Comscore Tracker

Gak Perlu Panik! Ini 6 Tips Melahirkan dengan Tenang dan Nyaman

Calon mama merapat yuk~

Para calon ibu pasti mendambakan proses persalinan yang tenang, nyaman dan menyenangkan. Tanpa ada teriakan, suntikan obat sana sini, bahkan banyak yang berujung melahirkan dengan cara operasi Caesar. Bukan berarti jalan operasi salah dan tidak sempurna bagi para ibu. Namun terkadang masih banyak para calon ibu yang menginginkan persalinan yang tenang dan nyaman tapi malas untuk memberdayakan diri. Ada 6 tips agar bisa melahirkan dengan tenang dan nyaman:

1. Afirmasi positif

Gak Perlu Panik! Ini 6 Tips Melahirkan dengan Tenang dan NyamanPexel/freestocks.org

Semua orang mampu mengendalikan alam bawah sadarnya dengan selalu mengafirmasi positif dirinya juga janin didalam kandungannya. Kebiasaan mengucapkan dan memikirkan hal-hal yang positif dapat merubah mindset kita tentang persalinan. Yang sering kita dengar persalinan itu menyakitkan, kita rubah dengan selalu afirmasi positif ke diri juga janin bahwa persalinan adalah proses perjumpaan antara ibu dan anak yang harus dirayakan dengan sukacita dan penuh cinta. Ini contoh-contoh afirmasi positif saat sedang hamil dan menuju waktu persalinan:

  • aku, janinku, suamiku, sehat lahir dan batin
  • persalinanku selamat, sehat, alami, aman, nyaman dan menyenangkan
  • bayiku lahir dengan mudah
  • asi ku cukup dan lancar
  • setiap gelombang cinta datang aku tersenyum dan bahagia karena sebentar lagi berjumpa dengan buah hatiku
  • aku bahagia terlahir kembali menjadi ibu
  • dan contoh lainnya

Afirmasi baiknya dilakukan setiap hari sehingga tertanam dalam pikiran bahwa melahirkan itu menyenangkan. Pilih waktu yang paling nyaman, bisa di waktu malam sebelum tidur, atau setiap selesai ibadah sholat karena afirmasi positif itu bisa menjadi doa.

2. Latihan pernapasan

Gak Perlu Panik! Ini 6 Tips Melahirkan dengan Tenang dan NyamanPexel / Brust

Kunci ketenangan saat melahirkan salah satunya disaat kita bisa mengatur napas. Untuk bisa mengatur napas ini, diperlukan latihan yang rutin dan berulang. Karenanya banyak yang bisa melahirkan tanpa mengejan cukup atur napas bayi keluar dengan selamat.

3. Rutin pakai birthing ball

Gak Perlu Panik! Ini 6 Tips Melahirkan dengan Tenang dan NyamanPexel / Jessica Monte

Berolahraga dengan birthingball ini sangat bermanfaat bagi para ibu sebelum melahirkan maupun sesudah melahirkan. Memainkannya pun tidak sembarang, banyak tata cara menggunakannya di YouTube. Beberapa manfaat bermain birthing ball di antaranya adalah:

  • melenturkan prenieum sehingga mengurangi resiko robekan
  • mengurangi sakit pinggang saat beban di perut semakin besar
  • memposisikan janin pada yang optimal
  • membuat janin semakin menekan jalan keluar
  • dan manfaat lainnya

Baca Juga: Fakta Kehamilan Ektopik yang Membuat Calon Bayi Tumbuh di Luar Rahim

4. Yoga

Gak Perlu Panik! Ini 6 Tips Melahirkan dengan Tenang dan NyamanPexel / freestocks.org

Yoga adalah salah satu olahraga yang sangat dianjurkan disaat hamil. Karena olahraga ini termasuk ringan yang bisa di lakukan semua orang. Sudah banyak klinik atau rumah sakit yang mengadakan pelatihan yoga untuk para ibu hamil. Dan banyak pula praktisi yoga yang memberi petunjuk untuk melakukan yoga hamil. Selain melenturkan tubuh, yoga juga bisa melatih pernapasan. Jika ingin berlatih yoga di rumah pun bisa, sudah banyak di YouTube gerakan-gerakan yoga yang mudah di lakukan. Jadi ga ada lagi alasan malas berolahraga, karena kita masih bisa yoga dirumah dan kapan saja.

5. Membaca buku dan artikel-artikel mengenai kehamilan dan melahirkan

Gak Perlu Panik! Ini 6 Tips Melahirkan dengan Tenang dan NyamanPexel / Pixabay

Menjadi ibu dan calon ibu kita butuh banyak informasi yang up to date. Supaya tidak pasrah yang nurut saja apa 'katanya' . Banyak membaca sumber ilmu baik dari buku maupun artikel-artikel. Membuat kita menjadi lebih tahu dan siap untuk melahirkan dengan alami, aman, tenang dan menyenangkan.

6. Jalan kaki

Gak Perlu Panik! Ini 6 Tips Melahirkan dengan Tenang dan NyamanPexel / Daniel Reche

Berjalan kaki sangat penting untuk ibu hamil trimester 3 yang sedang persiapan mau melahirkan. Lakukan jalan kaki cukup 2 jam sehari. Dengan rutin berjalan kaki, akan banyak manfaat yang dirasa. Diantaranya yaitu:

  • membuka pinggul semakin lebar untuk memudahkan persalinan nanti
  • mengolah ritme pernapasan
  • menguatkan otot-otot supaya nanti ketika melahirkan otot-otot kita kuat
  • membuang kejenuhan ibu hamil besar karena bisa berkeliling mencari udara segar

Untuk mendapatkan persalinan yang minim trauma selain doa perlu juga diiringi dengan memberdayakan diri, sudah sampai mana persiapan kita untuk menyambut sang buah hati?

Baca Juga: 10 Tanda-Tanda Kehamilan yang Wajib Diketahui, Hamil atau Tidak ya?

Fitma Noor Fattonah Photo Writer Fitma Noor Fattonah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya