Comscore Tracker

6 Penyebab Menstruasi Sering Telat, Catat!

Santai dulu, jangan langsung panik..

Menstruasi yang telat memang sering menimbulkan berbagai pikiran negatif. Jangan-jangan sedang hamil, ada penyakit tertentu, dan lain sebagainya. Padahal, kondisi ini sangatlah wajar mengingat adanya perubahan hormon pada tubuh.

Selain perubahan hormon, terlambat menstruasi juga bisa disebabkan oleh enam hal berikut lho! Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Banyaknya beban pikiran

6 Penyebab Menstruasi Sering Telat, Catat!unsplash.com/Riccardo Mion

Beban pikiran yang terlalu banyak memicu terjadinya stres. Dan saat stres melanda, maka siklus menstruasi otomatis akan mengalami keterlambatan. Sebab, bagian otak yaitu hipotalamus, yang merangsang terjadinya menstruasi mengalami gangguan.

Bila sudah mendekati tanggal menstruasi, usahakan agar pikiran selalu rileks. Bila perlu, berolahraga lah secara teratur agar mood menjadi lebih baik. Sehingga, menstruasi lancar setiap bulan.

2. Perubahan bobot tubuh

6 Penyebab Menstruasi Sering Telat, Catat!unsplash.com/i yunmai

Bobot tubuh berkurang atau bertambah? Sebaiknya jangan senang dulu, ya! Bila perubahannya terlalu signifikan atau drastis, justru akan menyebabkan siklus menstruasi tidak lancar.

Saat bobot tubuh mengalami perubahan, maka ini akan mempengaruhi produksi estrogen. Yaitu hormon yang dapat meningkatkan sel telur untuk segera dibuahi.

3. Jam tidur yang tidak teratur

6 Penyebab Menstruasi Sering Telat, Catat!unsplash.com/Dominic Sansotta

Terlalu sering begadang juga berpengaruh terhadap siklus menstruasi, lho! Hal ini disebabkan karena sistem kerja tubuh juga ikut mengalami perubahan saat tidurmu terlalu larut.

So, bagi yang sering begadang, coba untuk dikurangi ya. Selalu dapatkan tidur yang berkualitas agar metabolisme tubuh menjadi lancar.

Baca Juga: 7 Masalah Menstruasi yang Sebaiknya Tidak Kamu Abaikan, Hati-hati ya!

4. Terlalu aktif

6 Penyebab Menstruasi Sering Telat, Catat!unsplash.com/Jonathan Borba

Setiap pergerakan yang dialami tubuh pada dasarnya baik, tetapi jangan sampai berlebihan atau hiperaktif. Sebab, hal ini akan mempengaruhi pelepasan hormon hipofisis atau sel telur yang berimbas pada siklus menstruasi.

Usahakan untuk bergerak secukupnya saja. Bagi yang sering berolahraga, sebaiknya urangi mengangkat beban yang terlalu berat.

5. Konsumsi obat-obatan

6 Penyebab Menstruasi Sering Telat, Catat!unsplash.com/Laurynas Mereckas

Obat-obatan seperti obat alergi, gatal-gatal, darah tinggi, dan lain-lain sebaiknya tidak perlu terlalu sering dikonsumsi. Kebanyakan konsumsi obat justru berdampak buruk bagi tubuh. Salah satunya dapat menghambat siklus menstruasi.

Kalaupun ingin mengonsumsi obat-obatan, sebaiknya konsumsi dalam jumlah yang cukup. Dan pastinya harus sesuai dengan saran dokter, ya!

6. Merokok dan konsumsi alkohol

6 Penyebab Menstruasi Sering Telat, Catat!unsplash.com/Stas Svechnikov

Kebanyakan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol sangat tidak baik untuk produksi hormon estrogen dan progesteron. Kandungan nikotin dan zat berbahaya lainnya secara tidak langsung akan menghambat siklus menstruasi.

Sebaiknya hindari rokok maupun minuman beralkohol. Kamu bisa mengganti keduanya dengan permen ataupun air putih yang jauh lebih sehat.

Bila menstruasi sering telat, coba cari tahu penyebabnya terlebih dahulu ya. Setelah itu, cari solusinya. Gak perlu pakai acara panik-panikan.

Baca Juga: 5 Manfaat Olahraga Saat Menstruasi, Bisa Kurangi Kram Perut Lho!

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya