Comscore Tracker

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Berhijab dalam Merawat Rambut

Meski berhijab, rambut tetap harus dirawat ya girls

Berhijab adalah cara wanita muslimah untuk menutup aurat. Anjuran untuk menutup aurat sendiri sudah jelas tertera di dalam Al Quran. Namun, kali ini kita gak membahas soal aturan tersebut lho. Justru perawatan untuk rambut berhijab lah yang menjadi fokus utama disini.

Meski gak semua, namun kebanyakan wanita berhijab mengesampingkan pentingnya perawatan untuk rambut mereka. Padahal, rambut dan kulit kepala yang tertutupi seharian tentunya harus dirawat juga. Apalagi, ketombe dan rambut rontok sangat rentan menyerang para wanita berhijab nih.

Hayo, siapa di sini yang rambutnya suka bermasalah? Jangan-jangan perawatannya sering salah. Sebenarnya kesalahan seperti apa sih yang sering dilakukan wanita berhijab dalam memperlakukan rambutnya? 

1. Langsung mengenakan jilbab meski rambut masih basah sehabis keramas

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Berhijab dalam Merawat Rambutunsplash/Ifrah Akhter

Kebanyakan wanita berhijab merasa malas untuk mengeringkan rambutnya terlebih dahulu sebelum mengenakan hijabnya. Entah karena alasan sudah kesiangan, gak sempat, atau memang malas aja. Waduh, padahal hal ini nih yang paling memberi efek buruk pada rambut dan kulit kepala. 

Rambut yang masih basah dan langsung ditutupi hijab bisa menyebabkan kerontokan dan ketombe. Selain itu, rambutmu juga akan jadi bercabang jika terus melakukan kebiasaan buruk ini. 

2. Menggunakan jilbab dengan bahan yang tidak menyerap keringat dan tidak memberi jalan udara bagi kulit kepala

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Berhijab dalam Merawat Rambutunsplash/Ifrah Akhter

Siapa sih yang gak pengin tampil cantik dengan hijab yang menawan? Hal ini sah-sah aja karena sudah merupakan naluri wanita pada umumnya. Namun, sangat disayangkan nih, jika kita kurang peduli pada bahan yang kita gunakan sebagai hijab.

Beberapa hijab memang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat, atau kesalahan lain yang mungkin kita lakukan adalah cara menggunakan hijab yang terlalu ketat sehingga tidak ada jalan udara.

Baca Juga: 8 Gaya OOTD Hijab Kekinian dengan Kaus Stripes, Kece dan Fashionable!

3. Sering mengabaikan perawatan rambut karena merasa tidak perlu

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Berhijab dalam Merawat Rambutunsplash/Deddy Yoga Pratama

Karena berhijab, banyak wanita yang cukup cuek dengan yang namanya perawatan rambut. Jangankan ke salon, keramas di rumah aja jarang dilakukan. Waduh, jangan sampai kamu termasuk yang suka seperti ini ya. 

Berhijab justru seharusnya membuat kita lebih peduli pada kesehatan rambut. Terlebih, karena rambut kita selalu tertutup setiap saat. Merawat rambut juga merupakan bentuk syukur kita, lho.

4. Tidak memberi kesempatan kepada rambut dan kulit kepala untuk bernapas ketika berada di rumah

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Berhijab dalam Merawat Rambutunsplash/febri sym

Jangan sampai, ketika berada di rumah, kita tetap cuek dengan rambut dan kesehatan kulit kepala kita. Seharusnya, kita memberi kesempatan bagi rambut kita untuk bernafas. Biarkan rambut kita tergerai setidaknya saat berada di rumah dan tidak mengenakan hijab. 

Hal ini untuk menghindari masalah pada rambut dan kulit kepala. Pengin kan punya kulit kepala yang sehat?

5. Mengikat rambut terlalu kencang

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Berhijab dalam Merawat Rambutunsplash/Tamara Bellis

Saat berhijab, kebanyakan wanita memang memilih untuk mengikat rambut mereka. Hal ini bagus tapi juga bisa menjadi suatu kesalahan jika kita mengikat rambut dengan terlalu kencang. Kulit kepala kita bisa tertarik dan sakit lho kalau begini. 

Bahan ikat rambut yang digunakan juga harus dipilih dengan baik. Lebih baik gunakan bahan kain yang ketimbang karet yang bisa menarik rambut-rambut kita saat dilepas.

Berhijab memang merupakan kewajiban. Tapi, jika kulit kepalamu mulai bermasalah karena berhijab, sebenarnya bukan hijabnya yang salah, tapi itu karena kamu tidak merawat rambutmu dengan benar. Siapa yang masih sering memiliki masalah rambut nih?

Baca Juga: 10 Tips Variasikan Gaya Hijab ala Selebgram Manis Bella Almira

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya