Comscore Tracker

5 Kebiasaan yang Mengakibatkan Wajah Kamu Terlihat Lebih Tua, Waspada!

Mau cantik ternyata perlu telaten lho girls!

Sebagai wanita yang selalu menjadi ikon kecantikan, merawat diri apalagi wajah memang sangatlah penting. Penggunaan skin care dianggap menjadi salah satu solusi untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit. Akan tetapi terkadang faktanya gak semudah itu girls!

Inilah 5 kebiasaan yang tidak kamu sadari bisa membuat wajah kamu terlihat tua lebih cepat.

1. Terlalu banyak menggunakan scrub

5 Kebiasaan yang Mengakibatkan Wajah Kamu Terlihat Lebih Tua, Waspada!beautyworld.net.vn

Facial scrub memiliki fungsi untuk membersihkan dan meng-eksfoliasi wajahmu. Akan tetapi apabila dilakukan terlalu sering, kulit akan jadi mudah kering dan memerah.

Cobalah untuk menyesuaikan pemakaian dengan tipe kulitmu. Untuk kombinasi kulit yang normal, cukup dengan pemakaian 3 kali seminggu. Untuk kulit berminyak, 5 kali seminggu, dan untuk kulit yang sensitif hanya 2 kali atau 1 kali seminggu.

2. Tidak memperhatikan sarung bantal dan bantal yang kamu kenakan setiap hari

5 Kebiasaan yang Mengakibatkan Wajah Kamu Terlihat Lebih Tua, Waspada!pexels.com

Ternyata bantal dan sarung bantalmu juga bisa menyebabkan terpicunya mekanika jerawat di wajahmu. Menurut Dr. David E. Bank, direktur dan penemu pusat Dermatologi kosmetik dan operasi laser, mekanika jerawat adalah tipe jerawat yang bisa mucul saat suatu benda menyentuh wajahmu.

Oleh karena itu rajin-rajinlah mengganti sarung bantalmu secara teratur tiap 2 dan 3 hari atau setidaknya seminggu sekali.

Baca Juga: Jangan Asal, Ikuti Tips Makeup Sesuai 5 Tipe Wajah Ini!

3. Setelah membersihkan wajah, hati-hati dengan penggunaan handuk

5 Kebiasaan yang Mengakibatkan Wajah Kamu Terlihat Lebih Tua, Waspada!journal.sociolla.com

Saat mengeringkan wajah dengan handuk, cobalah untuk menggosok wajahmu dengan kasar karena itu bisa membuat wajahmu mengalami kerusakan seperti iritasi, memunculkan jerawat buruk, dan memaksa bakteri masuk ke pori-pori kamu.

Bersihkanlah wajahmu dengan lembut menggunakan handuk. Lalu biarkan mengering dengan sendirinya. Hindari juga penggunaan handuk mandi. Cobalah pemakaian handuk katun organik khusus untuk wajahmu saja dan jangan lupa mengganti handuknya secara teratur.

4. Mangabaikan pemakaian clay mask

5 Kebiasaan yang Mengakibatkan Wajah Kamu Terlihat Lebih Tua, Waspada!journal.sociolla.com

Masker tanah liat atau yang disebut clay mask ternyata mengandung sifat  yang dapat mengurangi noda dan peradangan pada wajah, mengencangkan kulitmu, dan bisa men-detoksifikasi wajahmu.

Meski begitu, pemakaian masker tanah liat ini juga tidak bisa sembarangan lho girls. Ada tipe masker tanah liat sesuai dengan tipe-tipe wajahmu. Gunakan kaolin clay yang paling mild untuk tipe kulit yang normal.

Jika kamu memiliki wajah yang sensitif cobalah dengan tipe rose clay yang bisa membuat kulitmu terdehidrasi untuk menghilangkan kotoran dan minyak. Lalu untuk tipe wajah berminyak, akan lebih baik jika menggunakan french green clay yang bisa membuat kulitmu lebih halus dan sehat merata.

5. Mengonsumsi makanan yang bisa membuat kulitmu lebih sehat

5 Kebiasaan yang Mengakibatkan Wajah Kamu Terlihat Lebih Tua, Waspada!pexels.com

Mengonsumsi makanan yang sehat adalah cara yang paling aman untuk membuat wajah dan tubuhmu sehat ketimbang mengonsumsi obat atau suplemen. Seperti contohnya jenis-jenis sayuran yang mempunyai efek sangat mengutukan untuk wajahmu. Mulailah mencoba mengonsumsi makanan sehat agar membuat wajahmu lebih baik.

Jadi, itulah beberapa kebiasaan yang diam-diam bisa membuat kulit wajah terlihat lebih tua dari biasanya. Semoga informasi tersebut bermanfaat untukmu girls!

Baca Juga: Ternyata Ini lho 7 Pemicu Tumbuhnya Komedo Putih di Wajah, Sadar Gak?

Hanan imtinani Fathiyah Photo Community Writer Hanan imtinani Fathiyah

Read for lifes

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Indra Zakaria

Just For You