Comscore Tracker

5 Alasan Penting Kamu Perlu Menggunakan Skincare di Malam Hari

Beberapa skincare hanya bisa digunakan di malam hari

Selama ini kamu mungkin bertanya-tanya, kenapa ada produk skincare yang dibuat khusus untuk malam hari? Bagaimana seandainya jika kamu menggunakan produk skincare yang sama untuk pagi maupun malam hari? Dan seberapa pentingkah menggunakan skincare pada malam hari?

Nah, ternyata pemisahan skincare pagi dan malam bukan sekadar strategi marketing belaka. Kulit dipengaruhi oleh ritme sirkadian, dan ada hal-hal yang hanya terjadi pada kulit saat malam hari. Karenanya, formula skincare dibuat berbeda untuk pagi dan malam hari. Jadi, misalnya kamu menggunakan produk skincare malam di pagi hari, ini berpotensi menyebabkan pori-pori tersumbat. Sebaliknya, skincare khusus pagi hari juga biasanya mengandung SPF yang sebaiknya tidak digunakan saat kamu tidur di malam hari.

Untuk lebih jelasnya kenapa kamu perlu menggunakan skincare di malam hari, yuk langsung saja simak penjelasannya di sini.

1. Kulit mengalami regenerasi saat tidur malam

5 Alasan Penting Kamu Perlu Menggunakan Skincare di Malam Haripexels.com/Ketut Subiyanto

Banyak hal yang terjadi pada kulit saat kamu sedang tidur. Karenanya, banyak orang yang menyebut proses alami ini sebagai "tidur cantik". Studi klinis dalam British Medical Journal menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur tampak kurang menarik dibandingkan mereka yang cukup tidur. Tidur selama 7 jam memengaruhi penampilan kulit keesokan paginya karena sel-sel kulit mengalami regenerasi lebih cepat selama waktu ini.

Penelitian dalam jurnal Sleep juga memastikan bahwa regenerasi dan perbaikan sel terjadi ketika individu sedang tidur. Karena sel-sel kulit bekerja keras pada malam hari, mereka membutuhkan banyak nutrisi untuk bekerja dengan baik. Sehingga, rutinitas perawatan kulit malam yang baik akan berguna untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit agar dapat memaksimalkan proses regenerasi sel yang kemudian menghasilkan kulit yang tampak lebih muda.

2. Kulit rentan kehilangan kelembapan pada malam hari

5 Alasan Penting Kamu Perlu Menggunakan Skincare di Malam Hariunsplash.com/Paige_Cody

Kulit memiliki pelembap alami yang disebut sebum yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous. Normalnya, kulit menghasilkan lebih banyak sebum pada siang hari untuk pelumasan dan perlindungan. Lalu, menurut studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Molecular Sciences, produksi sebum menurun secara signifikan pada malam hari. Sehingga, kulit kehilangan lebih banyak kelembapan di malam hari. Juga karena biasanya individu tidak cukup minum air di malam hari. Akibatnya, kulit menjadi lebih rentan terhadap kekeringan, gatal, dan iritasi.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu melembapkan kulit secara efektif di malam hari menggunakan berbagai macam produk skincare yang mengandung bahan pelembab. Salah satu bahan pelembap yang populer dan baik untuk dipakai pada malam hari adalah asam hialuronat.

Baca Juga: 8 Jenis Skincare ini Wajib Buat Kamu yang Memasuki Usia 20-an

3. Kulit dapat menyerap produk skincare secara lebih efektif di malam hari

5 Alasan Penting Kamu Perlu Menggunakan Skincare di Malam Hariunsplash.com/Charisse Kenion

Menurut studi dalam International Journal of Molecular Sciences, penetrasi kulit menjadi lebih tinggi di malam hari. Artinya, pelindung kulit sudah turun, sehingga lebih mudah menyerap produk apapun yang diaplikasikan di atas kulit.

Selain itu, karena di malam hari kulit lebih relaks dan aman dari elemen lingkungan berbahaya, maka malam hari menjadi waktu yang tepat untuk menggunakan produk skincare, utamanya yang mengandung vitamin A dan C atau asam alfa hidroksi.

4. Malam hari adalah waktu bagi kulit untuk beristirahat dari paparan kotoran

5 Alasan Penting Kamu Perlu Menggunakan Skincare di Malam Haripexels.com/Ivan Oboleninov

Kulit perlu istirahat dari paparan faktor lingkungan yang berbahaya. Dan malam hari adalah waktu yang tepat untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh. Sebab saat tidur malam kulit aman dari paparan sinar UV dan polusi. Dan kamu bisa menyempurnakan pembersihan kulit dengan menghapus makeup dan menggunakan produk pembersih sebelum tidur.

Jika kamu tidak membersihkan kulit dengan benar, kotoran dan minyak yang terkumpul oleh kulit di siang hari akan menyebabkan kerusakan di malam hari. Sehingga, pembersihan harus menjadi langkah pertama dan paling penting dalam rutinitas perawatan kulit malam. 

5. Bahan-bahan tertentu hanya dapat digunakan pada malam hari

5 Alasan Penting Kamu Perlu Menggunakan Skincare di Malam Hariunsplash.com/Charisse Kenion

Skincare dengan bahan-bahan anti-penuaan dan pencerah kulit paling cocok digunakan pada malam hari agar efeknya tidak bersaing dengan efek sinar matahari. Misalnya, retinol bertujuan untuk menstimulasi produksi sel kulit baru, dan karena regenerasi sel kebanyakan terjadi pada malam hari, maka waktu terbaik menggunakan retinol adalah pada malam hari, demikian menurut laman Shape.

Selain itu, sinar matahari menyebabkan kulit menghasilkan lebih banyak melanin atau pigmen gelap pada kulit, itulah sebabnya sinar matahari melawan hasil beberapa produk skincare. Oleh sebab itu, tak mengherankan jika produk dengan bahan-bahan tertentu hanya bisa digunakan pada malam hari.

Ternyata penggunaan skincare malam memiliki fungsi yang sangat penting bukan? Jadi, untuk kamu yang selama ini masih malas-malasan menggunakan skincare di malam hari, yuk segera rutinkan dan rasakan manfaat yang optimal untuk kulit.

Baca Juga: Wajib Kamu Punya, 5 Produk Skincare Murah dan Serbaguna

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya