Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Merawat Kulit Kepala, Jadi Kunci Rambut Sehat

Mulai dirawat deh!

Skincare atau perawatan kulit gak cuma sebatas dilakukan pada area wajah dan tubuh saja. Kulit kepala kerap kali terlupakan karena tak terlihat dan tertutup rambut. Padahal, perawatan di area ini juga tak kalah penting. Area ini juga sering berkeringat dan terpapar polusi maupun sinar UV. Faktanya, kebersihan dan kesehatan kulit kepala menjadi kunci untuk mendapatkan rambut sehat, kuat, dan berkilau.

Lalu, apa saja sih alasannya kenapa merawat kulit kepala itu penting? Simak lima alasan berikut ini sebagai pertimbanganmu untuk mulai merawat kepala sekarang juga!

1. Sama seperti kulit wajah dan tubuhmu

5 Alasan Pentingnya Merawat Kulit Kepala, Jadi Kunci Rambut SehatFreepik/freepik

Kulit kepala juga berkeringat, memproduksi sebum, dan melepaskan kulit mati secara rutin, tutur seorang ahli rambut dan ahli kepala, Anabel Kingsley, lewat The Guardian. Hal ini membuat perawatan kulit kepala sama pentingnya dengan perawatan kulit wajah maupun tubuh. Menjaga kebersihan kulit kepala dan perawatan rutin lainnya bisa menghindari masalah seperti gatal-gatal, kulit kepala mengelupas, hingga rambut rontok. 

2. Berbagai masalah rambut bisa timbul bila tidak dirawat

5 Alasan Pentingnya Merawat Kulit Kepala, Jadi Kunci Rambut SehatFreepik/phduet

Folikel atau kantung kecil tempat rambut tumbuh juga mengeluarkan sebum lewat kelenjar minyak. Penting bagimu untuk menjaga kebersihan folikel rambut ini. Menurut Harpers Bazaar, folikel rambut yang jarang dibersihkan akan tersumbat sebum, kulit mati, bahkan ketombe, yang bisa mempengaruhi pertumbuhan rambutmu.

Bahkan bila tidak segera ditangani, rambut di area tersebut bisa berhenti tumbuh secara permanen, lho! Oleh karena itu, menjaga kebersihan kulit kepala sangatlah penting.

Baca Juga: 6 Bahan Alami untuk Mengatasi Masalah Rambut dan Kulit Kepala

3. Sensitif terhadap faktor internal maupun eksternal

5 Alasan Pentingnya Merawat Kulit Kepala, Jadi Kunci Rambut Sehatpexels/timmossholder

Sama halnya seperti kulit wajah dan tubuh, kulit kepalamu juga sensitif terhadap faktor-faktor tertentu. Mulai dari stres, perubahan musim, polusi, hingga paparan sinar UV; semuanya bisa berdampak pada kondisi kulit kepala dan helai rambutmu.

Kulit kepalamu bisa memproduksi minyak lebih banyak sebagai respons, atau kulit menjadi kering dan mengelupas. Oleh karena itu, penting bagimu untuk memenuhi kebutuhan kulit kepala sesuai dengan kondisi yang dialaminya, jelas laman Vogue.

4. Juga mengalami penuaan

5 Alasan Pentingnya Merawat Kulit Kepala, Jadi Kunci Rambut Sehatpexels/moose-photos-170195

Kulit kepalamu juga mengalami penuaan, lho. Bedanya, penuaan ini tidak akan tampak karena tertutup rambut. Tidak akan muncul sebagai kulit keriput atau garis-garis halus juga.

Laman Happi menjelaskan bahwa penuaan dapat berpengaruh pada kemampuan kulit kepala untuk menjaga kesehatan folikel rambut. Regenerasi sel kulit jadi menurun, kulit jadi tipis dan mudah kering, dan kemampuan mengantarkan nutrisi penting dan detoksifikasi jadi berkurang. Rambutmu akan rontok dan berkurang, diikuti oleh hilangnya pigmen dan menjadikannya berubah warna jadi abu-abu atau uban.

Memilih produk perawatan rambut dan kulit kepala yang kaya akan nutrisi bisa bantu menangkal penuaan dini.

5. Jadi kunci rambut sehat kuat

5 Alasan Pentingnya Merawat Kulit Kepala, Jadi Kunci Rambut Sehatfreepik/torwaiphoto

Melewatkan perawatan kulit kepala tentu akan berdampak pada rambutmu. Masalah-masalah kulit kepala yang tidak segera ditangani bisa berpengaruh pada kesehatan rambut yang tumbuh di area tersebut, jelas pakar rambut dan kulit kepala Megan Yabsley lewat Beauty Crew. Bukan tidak mungkin kamu akan mengalami rontok kalau menyepelekan kesehatan kulit kepala. Oleh karena itu, rawatlah kulit kepalamu untuk mendapatkan rambut sehat, kuat, dan berkilau.

Nah, setelah tahu beberapa alasannya, yuk mulai rawat kulit kepalamu dari sekarang! Gak perlu repot, kok! Cukup perhatikan produk perawatan rambut yang kamu pakai dan sesuaikan dengan kebutuhan kulit kepalamu. Rutin keramas, menyisir rambut, dan menjaganya dari sinar matahari sudah sangat membantu, lho!

Baca Juga: Kulit Kepala Sehat, 5 DIY Scalp Scrub Ini Bisa Kamu Bikin di Rumah

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart. Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya