan yang berbeda-beda.

5. Penggunaan air tetap dibutuhkan

Serbaguna, 5 Fakta Dari Micellar Water Ini Perlu Kamu Ketahuiallure.com

Meskipun micellar water sangat praktis untuk digunakan, tapi sebaiknya kamu tetap menggunakan air bersih dan sabun pencuci muka untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Apalagi jika kamu terbilang cukup sering menggunakan make up. Jika kamu jarang membersihkan wajah menggunakan air bersih, bisa-bisa wajahmu menjadi mudah berjerawat.

Itulah 5 fakta dari micellar water yang perlu kamu ketahui. Apakah kamu tertarik untuk menggunakan micellar water juga, girls?

Baca Juga: Rekomendasi 5 Micellar Water yang Harganya di Bawah Rp 50 Ribu

Dwi Kurniawati Lestari Photo Community Writer Dwi Kurniawati Lestari

Just a little girl who loves drawing, writing and reading a bit too much. Sometimes spends all day long to think and wondering about 'what should I write today'.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You