Comscore Tracker

Catat! Tips Merawat Kulit Selama di Rumah Aja Menurut Dermatologis

Jangan lupa tetap merawat kesehatan kulit selama di rumah

Merawat kesehatan kulit adalah salah satu hal yang penting. Dalam "Peluncuran Brand Sheet Mask Oh K!" yang dilakukan secara daring pada Selasa (20/10/2020), dr. Ricky Maharis, Sp. KK, Dermatologist, memberikan tips dan trik menjaga kesehatan kulit selama di rumah aja. Yuk, simak apa aja tipsnya!

1. Masalah kulit bisa datang dari faktor luar dan dalam dirimu

Catat! Tips Merawat Kulit Selama di Rumah Aja Menurut Dermatologisdr Ricky Maharis, Sp. KK. dalam Oh K! Virtual Launch

Masalah kulit yang dihadapi setiap orang beragam. "Kita harus bagi menjadi faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Intrinsik merupakan faktor yang dari dalam diri kita sendiri, yaitu seperti aging (penuaan) ataupun hormonal changes. Kalo ekstrinsik, itu seperti environment issues, UV rays radiation, skin products, dan juga lifestyle," terang dr. Ricky.

Faktor usia memang tidak bisa dihindari. Penuaan membuat kulit melambat dalam regenerasi sel. Sedangkan, perubahan hormon biasanya terjadi pada perempuan. Ini karena kulit perempuan terpengaruh perubahan hormon dalam siklus menstruasinya. 

2. Menjaga kulit dengan healthy lifestyle

Catat! Tips Merawat Kulit Selama di Rumah Aja Menurut DermatologisOh K! Virtual Launch

Gaya hidup sehat tentu akan memengaruhi kesehatan tubuh dan kulitmu. Saran dari dr. Ricky adalah mengonsumsi makanan yang bernutrisi, tidur yang cukup, berolahraga, dan melakukan tahapan skincare yang baik.

"Sebaiknya dihindari makanan berlemak, berminyak, dan yang banyak gulanya karena pada penelitian makanan yang banyak karbohidratnya, yang terlalu manis, bisa meningkatkan hormon yang akan mencetuskan jerawat," terangnya.

3. Perhatikan perubahan kondisi pada kulitmu

Catat! Tips Merawat Kulit Selama di Rumah Aja Menurut DermatologisOh K! Virtual Launch

Sekarang, kondisi kulit rentan mengalami perubahan. Ini karena kamu sering menggunakan masker dan alat pelindung lainnya.

"Penggunaan masker membuat (masker_red) tergesek-gesek pada wajah akan menyebabkan iritasi terhadap kulit," ujar pemilik Maharis Klinik tersebut. Iritasi kulit karena masker, bisa menyebabkan timbulnya jerawat yang disebut sebagai maskne (mask acne).

Ia juga memaparkan perubahan kondisi kulit lainnya, seperti excessive personal hygiene, yaitu kandungan produk skincare yang bikin kulit bruntusan. Ada pula dehydrated skin, yaitu kulit kering karena terlalu sering di tempat ber-AC selama Work from Home (WFH). Terakhir, ada dermatitis atau peradangan pada kulit yang menyebabkan gatal dan kusam. 

Baca Juga: 5 Produk Kecantikan Ini Bagus untuk Merawat Skin Barrier, Wajib Coba!

4. Menjaga kesehatan skin barrier kulit agar tidak terjadi peradangan

Catat! Tips Merawat Kulit Selama di Rumah Aja Menurut DermatologisOh K! Virtual Launch

Skin barrier adalah lapisan pelindung di atas kulit. "Kalau skin barrier kita gak bagus, virus; bakteri; jamur; ataupun alergen bisa masuk ke dalam kulit dan menyebabkan reaksi inflammatory yaitu menjadi dermatitis ataupun infeksi dan membuat kulit gatal," ujar dr. Ricky.

Saat menggaruk kulit, kamu membangunkan sel-sel radang yang akan bikin kulitmu semakin gatal dan iritasi. Wah, jangan dibiasakan menggaruk kulit ya teman-teman!

5. Melakukan skincare rutin agar kulit tetap sehat

Catat! Tips Merawat Kulit Selama di Rumah Aja Menurut DermatologisOh K! Virtual Launch

Melakukan perawatan kulit memang penting. Menurut dr. Ricky, ada beberapa tahap untuk melakukan skincare ini.

"Skincare routine for healthy skin, yang pasti harus well-cleanse membersihkannya. Lalu, menggunakan protections SPF dan active ingredients. Yang terakhir, moisture. Ini bisa menggunakan cream dan lotion atau menggunakan masker," sarannya. 

Ia juga menyarankan untuk menggunakan sheet mask untuk yang memiliki masalah acne-prone dan komedo. Sheet mask tetap bisa menjaga dan mengunci agar tak terjadi penguapan kelembaban dan nutrisi masker bisa masuk ke dalam kulit. Selain itu, kamu mudah untuk memakainya di rumah.

6. Kamu bisa menggunakan sembilan varian sheet mask dari Oh K!

Catat! Tips Merawat Kulit Selama di Rumah Aja Menurut DermatologisOh K! Virtual Launch

Mengusung inovasi dari Korean Beauty, Oh K! hadir di Indonesia dan menghadirkan sheet mask dengan sembilan varian yang bisa digunakan untuk merawat kulit dengan menyenangkan. Ini sesuai dengan temanya, #HappinessEveryday with Oh K!: Happy Skin Awaits.

Varian sheet mask dari Oh K! yang bisa kamu gunakan adalah Watermelon Sheet Mask, Acai Berry Sheet Mask, dan Avocado Sheet Mask untuk menghidrasi dan menghaluskan kulit.

Tak hanya untuk wajah, ada pula Peppermint Foot Mask untuk relaksasi kaki, Cucumber Sheet Mask untuk wajah yang lelah, Bubble Sheet Mask untuk mengeksfoliasi melalui busa, sampai After Sun Face and Neck Sheet Mask untuk mendinginkan kulit.

Belum cukup, masih ada varian Ginseng & Eucalyptus Under Eye Mask untuk mata lelah dan premium Chok Chok Holographic Sheet Mask dengan bahan foil untuk melembabkan dan mencerahkan kulit. Menarik, bukan?

Itu dia tips yang bisa kamu gunakan untuk merawat kulit selama di rumah aja. Kamu bisa menggunakan sheet mask yang mudah untuk merawat kulit mulai dari wajah hingga kaki.

Baca Juga: Tips Merawat Kulit ala Sandra Dewi, Biar Glowing meski di Rumah Aja!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya