Comscore Tracker

5 Alasan Logis Pentingnya Membicarakan Rasa Insecure pada Pasangan

Supaya pasangan tak salah memahamimu

Kenyamanan dalam hubungan sangat penting dibangun dan alangkah baiknya dimulai dari diri sendiri. Salah satu perasaan yang dapat merugikan hubungan dan juga diri sendiri adalah perasaan insecure stau rasa tidak aman serta tak percaya diri, yang pada akhirnya bisa menimbulkan masalah jika tak segera diatasi.

Sebab, berikut harus kamu ketahui lima alasan kenapa pentingnya membicarakannya dengan pasangan tentang perasaan insecure-mu.

1. Menumbuhkan rasa percaya satu sama lain

5 Alasan Logis Pentingnya Membicarakan Rasa Insecure pada PasanganPexels/João Jesus


Tak jadi masalah bagi kamu jika ingin membagikan cerita dan perasaan yang mengganjal di hati, terutama soal rasa insecure. Bercerita pada pasangan bisa menimbulkan rasa percaya satu sama lain, karena kamu merasa pasangan bersedia jadi tempat yang mampu menerima segenap perasaan yang selama ini kamu pendam sendiri termasuk perasaan insecure.

2. Dapat memahami satu sama lain

5 Alasan Logis Pentingnya Membicarakan Rasa Insecure pada PasanganPexels.com/Andrea Piacquadio

Saat kamu mencoba mengutarakan apa yang selama ini kamu pendam termasuk soal insecure, maka pasangan secara otomatis akan berusaha memahami apa yang menjadi ketakutan atau ketidaknyamananmu terutama saat berada di dalam hubungan.

Dari cerita atau perasaan yang kamu sampaikan, pasangan akan mengerti bagaimana cara memperlakukanmu dengan baik, sesuai dengan harapanmu selama ini.

3. Mampu mendapatkan solusi terbaik

5 Alasan Logis Pentingnya Membicarakan Rasa Insecure pada PasanganPexels/Leah Kelley

Dengan menceritakan apa yang menjadi rasa tak aman atau percaya dirimu pada pasangan, maka kamu dan pasangan akan berusaha mencari solusi terbaik. Kamu dan pasangan berusaha untuk menuntaskan atau menyelesaikan apa yang jadi ketidaknyamananmu selama ini. Sehingga jalannya hubungan tetap baik dan harmonis.

Baca Juga: 5 Hal Ini Seharusnya Tak Perlu Dibanding-bandingkan, Bikin Insecure!

4. Lebih nyaman dalam mengekspresikan emosi dan perasaan

5 Alasan Logis Pentingnya Membicarakan Rasa Insecure pada PasanganPexels/Jonathan Borba

Saat kamu terbiasa mengungkapkan apa yang kamu rasakan, baik kecemasan, ketakutan hingga rasa tak percaya diri. Kamu tak lagi merasa ragu saat ingin bercerita pada pasangan, kamu akan lebih leluasa dalam menyampaikan emosi dan perasaanmu karena merasa telah aman dan juga percaya.

5. Saling menerima kekurangan masing-masing

5 Alasan Logis Pentingnya Membicarakan Rasa Insecure pada PasanganPexels/Gustavo Fring

Saat kamu memutuskan membicarakan perasaan insecure-mu pada pasangan, tak menutup kemungkinan pasanganmu akan mencoba jujur dan terbuka seperti dirimu. Dari sana kamu dan pasangan juga belajar menerima kekurangan satu sama lain dan berusaha menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Sampaikan apa yang kamu rasakan pada pasangan dengan tenang dan jelas, biarkan pasangan mendengarkan secara keseluruhan ketidaknyamananmu. Sehingga rasa insecure-mu dapat diatasi dengan baik dan tepat.

Baca Juga: Kenali 6 Penyebab Pacarmu Sering Insecure dengan Hubungan Kalian

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya