Comscore Tracker

Ainun Ade Putri: Perempuan Hebat Tidak Harus Menunjukkan Dirinya

#AkuPerempuan Apa definisi perempuan hebat menurutnya?

Ainun Ade Putri merupakan salah satu mahasiswi dari Universitas Hasanuddin, Makassar. Belakangan ini, ia melakukan penelitian yang berdampak bagi masyarakat luas. Bersama kedua orang temannya, Miftahul dan Bulkis, ia berhasil menciptakan papan partikel penyerap polutan untuk mengatasi pencemaran udara.

Tak dinyana, karyanya menjadi salah satu penelitian terbaik dalam Tanoto Student Research Award (TSRA). Ditemui di The Energy Building (27/11), IDN Times berkesempatan untuk menanyakan proses yang dilaluinya. Selain itu, ia juga membagikan pendapatnya tentang arti perempuan hebat. Mau tahu seperti apa?

1. Selalu gagal masuk ke Fakultas Kedokteran, Ainun membuktikan bahwa masuk ke Fakultas Kehutanan juga bisa bermanfaat

Ainun Ade Putri: Perempuan Hebat Tidak Harus Menunjukkan DirinyaAinun Ade Putri, Peserta Tanoto Student Research Awards. 27 November 2019. IDN Times/Geralda Talitha

Saat ini, Ainun dan tim dosen yang membimbingnya sedang mengembangkan produk-produk komposit kayu. Kayu yang tadinya hanya menjadi barang tidak berguna, bisa memiliki manfaat sebagai bahan baku.

Kilas balik pada awal mula pendidikan di jenjang perkuliahan, Ainun memiliki ketertarikan pada dunia kesehatan. Terlebih, orangtuanya mendukung penuh jika dirinya mempelajari bidang kesehatan. Sempat mengikuti tes masuk Fakultas Kedokteran sebanyak tiga kali dan gagal, Ainun meyakinkan orangtuanya bahwa dengan bidang yang kini ditekuninya, Teknologi Hasil Hutan, juga bisa bermanfaat bagi orang lain.

"Dengan ilmu yang saya punya sekarang, gimana sih bisa memberikan kontribusi di bidang kesehatan kepada orang lain? Saya punya ide untuk dijadikan bahan penelitian. Akhirnya, saya mencoba mengungkapkan ide tersebut kepada dosen dan beliau siap mendampingi saya untuk melakukan riset ini," papar dia. 

Sempat dilanda kebingungan mengenai biaya untuk penelitiannya, Ainun beserta kedua temannya mencoba peruntungan dengan mengikuti TSRA (Tanoto Student Research Award). Hasilnya pun berbuah manis. Gadis asli Makassar ini, mendapatkan bantuan dari Tanoto Foundation unutk menutupi semua biaya yang diperlukan selama penelitian.

2. Keterbatasan alat menjadi kendala utama dalam proses penelitian yang dilakukan Ainun beserta kedua temannya

Ainun Ade Putri: Perempuan Hebat Tidak Harus Menunjukkan DirinyaAinun Ade Putri, Peserta Tanoto Student Research Awards. 27 November 2019. IDN Times/Geralda Talitha

Saat melakukan penelitian, Ainun dan rekan-rekannya tidak memiliki jalan yang mulus. Butuh waktu setahun agar penelitian ini berhasil dilakukan. Dengan keterbatasan dana dan kesulitan mendapatkan bahan baku, penelitian yang dilakukannya butuh waktu yang tidak sebentar.

Selain itu, Ainun juga mengatakan bahwa alat pengujian yang dibutuhkan untuk penelitian ini sangat sulit didapatkan. Akhirnya, ia mencoba untuk mengirimkan penelitiannya ke Pusat Forensik di Mabes Polri agar mendapatkan pinjaman alat.

3. Sempat memiliki keraguan terhadap penelitiannya, akhirnya orangtua Ainun mendukung penuh apa yang dilakukannya

Ainun Ade Putri: Perempuan Hebat Tidak Harus Menunjukkan DirinyaAinun Ade Putri, Peserta Tanoto Student Research Awards. 27 November 2019. IDN Times/Geralda Talitha

Penelitian yang dilakukan oleh mahasiswi ini, sempat diragukan oleh orangtuanya. Keduanya berharap agar anak sulungnya melakukan penelitian yang membahas hal-hal sederhana. Ini agar dirinya bisa cepat lulus dari bangku kuliah.

Karena keraguan dari orangtuanya itu, Ainun memberikan keyakinan bahwa kesempatan yang ia dapat tidak datang dua kali. Ia menggunakan laboratorium yang tidak dipungut biaya untuk menguji penelitian yang dilakukannya.

Sempat memiliki kekurangan dana, mahasiswa yang sudah mendapatkan gelar sarjana ini pun sempat rehat sejenak. Berawal dari wawancara yang dilakukan Ainun mengenai penelitian yang dilakukannya dan disiarkan di televisi, akhirnya orangtua luluh. Mereka mendukung penelitian yang dilakukan oleh putrinya dalam bentuk dana untuk penelitian.

Baca Juga: Dr. Swasmi: "Perempuan Hebat Itu Tidak Boleh Takut Maju"

4. Sempat merasa terdiskriminasi dengan penampilan dan penelitiannya, tapi Ainun tetap optimis untuk tetap maju

Ainun Ade Putri: Perempuan Hebat Tidak Harus Menunjukkan DirinyaAinun Ade Putri, Peserta Tanoto Student Research Awards. 27 November 2019. IDN Times/Geralda Talitha

Ainun juga sempat mendapatkan penilaian yang kurang baik tentang penelitiannya dari teman-temannya di kampus. Tapi, ia tetap percaya diri, sabar, serta yakin bahwa akan ada jalan yang bisa membuat proposal penelitiannya berhasil.

"Selama orangtua saya mendukung, saya gak pernah mendengar apa kata orang lain. Toh, kita yang menjalaninya dan gak boleh disalahin juga. Karena mereka gak melihat hal apa yang telah kita lewati," tutur dia.

Meski ia mendapatkan omongan yang tidak mengenakkan hati, ia menunjukkan bahwa ia menerima semua itu dengan lapang dada dan selalu tersenyum. Ainun juga pernah dinilai orang bahwa dirinya tidak cocok untuk masuk ke dalam dunia penelitian karena penampilannya.

Melalui penelitian yang dilakukannya, Ainun ingin membuktikan bahwa wanita juga bisa menjadi seorang peneliti yang bermanfaat bagi banyak orang. "Asal ada usaha dan kemauan pasti semua bisa dilakukan," paparnya.

5. Baginya, perempuan hebat itu tidak harus menunjukkan dirinya kepada semua orang dan harus bisa menerima diri sendiri

Ainun Ade Putri: Perempuan Hebat Tidak Harus Menunjukkan DirinyaAinun Ade Putri, Peserta Tanoto Student Research Awards. 27 November 2019. IDN Times/Geralda Talitha

"Perempuan harus memiliki kesabaran dan ketaatan karena kedua hal itu bisa membentuk diri kita menjadi pribadi yang kuat," ujarnya. Ainun memiliki pandangan bahwa perempuan tidak harus menunjukkan dirinya di depan banyak orang. Setiap perempuan memiliki takdir dan jalannya sendiri-sendiri dalam kehidupan yang dijalaninya.

Menurutnya juga, perempuan adalah sosok yang multifungsi. Perempuan tidak hanya semata-mata lulus pendidikan SMA atau sarjana. Ini karena ilmu yang dimiliki akan sangat berguna untuk anak-anaknya kelak. "Semakin kuat pendidikan dan keimanan perempuan bagi sebuah bangsa, pasti bangsanya itu sendiri akan semakin kuat," lanjut dia lagi.

Baginya, perempuan hebat adalah perempuan yang bisa menerima diri sendiri dari segala kekurangan yang dimilikinya.

6. Ia berpesan tiga hal ini kepada seluruh perempuan di Indonesia dalam menghadapi setiap tantangan yang ada

Ainun Ade Putri: Perempuan Hebat Tidak Harus Menunjukkan DirinyaAinun Ade Putri. Peserta Tanoto Student Research Award. 27 November 2019. IDN Times/Geralda Talitha

"Pertama, perempuan harus menerima dirinya sendiri. Lalu, yang paling penting adalah sabar serta taat kepada Tuhan. Karena kalau kita sudah taat kepada Tuhan, pasti kita akan taat kepada orang tua, dosen, dan yang lain," kata Ainun. Selain tiga hal tadi, Ainun menambahkan bahwa modal utama yang harus kita miliki adalah melatih diri dan selalu berusaha.

Baca Juga: Christina Aryani: "Perempuan Harus Berani Bermimpi"

Topic:

  • Geralda Talitha
  • Pinka Wima
  • Febriyanti Revitasari

Just For You