Comscore Tracker

6 Salah Kaprah Pakai Blush On yang Sering Gak Disadari

Kamu masih begini?

Perona pipi atau blush on kerap dipakai untuk memberikan kesan fresh pada wajah. Semakin ke sini, warnanya lebih bervariasi dengan formula yang juga makin beragam. Penggunaan blush on yang tepat sasaran memang bikin muka tampak awet muda, hasil akhir makeup juga terlihat lebih memesona dengan bantuan beauty tool satu ini. Tapi beberapa diantara kita kadang masih mengaplikasikan blush on dengan cara yang salah.

Seperti contohnya beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat memakai perona pipi berikut ini. Apa saja? 

1. Warna blush on yang kurang sesuai warna kulit asli

6 Salah Kaprah Pakai Blush On yang Sering Gak DisadariUnsplash/rawpixel

Pemakaian blush on dengan warna yang jauh berbeda dengan kulit asli justru bikin makeup keseluruhan jadi gak alami. Padahal, penggunaan blush on sendiri difungsikan untuk memberikan kesan natural pada makeup. Untuk itu, usahakan kamu pilih warna blush on yang paling mendekati warna kulit asli.

Jika kulit kamu punya tone yang cerah atau terang, pakai blush on warna peach atau pink. Nah kalau kulit aslimu berwarna kecokelatan, kamu bisa pakai blush on warna coral atau plum. Sedangkan jika kulitmu cenderung gelap, blush on warna orange atau fuchsia akan membantumu.

2. Kurang tepat memilih formula

6 Salah Kaprah Pakai Blush On yang Sering Gak DisadariUnsplash/Joanna Kosinska

Beberapa jenis formula blush on yang sering ditemui adalah berupa krim, powder, gel, dan stain. Pemakaian formula blush on yang tidak sesuai dengan jenis kulit bakal membuat warnanya mudah luntur.

Blush dengan formula krim sebaiknya digunakan untuk jenis kulit kering, sedangkan blush jenis powder dipakai untuk jenis kulit berminyak. Penggunaan blush yang sesuai dapat membuat hasilnya lebih tahan lama. 

3. Kurang merata dalam membalurkan

6 Salah Kaprah Pakai Blush On yang Sering Gak Disadarijournal.sociolla.com

Membalurkan blush on juga tidak bisa sembarangan, pastikan kamu menyapukannya dari puncak tulang pipi yang mengarah ke telinga dengan jalur sepanjang tulang pipi. Kemudian, sapukan bedak tabur di bagian atas untuk meratakan dan mengunci warna blush on.

Sering gak disadari, kesalahan menggunakan blush on ini bikin riasannya tampak kurang rapi dan tidak menyatu dengan kulit. Pastikan cahaya saat kamu memakai makeup itu cukup agar hasil akhir lebih merata. 

Baca Juga: 5 Kesalahan Pakai Skincare yang Justru Merusak Kulit Wajah

4. Terlalu tebal saat menyapukan

6 Salah Kaprah Pakai Blush On yang Sering Gak Disadariyoutube.com

Seperti kata pepatah, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Begitu juga ketika kamu mengaplikasikan blush on, hindari untuk memberi layer berlebih karena akan menunjukkan warna yang tebal. Ini justru salah satu yang bikin blush on tampak kurang alami.

Gunakan brush untuk blush on yang berbentuk powder dengan perlahan. Sedangkan untuk blush on bentuk krim, kamu bisa memakainya dengan jari saja.

5. Membalurkan blush on terlalu dekat dengan hidung

6 Salah Kaprah Pakai Blush On yang Sering Gak Disadariyoutube.com

Salah satu kesulitan yang kerap ditemui oleh kamu yang pemula memakai blush on adalah menentukan area pipi yang pas. Tapi tenang dulu, kamu cukup sapukan pada tulang pipi saja dengan perlahan, jangan terlalu tinggi atau pun rendah. Untuk memberi kesan fresh, usahakan blush on yang kamu sapukan berada pada daerah yang benar dan hindari pula memakainya yang  terlalu dekat dengan hidung.

6. Penggunaan blush on ber-shimmer yang tidak sesuai proporsi

6 Salah Kaprah Pakai Blush On yang Sering Gak DisadariUnsplash/Matheus Ferrero

Supaya hasil makeup kamu tampak natural, hindari penggunaan double shimmer karena akan membuat riasan terlihat menor. Ini bisa terjadi jika blush on yang kamu pakai punya shimmer, sedangkan pada waktu bersamaan kamu juga mengaplikasikan eyeshadow atau highlighter yang punya formula buat bikin kulit lebih glowing. Memang sih, shimmer bakal membuat riasan tampak sempurna, tapi kalau berlebihan jadinya justru tidak elok dipandang. 

Jadi, itulah tadi beberapa kesalahan yang bisa kamu hindari dalam memakai blush on

Baca Juga: 8 Urutan Pakai Makeup yang Sering Dilanggar, Sudah Tahu?

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima

Just For You