Comscore Tracker

5 Kandungan Skincare yang Aman Dipakai Secara Bersamaan, Hafalin!

#IDNTimesLife Gabungkan agar mendapat hasil yang maksimal

Sebagian besar kaum hawa tentunya ingin memiliki kulit sehat dan bersinar. Tak jarang, perawatan kulit dengan berbagai kandungan, digunakan secara bersamaan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Namun, saat menggabungkan skincare tersebut, sebaiknya kamu memahami terlebih dahulu kandungan apa saja yang boleh dicampurkan dan yang tidak. Jika salah menggabungkannya, kulit menjadi iritasi.

Sebaliknya, jika gabungan kandungannya tepat, maka akan mendapat hasil yang maksimal. Oleh karena itu, yuk simak apa saja kandungan skincare yang aman dipakai secara bersamaan!

1. Retinol dengan niacinamide

5 Kandungan Skincare yang Aman Dipakai Secara Bersamaan, Hafalin!instagram.com/cosrx

Retinol adalah salah satu kandungan dalam skincare yang memiliki fungsi utama sebagai anti aging. Kandungan ini dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit, meredakan jerawat, dan mencegah penuaan pada kulit. 

Retinol sangat baik dipakai secara bersamaan dengan kandungan niacinamide. Seperti yang kita tahu, niacinamide memiliki fungsi utama untuk mencerahkan kulit dan memperbaiki skin barrier.

Jadi, saat kandungan retinol dan niacinamide dipakai secara bersamaan, keduanya dapat membantu melembapkan kulit, memudarkan flek hitam, meningkatkan elastisitas wajah, dan memperkuat skin barrier agar kulit wajahmu tampak sehat dan bersinar. 

2. Vitamin C dengan vitamin E

5 Kandungan Skincare yang Aman Dipakai Secara Bersamaan, Hafalin!instagram.com/paulaschoice

Selain niacinamide, kandungan Vitamin C pada skincare juga membantu mencerahkan kulit. Selain itu, Vitamin C sebagai antioksidan, mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV dan polusi yang dapat menimbulkan flek hitam.

Biasanya, Vitamin C akan digabungkan dengan Vitamin E. Vitamin E membantu meningkatkan produksi kolagen pada wajah dan mampu melindungi kulit dari radikal bebas. Saat keduanya dipakai bersamaan, kamu akan mendapatkan hasil maksimal.

3. AHA/BHA dengan ceramides dan hyaluronic acid

5 Kandungan Skincare yang Aman Dipakai Secara Bersamaan, Hafalin!instagram.com/avoskinbeauty

AHA/BHA adalah kandungan asam yang baik untuk eksfoliasi kulit. Tetapi biasanya, jenis kandungan ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering hingga iritasi.

Maka dari itu, penggunaan skincare yang memiliki kandungan AHA/BHA sebaiknya digabungkan dengan skincare yang memiliki kandungan melembapkan seperti, ceramides, petrolatum, hyaluronic acid, dan glycerine.

Baca Juga: 5 Jenis Kandungan Skincare yang Dapat Memicu Munculnya Fungal Acne

4. Niacinamide dengan alpha arbutin

5 Kandungan Skincare yang Aman Dipakai Secara Bersamaan, Hafalin!instagram.com/deciem

Kandungan niacinamide dan alpha arbutin adalah kandungan yang berfokus untuk mencerahkan wajah. Jadi, saat kedua kandungan itu dipakai secara bersamaan atau dalam bentuk layering, akan mempercepat hilangnya bekas jerawat dan noda hitam.

5. Salicylic acid dengan niacinamide

5 Kandungan Skincare yang Aman Dipakai Secara Bersamaan, Hafalin!instagram.com/revolutionskincare

Kandungan salicylic acid sangat baik untuk meredakan jerawat yang sedang meradang, redness, hingga mengontrol produksi sebum yang berlebih. Agar maksimal, kandungan ini dapat dipakai bersamaan dengan niacinamide.

Seperti yang kita tahu, niacinamide memiliki fokus untuk mencerahkan dan melembapkan wajah. Jadi, penggunaan skincare dengan kandungan salicylic acid sangat direkomendasikan untuk dipakai secara bersamaan dengan kandungan niacinamide.

Nah, itu tadi adalah penjelasan mengenai kandungan dalam skincare apa saja yang aman saat dipakai secara bersamaan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 7 Jenis Kandungan Acid dalam Skincare dan Manfaatnya, Jangan Keliru!

Topic:

  • Fahira Rahma
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya