Comscore Tracker

7 Tips Aman Berenang Saat Sedang Menstruasi

Nggak akan bikin onar kok

Menentukan rencana liburan memang sebaiknya dilakukan sejak beberapa hari atau bahkan beberapa minggu sebelumnya. Hal ini penting untuk mempersiapkan dana, waktu cuti, akomodasi, serta penginapan. Nah, biasanya kemana destinasi liburan kamu dan kegiatan apa yang kamu lakukan? Salah satu kegiatan paling asyik pas liburan sih berenang entah itu di waterpark, pantai, atau sekalian snorkeling.

Tapi pernah nggak sih kamu udah merencanakan buat renang di tempat yang instagramable bareng sahabat dan keluarga, tapi beberapa hari sebelum rencana kamu ini terealisasi, kamu tiba-tiba datang bulan. Eitssss jangan keburu kesel dan batalin rencana liburan kamu. Kamu tetap bisa kok main air walaupun sedang dalam kondisi haid. Nah, supaya kamu tetap bisa berenang saat menstruasi dengan nyaman, kamu wajib nih simak tips berikut ini.

1. Pastikan kondisi fisik dan mental kamu memungkinkan

7 Tips Aman Berenang Saat Sedang MenstruasiDoktersehat.com

Ada beberapa tipe cewek saat sedang haid, yang pertama cewek yang bisa tetap melaksanakan aktivitas saat sedang haid tanpa merasa terganggu atau tidak nyaman. Kedua, cewek yang merasakan sakit dan nyeri saat haid tapi masih bisa melakukan aktivitas. Ketiga, cewek yang mengalami sakit dan nyeri yang luar biasa saat haid sampai mengganggu aktivitas atau bahkan bangun dari tempat tidur pun sulit.

Nah, buat tipe cewek pertama dan kedua bisa tetap berenang saat haid, bahkan hal itu bisa mengurangi rasa nyeri saat haid. Sedangkan buat tipe cewek ketiga, nggak disarankan berenang saat haid karena memang keadaan fisik dan mental nggak mendukung dan bisa membuat mereka semakin nggak nyaman.

2. Selama kamu berada di dalam air, darah nggak akan keluar dan mengotori air

7 Tips Aman Berenang Saat Sedang MenstruasiUnsplash.com/Jana Sabeth Sclutzh

Ketika kamu berada di dalam kolam renang ataupun di laut, tekanan pada air jauh lebih besar daripada tekanan dalam tubuh kamu. Hal tersebut menyebabkan darah tidak dapat keluar dari lubang vagina selama kamu di dalam air. Terkecuali kamu bersin, batuk, atau tertawa, hal itu dapat menyebabkan darah keluar tetapi hanya dalam jumlah yang sangat sedikit dan nggak akan ketahuan kok karena akan langsung larut dalam aliran air.

3. Pakai tampon atau menstrual cup

7 Tips Aman Berenang Saat Sedang MenstruasiHelloflo.com

Walaupun darah nggak akan keluar selama kamu berada di dalam kolam karena tekanan air yang besar mencegah darah mengalir. Akan tetapi, tekanan akan kembali normal saat kamu keluar dari kolam dan menyebabkan darah mengalir dengan deras karena pembalut menyerap banyak air ketika kamu berada di dalam air.

Solusinya adalah gunakan tampon atau menstrual cup ketika kamu berenang, karena keduanya dapat menyerap darah haid dengan baik dan tidak akan terjadi kebocoran saat kamu keluar dari air.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Jaga Badan dan Emosi Tetap Stabil Saat Menstruasi

4. Berenang di laut

7 Tips Aman Berenang Saat Sedang MenstruasiUnsplash.com/Gallivantinglife

Kalau kamu masih ragu-ragu buat berenang di kolam saat sedang haid karena takut mencemari air kolam, kamu bisa coba berenang di laut yang nggak terlalu ramai. Tenang aja, kamu nggak perlu takut diserang hiu yang tertarik pada bau darahmu. Sebab, tidak ada studi yang dapat membuktikan bahwa hiu menyerang manusia karena terpancing oleh darah menstruasi.

Bahkan, menurut International Shark Attack File, perempuan tetap dapat menyelam dengan aman walaupun sedang dalam periode menstruasi. Menurut Marie Levine, Founder and Executive Director of The Shark Research Institute dirinya sudah berkali-kali melakukan diving dalam masa haid dan tidak terjadi masalah apapun.

5. Pakai pakaian yang pas di badan

7 Tips Aman Berenang Saat Sedang MenstruasiDhgate.com

Air dapat menyebabkan pembalut tidak bisa merekat dengan kuat, geser-geser, bahkan lepas dari tempatnya. Selain nggak nggak nyaman, hal itu juga bisa bikin malu. Nah, agar nggak terjadi hal seperti itu, kamu bisa memakai pakaian atau celana ketat yang sangat pas di badan. Hal ini untuk membantu supaya pembalut nggak geser-geser saat kamu renang.

6. Konsumsi pil kontrasepsi

7 Tips Aman Berenang Saat Sedang MenstruasiThejakartapost.com

Saat kamu ada jadwal berenang apalagi hal itu sangat mendesak dan nggak bisa di tunda dengan alasan kompetisi misalnya. Kamu bisa menggunakan pil kontrasepsi misalnya pil KB untuk menunda menstruasi. Kamu bisa mengkomsumi pil KB dengan jarak beberapa hari sebelum masa menstruasi. Yang wajib diperhatikan adalah kamu nggak boleh membeli dan mengkomsumi pil ini secara sembarangan. Kamu wajib berkonsultasi ke dokter dan mengatakan tujuan kamu dengan sebenarnya, hal itu untuk membantu dokter memutuskan pil apa yang cocok untuk kamu, dosis yang tepat, serta periode konsumsi pil yang sesuai.

7. Pakai pakaian berwarna hitam

7 Tips Aman Berenang Saat Sedang MenstruasiGrattan.com

Asalkan kamu sudah melakukan semua tips yang telah disebutkan sebelumnya, kamu nggak perlu takut akan terjadi kebocoran. Tapi kalau kamu masih juga ragu, kamu bisa menggunakan pakaian berwarna hitam supaya jika terjadi kebocoran orang-orang disekitarmu nggak akan ada yang tahu.

Sekarang kamu nggak perlu ragu-ragu buat berenang saat sedang haid. Asalkan kamu menjalankan tips diatas, berenang saat haid tetap aman dilakukan.

Baca Juga: Girls, Menstruasimu Tidak Lancar dan Nyeri? Coba 6 Tips Jitu Ini

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya