Comscore Tracker

Sebelum & Sesudah Berenang, Lakukan Hal Ini Supaya Rambutmu Gak Rusak

Biar rambut gak kering dan rusak nih

Berenang selalu menyenangkan, tapi tahukah kamu bahwa ia dapat membuat rambutmu rusak? Air kolam renang mengandung klorin dan zat kimia lainnya sehingga dapat membuat rambutmu menjadi kasar dan rapuh.

Klorin yang ada di air kolam dapat menyerap minyak alami dari rambut, sehingga membuatnya menjadi kasar, kering, rusak. Selain itu ia juga dapat mengubah warna alami pada rambutmu dan membuatnya menjadi bercabang lho! Oleh karena itu, bagi kalian yang suka dan sering berenang hendaknya melakukan perawatan rambut sebelum dan setelah berenang ini. 

Perawatan Rambut Sebelum Berenang

Perawatan yang dilakukan sebelum berenang berfungsi untuk melindungi rambutmu dari jahatnya efek klorin pada rambut. Perawatan ini harus kamu lakukan secara rutin sebelum berenang, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Perawatan tersebut antara lain:

1. Menggunakan minyak rambut sebelum berenang

Sebelum & Sesudah Berenang, Lakukan Hal Ini Supaya Rambutmu Gak Rusakstylepresso.com

Meminyaki rambut sebelum berenang adalah perawatan yang sempurna untuk rambut sebelum kamu menceburkan diri ke kolam renang. Dengan meminyaki rambut, maka akan terbentuk lapisan kedap air dan membentuk lapisan pelindung di kulit kepala. Ia juga akan mencegah klorin merusak kutikula sehingga rambutmu tetap memancarkan kilaunya.

2. Mandi dan basahi rambut sebelum berenang

Sebelum & Sesudah Berenang, Lakukan Hal Ini Supaya Rambutmu Gak Rusakabc7.com

Mandi dan membasahi rambut dengan air yang tidak mengandung klorin adalah hal yang tepat untuk dilakukan sebelum memasuki kolam renang. Karena memasuki kolam dengan rambut yang kering dapat membuatnya menyerap lebih banyak air yang mengandung klorin. Dan tentu saja ini tidak sehat bagi rambut, pastikan seluruh rambut telah basah sempurna sehingga saat kamu memasuki kolam renang rambutmu hanya akan menyerap sedikit klorin.

3. Gunakan kondisioner

Sebelum & Sesudah Berenang, Lakukan Hal Ini Supaya Rambutmu Gak Rusakrd.com

Dengan menggunakan kondisioner, ia akan menjaga rambutmu tetap lembab dan memelihara folikel rambutmu. Selain itu kondisioner juga memiliki fungsi yang sama dengan minyak rambut dalam hal membentuk lapisan penghalang agar klorin dan bahan kimia lainnya tidak bisa menyentuh rambutmu.

Baca Juga: 6 Tips Sederhana Jaga Kesehatan Rambut Buat yang Berjilbab

4. Gunakan pelindung kepala atau topi renang

Sebelum & Sesudah Berenang, Lakukan Hal Ini Supaya Rambutmu Gak Rusakheadcovers.com

Dengan menggunakan topi renang, rambutmu akan terlindungi seutuhnya dari bahaya klorin. Hal ini juga menguntungkan saat kamu berenang di luar ruangan, dengan menggunakan topi kamu juga akan terhindar dari kerusakan rambut akibat sinar matahari. Pastikan topi yang kamu gunakan tidak bocor, sehingga dapat memberikan perlindungan secara optimal pada rambut.

Perawatan Rambut Setelah Berenang

Setelah selesai berenang, rutinitas untuk menjaga rambutmu dari bahaya klorin akan kembali dilakukan. Karena saat kamu keluar dari kolam renang pasti akan ada sisa-sisa klorin yang menempel. Setelah berenang ada dua rutinitas yang tak boleh kamu lewatkan yaitu:

1. Keramas dan cuci bersih rambut serta seluruh tubuhmu

Sebelum & Sesudah Berenang, Lakukan Hal Ini Supaya Rambutmu Gak Rusakshowandtellonline.com.au

Kegiatan yang tak boleh kamu lewatkan saat selesai berenang adalah segera mandi dan lepaskan tubuhmu dari sisa-sisa klorin yang menempel. Pastikan kamu menggunakan shampoo saat mandi seusai berenang. Produk shampoo biasa akan sulit melepaskan sisa klorin dan kaporit dari rambutmu, oleh karena itu pilihlah shampoo khusus anti-klorin yang tentunya akan sangat mudah meluruhkan klorin dan bahan kimia lainnya dari rambutmu.

Penggunaan kondisioner tanpa bilas setelah keramas juga sangat disarankan. Karena kondisioner tersebut akan mampu menambah kelembapan rambut dan melawan kekeringan rambut.

2. Menyisir rambut menggunakan sisir yang bergigi renggang

Sebelum & Sesudah Berenang, Lakukan Hal Ini Supaya Rambutmu Gak Rusakvix.com

Menyisir rambut dengan sisir yang bergigi lebar atau renggang adalah cara terbaik merapikan rambutmu yang kusut dengan sedikit rasa sakit. Karena setelah berenang rambut akan sangat-sangat kusut dan sulit untuk dipisahkan. Sehingga jika kamu menggunakan sisir bergigi rapat ini akan menyakiti kulit kepalamu dan membuat banyak rambut menjadi patah dan rontok.

Nah itulah perawatan sebelum dan sesudah berenang yang dapat menghindarkan rambutmu dari kerusakan. Jangan malas untuk menerapkannya ya, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Baca Juga: Bikin Rusak, 5 Kesalahan Sepele Mengeringkan Rambut Pakai Hair Dryer!

iefa_pooh Photo Community Writer iefa_pooh

Everlasting Friend

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 09:15:06

Progress: 750.479 dari 813.350 TPS (92.27012%)

Just For You