Comscore Tracker

6 Tips Sederhana Jaga Kesehatan Rambut Buat yang Berjilbab

Biar rambutmu tetap paripurna!

Bagi cewek muslim, mengenakan jilbab hukumnya adalah wajib. Lantaran merupakan salah satu perintah agama, pastinya kamu yang berhijab akan berusaha sebaik mungkin untuk mempraktikkannya. Namun tahu gak sih bahwa meski berjilbab kamu tetap harus memperhatikan kondisi rambutmu?

Yup, rambut yang ditutup jilbab sehari-harinya justru butuh perhatian ekstra. Pasalnya, rambut yang tertutup ini sangat rentan mengalami berbagai masalah seperti ketombe, bercabang, kering, hingga rontok. Nah, supaya rambutmu bisa tetap sehat dan terjaga meski tertutup, berikut adalah cara-cara sederhana yang harus kamu terapkan!

1. Kenakan jilbabmu ketika rambut sudah kering atau tidak dalam kondisi basah

6 Tips Sederhana Jaga Kesehatan Rambut Buat yang Berjilbabgoltune.com

Bagi para cewek, satu hal yang wajib diingat adalah menggunakan jilbab ketika rambut sudah dalam kondisi kering. Apabila kamu selesai keramas, sebaiknya tunggulah agar rambut basahmu kering terlebih dahulu.

Pasalnya, rambut yang basah dan tertutup jilbab dapat menyebabkan rambut berbau tidak sedap. Setelahnya, rambut pun akan mudah berketombe. Pastinya kamu gak mau kan kalau rambutmu bau dan ketombean?

2. Kalau kamu biasa mengikat rambut di dalam jilbabmu, sebaiknya jangan terlalu kencang

6 Tips Sederhana Jaga Kesehatan Rambut Buat yang Berjilbabpixabay.com/_Alicja_

Selain kondisi rambut yang harus diperhatikan, caramu memperlakukan rambutmu juga harus benar. Kebanyakan cewek yang berjilbab dan berambut panjang akan mengikat rambutnya dengan kencang. Tujuannya tentu saja agar rambut gak berantakan atau terlihat keluar dari jilbab. Namun, kebiasaan yang satu ini akan membahayakan rambutmu lho!

Usahakan untuk tidak mengikat rambut terlalu kencang, karena rambut yang diikat terlalu kencang dapat mengakibatkan rambut mudah patah. Hal ini tentu gak baik bagi keindahan rambutmu karena lama kelamaan rambut akan menipis. Jadi, mulai sekarang ikatlah rambut dengan memberinya sedikit kelonggaran agar rambut dapat bernafas juga.

Baca Juga: Pas Buat Wisuda, Intip 10 Inspirasi Kebaya Modern dengan Hijab Ini!

3. Ketika sedang beraktivitas di dalam rumah, pastikan kamu mengistirahatkan rambutmu

6 Tips Sederhana Jaga Kesehatan Rambut Buat yang Berjilbabhealthandglow.com

Menggunakan jilbab seharian membuat rambut tidak bisa bernafas dan terkena udara. Oleh karena itu ketika sudah sampai di rumah usahakan untuk mengistirahatkan rambutmu.

Maksudnya, kamu wajib membiarkan rambutmu terurai tanpa ikatan. Hal ini akan membuat rambut bisa bernafas kembali dan juga mengurangi kelembapan kulit kepala. Seperti yang diketahui, kepala yang lembab dapat menyebabkan ketombe dan rambut rontok.

4. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan rendah lemak

6 Tips Sederhana Jaga Kesehatan Rambut Buat yang Berjilbabunsplash.com/BrookeLark

Selain memperhatikan kondisi rambut, asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh juga mempunyai pengaruh kesehatan rambut. Salah satu yang harus kamu lakukan adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan rendah lemak.

Makanan rendah lemak memiliki banyak protein, vitamin B6, B12 dan juga zat besi. Kandungan zat-zat tersebut yang dibutuhkan tubuh untuk memberikan nutrisi bagi rambut secara alami. Beberapa makanan yang bisa dikonsumsi adalah bayam, pisang, kacang – kacangan dan sayuran hijau lainnya.

5. Hindari pemakaian jilbab berwarna gelap yang banyak menyerap sinar matahari

6 Tips Sederhana Jaga Kesehatan Rambut Buat yang Berjilbabdeenspiration.com

Untuk menjaga kesehatan rambut dapat dilakukan dengan memperhatikan pilihan warna jilbabmu. Caranya yakni dengan menghindari mengenakan jilbab yang berwarna gelap. Hal ini dikarenakan warna gelap dapat langsung dengan mudah menyerap sinar matahari.

Sehingga, hal tersebut dapat membuat kondisi kepalamu menjadi lembab dan pada akhirnya masalah rambut dapat muncul seperti ketombe. Ada baiknya untuk menggunakan jilbab berwarna terang ketika udara sedang panas. Misalnya saja dengan menggunakan jilbab berwarna putih.

6. Pilih model jilbab yang praktis atau mudah dikenakan

6 Tips Sederhana Jaga Kesehatan Rambut Buat yang Berjilbabyoutube.com

Seperti yang diketahui akhir-akhir ini model jilbab semakin berkembang. Agar kesehatan rambut tetap terjaga, sebaiknya pilih model jilbab yang praktis. Model jilbab yang bertumpuk-tumpuk akan membuat sirkulasi udara di kepalamu tidak lancar. Oleh sebab itu disarankan untuk menggunakan model jilbab yang praktis.

Tujuannya adalah agar sirkulasi udara dapat berjalan lancar. Dengan demikian kepala pun tidak akan berada di kondisi yang lembab dan panas. Pada akhirnya, rambutmu bisa tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah rambut.

Demikianlah beberapa cara sederhana yang bisa kamu praktekkan untuk menjaga kesehatan rambut yang tertutup jilbab. Dengan memperhatikan kondisi rambut, jilbab dan juga asupan makanan, kesehatan rambut pun dapat dicapai.

Lakukan hal tersebut secara konsisten agar rambut tetap terjaga kesehatannya. Karena dengan begitu penampilan pun akan menjadi sempurna. Terlebih lagi dengan meningkatnya kepercayaan diri, aktivitas yang dilakukan juga akan berjalan lancar. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Masalah Rambut Cewek Berhijab dan Cara Mengatasinya, Coba Deh!

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya