Comscore Tracker

Tips Merawat Rambut Panjang Supaya Tetap Tebal dan Sehat

Kamu bisa melakukan perawatan di rumah, lho

Memiliki rambut panjang yang tebal dan sehat adalah dambaan bagi setiap wanita. Namun, semakin panjang rambut semakin ekstra pula perawatan yang dibutuhkan karena volume rambut yang cenderung lebih besar.Terlebih jika melakukan perawatan sendiri di rumah, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan agar tidak membuat rambut semakin rusak karena cara perawatan yang salah.

Berikut ini adalah beberapa tips merawat rambut panjang yang membuat rambut lebih tebal dan sehat. Apa saja? Yuk, disimak.

1. Pakai conditioner rutin setelah keramas dengan cara mengoleskan merata pada rambut

Tips Merawat Rambut Panjang Supaya Tetap Tebal dan Sehatjeansandateacup.com

Kondisioner memiliki manfaat untuk menutrisi rambut dari luar agar tidak terjadi kerusakan saat mengeringkan dengan handuk. Selain itu, kondisioner punya formula untuk melembapkan saat rambut masih dalam kondisi basah. Perhatikan pemakaian kondisioner yang benar ya, kamu bisa mengoleskannya secara merata dari ujung rambut dan hindari sampai akar rambut. 

Bagusnya kamu tidak perlu khawatir untuk menyesuaikan dengan jenis rambut, karena kondisioner cocok untuk berbagai jenis rambut seperti kering sampai berminyak. 

2. Meski sepele, menyisir rambut itu penting agar rambut tidak mudah kusut

Tips Merawat Rambut Panjang Supaya Tetap Tebal dan Sehathollywoodreporter.com

Menyisir rambut jadi sepenting itu untuk membantu memproduksi minyak alami yang akan membantu melindungi dari kerusakan dan menambah kilau rambut. Inilah alasan kenapa menyisir rambut bisa mempengaruhi ketebalan rambut. Menyisir tiap hari akan membantu menyeleksi rambut mati secara alami agar tidak menumpuk pada rambut. Menyisir juga akan membantu mengeksfoliasi kulit kepala. 

3. Potong ujung rambut yang mulai bercabang atau rusak

Tips Merawat Rambut Panjang Supaya Tetap Tebal dan Sehatthelist.com

Saat kamu ingin menumbuhkan rambut, perhatikan ujung rambut yang mulai rusak atau bercabang. Potong bagian yang rusak tersebut beberapa sentimeter saja. Dengan memotong ujung rambut, ini akan mempermudah rambut tumbuh lebih panjang. Selain itu, memotong ujung rambut akan menyehatkan mahkota kepala sebab bagian yang rusak akan hilang.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Berhijab dalam Merawat Rambut

4. Pakai bahan alami untuk merawat rambut

Tips Merawat Rambut Panjang Supaya Tetap Tebal dan Sehatnaturigin.com

Untuk menutrisi, gunakan masker rambut dari bahan alami seperti bawang, gooseberry, shikakai, cuka sari apel, atau santan untuk membantu kesehatan rambut dari luar. Bahan alami ini akan membantu menyehatkan rambut. Kamu dapat memakainya sebagai masker, atau kamu dapat merebus salah satu bahan tersebut dan menambahkan pada shampoo yang kamu gunakan sehari-hari. 

5. Pastikan kamu makan dengan benar

Tips Merawat Rambut Panjang Supaya Tetap Tebal dan Sehatheartfoundation.org.au

Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak protein berkualitas dan lemak baik seperti minyak zaitun, alpukat, dan omega 3. Beberapa makanan bergizi yang dapat kamu makan antara lain salmon, alpukat, kacang, sayuran, dan buah sebagai nutrisi untuk menumbuhkan rambut yang tebal dan sehat. 

6. Jaga kebersihan sarung dan bantal

Tips Merawat Rambut Panjang Supaya Tetap Tebal dan Sehatcalmmoment.com

Untuk menjamin kebersihan dan kenyamanan rambut panjang kamu, pastikan sarung bantal dan guling dalam keadaan bersih. Kenakan kain dari bahan sutra atau satin yang lembut sehingga tidak menyebabkan gesekan yang berlebihan pada rambut saat tidur. Langkah ini cukup penting agar rambut tidak mudah rontok.

Itulah tadi beberapa tips merawat rambut panjang kamu di rumah supaya rambut tetap tebal dan sehat.

Baca Juga: 10 Cara Merawat Rambut Kering Tanpa Perlu ke Salon

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Elfida
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya