Comscore Tracker

5 DIY Spray Rambut dari Bahan Alami yang Patut Dicoba

Udah nggak jaman punya rambut kering dan lepek

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting untuk menunjang penampilan, namun apa jadinya kalau rambutmu kering, lepek, berketombe dan muncul masalah-masalah rambut lainnya, tentunya akan buat kamu gak pede, kan?

Tak perlu risau dan sedih, berikut ini adalah 5 DIY spray rambut yang dilansir dariTimes of India untuk memiliki rambut yang lebih sehat, kuat, dan berkilau.

1. Hair spray dari biji Fenugreek

5 DIY Spray Rambut dari Bahan Alami yang Patut DicobaPixabay/Ajale

Tidak banyak yang mengetahui, bahwa biji fenugreek atau kelabet ini sangat bermanfaat, dan salah satunya adalah untuk rambut. Biji fenugreek kaya akan vitamin A, K, dan C yang dapat meremajakan dan merevitalisasi rambutmu.

Tidak hanya berkhasiat untuk menguatkan, spray rambut ini juga dapat untuk menstimulasi pertumbuhan rambut. Cara membuatnya, kamu bisa merendam biji kelabet di dalam air dan dibiarkan semalaman.

Hari berikutnya, tuangkan larutan air ke dalam kaleng semprotan dan semprotkan pada kulit kepala. Biarkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas hingga bersih. Ulangi proses ini setiap minggu dan alami perbedaan besar pada rambutmu

2. Hair Spray Jahe

5 DIY Spray Rambut dari Bahan Alami yang Patut DicobaPixabay/Congerdesign

Jahe adalah salah satu bahan terbaik untuk mengatasi rambut yang mudah patah dan rontok. Kandungan dalam Jahe dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan menyebabkan pertumbuhan rambut yang lebih kuat dan bersinar.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan dua sendok makan jus jahe segar yang sudah dihaluskan dan secangkir air. Tuang keduanya dalam kaleng semprot dan kocok hingga menyatu.

Semprotkan larutan tersebut dua jam sebelum kamu mencuci rambut. Gunakan sekali seminggu untuk hasil terbaik.

Baca Juga: Serbabisa, Ini 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Perawatan Rambut  

3. Hair Spray dari lidah buaya

5 DIY Spray Rambut dari Bahan Alami yang Patut DicobaPixabay/FranziskaIngold

Lidah buaya atau Aloe vera sudah tidak diragukan lagi memiliki sejuta manfaat salah satunya adalah untuk rambut. Kandungan yang terdapat dalam Aloe vera dapat bertindak sebagai kondisioner alami yang bisa mengurangi jumlah ketombe dan juga membuat rambutmu halus dan bebas kusut.

Cara membuatnya adalah dengan menyiapkan secangkir air hangat, satu sendok makan gel lidah buaya atau jus Aloe vera dan 5 tetes minyak esensial lavender. Campur semua bahan dan tuangkan dalam botol semprot, kocok sebelum digunakan. Hair spray ini dapat digunakan pada rambut basah atau pada rambut kering.

4. Hair spray dari air mawar

5 DIY Spray Rambut dari Bahan Alami yang Patut DicobaPixabay/Saponifier

Air mawar diketahui mampu menghilangkan ketombe dan mengurangi tingkat minyak di kulit kepala. Kandungannya dapat membuat rambutmu terlihat lebih bersinar dan segar serta mampu melindungi dari kerusakan rambut.

Untuk membuat hair spray dari air mawar, kamu perlu menempatkan beberapa kelopak mawar di dalam panci dan biarkan mendidih di atas api sedang selama sekitar 20 menit. Setelah warna kelopak hilang, kamu dapat menyaring air mawar dan membiarkan airnya dingin.

Nantinya, air mawar ini bisa kamu tuangkan ke dalam botol semprot dan menyemprotkannya pada rambut dan kulit kepala.

5. Hair spray dari witch hazel

5 DIY Spray Rambut dari Bahan Alami yang Patut DicobaPixabay/IlonaIlyes

Baca Juga: 9 Jenis Perawatan Rambut yang Bisa Kamu Lakukan Saat #DiRumahAja

Witch hazel tidak hanya baik untuk kulit tetapi juga bagus untuk rambut. Witch hazel benar-benar dapat membersihkan kulit kepala dari minyak berlebih dan memulihkan kehalusan serta kilau pada rambut.

Yang kamu butuhkan untuk membuat spray ini adalah adalah setengah cangkir witch hazel, air, dan 40 tetes minyak esensial favoritmu. Campur semua bahan dan tuangkan ke dalam botol semprot.

Kocok dengan baik dan semprotkan secara menyeluruh ke akar. Kamu dapat menggunakannya setiap hari atau 3 kali seminggu untuk hasil terbaik.

Nah, itu dia ke 5 tips DIY spray rambut dari bahan alami yang patut kamu coba karena rambut merupakan mahkota seseorang, dan sudah selayaknya untuk kita jaga dan rawat.

Karin Pahlevi Photo Writer Karin Pahlevi

wanita kutu buku berusia 23th

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya