Comscore Tracker

14 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama yang Raih Penghargaan Pritzker

karya-nya ada di berbagai dunia loh

Zaha Hadid yang bernama lengkap Dame Zaha Mohammad Hadid (31 Oktober 1950 – 31 Marer 2016) adalah seorang arsitek Britania kelahiran Irak. Ia adalah wanita pertama dan Muslim pertama yang meraih Penghargaan Arsitektur Pritzker (penghargaan bergengsi tahunan yang diberikan kepada arsitek yang masih hidup, dan telah memberikan kontribusi bagi kemanusiaan dan lingkungan binaan melalui seni arsitektur) pada tahun 2004. Ia meraih Penghargaan Stirling pada tahun 2010 dan 2011.

Berikut adalah 14 karya arsitekturnya :

1. Heydar Aliyev Centre, Baku Azerbaijan.

14 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama yang Raih Penghargaan Pritzkerdestinasian.co.id

Negara pecahan dari Uni Soviet ini mengadakan kompetisi pada tahun 2007 untuk menemukan arsitek yang pas mendesain bangunan kebudayaan paling penting di kotanya. Zaha Hadid menjadi salah satu peserta yang akhirnya memenangkan kompetisi tersebut.

Bangunan yang memiliki desain struktur fleksibel ini melambangkan optimisme dan harapan agar Negara Azerbaijan akan meninggalkan gaya pemerintahan komunisme yang kaku di masa lampau.

Bangunan ini memiliki sebuah auditorium untuk pentas, sebuah ruangan galeri dan sebuah museum. Hingga kini Heydar Aliyev Center menjadi pusat budaya dan pendidikan yang bermanfaat bagi kota dan penghuninya.

2. Library and Learning Center, University of Economics Vienna, Austria

14 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama yang Raih Penghargaan Pritzkeraasarchitecture.com

Bangunan yang menjadi milik universitas ekonomi ini memiliki banyak elemen unik yang saling melengkapi satu dan yang lainnya. Meski begitu, hal utama dari bangunan ini adalah struktur kantilever yang terlihat melintang di sepanjang lansekap sekolah.

3. Dongdaemun Design Plaza (DDP) Seoul, South Korea

14 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama yang Raih Penghargaan Pritzkerheydayswithhanna.com

Berlokasi di pusat kebudayaan kota Seoul, proyek ini menampilkan lengkungan indah yang menjadi ciri khas setiap proyek Hadid. Ketika mendesain DDP, Hadid berupaya menciptakan struktur yang mencerminkan nilai modern dan futuristik.

Bangunan ini menjadi landmark penting di Seoul dan menambah jumlah bangunan kota sebagai pusat fesyen terkemuka.

Proyek yang terdiri dari aula konvensi, area pameran, ruko dan taman indah di bagian atap, proyek ini menjadi objek wisata penting para turis ketika berkunjung ke Korea Selatan.

4. Vitra Fire Station, Jerman

14 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama yang Raih Penghargaan Pritzkerarchitectural-review.com

Pada tahun 1981, peristiwa kebakaran melumpuhkan Kampus Desain Vitra. Sekitar satu dekade kemudian, Hadid ditugaskan untuk peran penting untuk memastikan bahwa hal ini tidak pernah terjadi lagi. Stasiun Api Vitra pun dibangun. Selesai pada tahun 1993, proyek ini disebut-sebut jadi penanda kebesaran namanya di dunia arsitek.

Ada bidang dekonstruktivisme yang menjulang tinggi dan saling keterkaitan ruang, kekosongan dan garis. Zaha Hadid telah menciptakan apa yang akan dianggap sebagai struktur penting dalam karier seorang arsitek hebat.

5. Galaxy Soho Beijing, China

14 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama yang Raih Penghargaan Pritzkerhuftonandcrow.com

Kompleks mixed used ini terdiri dari gedung perkantoran, ruko dan pusat hiburan di Beijing. Hadid mendesain bangunan ini dengan empat hal yang saling berkaitan. Masing-masing diantaranya dilengkapi dengan halaman internal yang menjadi ciri khas bangunan tradisional Tiongkok.

6. Maxxi Museo Roma, Italy

14 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama yang Raih Penghargaan Pritzkere-architect.co.uk

Proses konstruksi bangunan Maxxi Museo menghabiskan waktu lebih dari 10 tahun. Kombinasi dari bentuk melengkung dan lonjong yang unik ini terdiri dari dua bangunan: sebuah museum seni kontemporer dan sebuah museum arsitektur.

Selain itu ada juga beberapa ruangan lain yang diperuntukkan untuk auditorium, perpustakaan, toko buku, kafe, restoran, dan area umum. Hadid mendeskripsikan proyek ini sebagai “kampus seni” dan bukan hanya sekadar container sederhana.

7. London Aquatics Centre, London, England

14 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama yang Raih Penghargaan Pritzkerdomusweb.it

Sebagai salah satu fasilitas utama untuk Olympics tahun 2012, the London Aquatics Centre memfasilitasi beragam cabang olahraga air seperti renang, diving dan renang bersama untuk kompetisi internasional.

Konsep bangunan ini terinspirasi dari air yang bergerak, memanfaatkan lebih dari 600 kaca jendela untuk memaksimalkan cahaya alam masuk kedalam bangunan.

8. Guangzhou Opera House, Guangzhou China

14 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama yang Raih Penghargaan Pritzkernytimes.com

Selama beberapa dekade, gedung pertunjukan opera merupakan representasi besar dari gaya arsitektur kontemporer. Dari Paris ke Sydney masing-masing mewujudkan unsur-unsur unik seusia mereka; Opera House Guangzhou tidak terkecuali. Seperti sisi besar batu kristal, gedung opera naik dari jalanan kota. Kaca dan baja sudut tajam, tajam dan beton menyembunyikan interiornya yang berombak. Seperti sayap sayap yang keras dari seekor kumbang menyembunyikan tubuh yang lembut, sehingga bagian luarnya menutupi bagian dalam yang lembut. Cahaya yang berkilauan dari langit-langit dan desain akustiknya, menjadikan situs ini sempurna untuk tujuannya sebagai pusat opera.

9. Bergisel Ski Jump Tower, Innsbruck, Austria

14 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama yang Raih Penghargaan Pritzkerhyperallergic.com

Bangunan ini merupakan kombinasi dari bangunan raksasa dan sebuah jembatan. Berdiri setinggi 164 kaki, proyek ini dilengkapi dengan fasilitas olahraga, sebuah kafe dan dek balkon.

Dua elevator yang tersedia bisa mengantarkan pengunjung untuk menuju kafe yang ada di puncak bangunan. Anda dapat menonton para atlet yang sedang berlatih sembari menikmati pemandangan lanskap Alpine.

10. The Riverside Museum, Skotlandia

14 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama yang Raih Penghargaan Pritzkerarchdaily.com

Seperti namanya, museum ini berdiri di samping sungai di Glasgow. The Riverside, seperti ditulis theculturetrip.com, adalah salah satu bangunan Hadid yang paling indah. Atapnya yang zig-zag tampak menyatu dengan riak air di dekat Sungai Clyde. Kesan dinamis disentuhkan Hadid pada museum transportasi tersebut. Riak desain yang sama dapat ditemui di bagian internal maupun eksternal bangunan. Berkelok-kelok mengelilingi gedung. Pendekatan Hadid yang tidak biasa ini menjadikan Museum Riverside ikon baru Glasgow.

11. Ordrupgaard Extension, Kopenhagen

14 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama yang Raih Penghargaan Pritzkerinexhibit.com

Selain desain futuristik, karya Zaha Hadid selalu berbaur dengan kondisi sekelilingnya. Zaha Hadid adalah seorang arsitek yang mendengarkan lingkungannya. Dengan Riverside, dia meniru Sungai Clyde. Di Ordrupgard Extension, dia membaurkan undulasi pemandangan sekitarnya. Taman di sekitar juga tercermin dalam panel kaca semi transparan yang memberikan privasi dan koneksi ke alam. Ia tidak memudarkan proporsi bangunan asli yang sudah ada sejak 1918, namun melahirkan sebuah karya baru yang modern dan elegan.

12. Phaeno Science Centre, Wolfsburg

14 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama yang Raih Penghargaan Pritzkeren.wikipedia.org

Sebuah karya arsitektur yang menyerupai gunung es. Hanya sedikit orang yang bisa mengubah beton, baja dan kaca menjadi "karya arsitektur yang menghipnotis”. Zaha Hadid sukses dengan itu. Jendela glasial dan beton putih yang sejuk menawan, tapi di dalamnya, langit-langit kisi-kisi yang menjulang tinggi dan kolom beton besar memberi ruang itu perasaan monumental.

13. Pierresvives, Montpellier

14 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama yang Raih Penghargaan Pritzkermimoa.eu

Di karyanya ini, Hadid mempersatukan tiga identitas dalam satu karya. Bangunan ini menaungi  perpustakaan arsip, perpustakaan, dan tempat berolah raga. Kualitas beton dan geometris Pierresvives adalah aspek yang meyakinkan untuk arsip dan perpustakaan, namun bentuk-bentuk yang meluas dan memproyeksikan mewujudkan aspek olah raga.

14. Hungerburgbahn, Innsbruck, Austria

14 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama yang Raih Penghargaan Pritzkeraustria.info

Hungerburgbahn adalah rel kereta api yang elok. Masing-masing dari empat stasiun dirancang oleh Zaha Hadid. Stasiun Hungerburg pada umumnya tergambar megah dengan latar belakang gunung bersalju di Innsbruck. Bangunannya menyerupai setengah jamur dan setengah es berenamel.

Fitriani Sudrajat Photo Verified Writer Fitriani Sudrajat

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya