Comscore Tracker

7 Alasan Mengapa Istri Juga Harus Memiliki Penghasilan Sendiri

Sudah gak zaman bergantung penuh pada penghasilan suami!

Menikah dan menjadi suami istri, tentu saja merupakan suatu hal yang sangat diinginkan oleh para pasangan yang sedang menjalin hubungan. Namun menikah bukanlah hal yang gampang, karena banyak yang harus dipersiapkan oleh calon suami dan istri sebelum memasuki jenjang pernikahan.

Di masa lalu, pernikahan sering menjadi alat untuk melepaskan diri dari kesulitan ekonomi. Karena itu, tidak heran kalau banyak orang tua di zaman dulu yang menikahkan anak perempuan mereka di usia yang masih sangat muda. Dengan menikah, maka orang tua tidak bertanggung jawab lagi akan biaya hidup si anak. Karena suaminya yang kelak akan menanggung semua kebutuhan hidupnya.

Di masa kini hal ini memang masih terjadi, terutama di desa-desa yang terpencil. Namun para wanita di masa kini, biasanya sudah memiliki pekerjaan dan penghasilan sendiri sebelum menikah. Karena mereka sadar, bahwa mereka tidak dapat menggantungkan hidup sepenuhnya dari penghasilan suami saja.

Menjadi istri yang mandiri secara finansial tentu merupakan suatu hal yang bagus. Mengapa begitu? Inilah 7 alasan mengapa seorang istri harus memiliki penghasilan sendiri, walaupun suami masih mampu membiayai :

1. Kalau suami tiba-tiba sakit dan tidak mampu lagi bekerja, istri masih mampu mencukupi kebutuhan keluarga

7 Alasan Mengapa Istri Juga Harus Memiliki Penghasilan Sendiriunsplash.com/Ali Yahya

Musibah tidak bisa diduga kapan datangnya. Karena itu sebagai manusia, kita wajib untuk selalu siap menghadapinya. Seperti misalnya kalau tiba-tiba suami yang selama ini sehat tiba-tiba jatuh sakit, dan tidak mampu lagi bekerja mencari nafkah untuk keluarga. 

Bagaimana caranya memenuhi kebutuhan keluarga kalau tidak ada lagi sumber penghasilan? Kalau istri memiliki penghasilan sendiri, tentu hal ini bukanlah masalah lagi. Karena istri mampu mengambil alih tugas suaminya dan mencukupi kebutuhan keluarga dari penghasilan yang dimilikinya.

2. Kalau suatu saat diceraikan oleh suami, istri sanggup membiayai hidupnya sendiri

7 Alasan Mengapa Istri Juga Harus Memiliki Penghasilan Sendiriunsplash.com/Jordan Whitt

Dalam rumah tangga terkadang ada pertengkaran dan ketidakcocokan, bahkan ada pasangan suami istri yang terpaksa harus bercerai karena hal ini. Kalau perceraian ini terjadi secara tiba-tiba, tentu saja berat bagi istri untuk menghadapinya. Apalagi kalau dia tidak memiliki sumber penghasilan, untuk menopang hidupnya kelak setelah bercerai.

Lain halnya kalau istri termasuk mandiri, dan memiliki pekerjaan serta penghasilan sendiri. Perceraian tentu saja bukanlah masalah besar untuknya, karena tanpa uang dari suami dia masih mampu membiayai kebutuhan hidupnya setelah bercerai nanti.

3. Kalau suami tiba-tiba meninggal dunia, istri mampu menanggung biaya hidup anak-anaknya

7 Alasan Mengapa Istri Juga Harus Memiliki Penghasilan Sendiriunsplash.com/Rhodi Lopez

Umur dan kematian merupakan rahasia Allah, tidak ada satu pun manusia di dunia ini yang dapat menebaknya. Seandainya tiba-tiba suami meninggal dunia, istri pasti akan sedih dan kehilangan sosok yang menjadi sandaran hidupnya. Apalagi kalau selama ini, sang suami adalah satu-satunya tulang punggung keluarga.

Namun karena suami sudah meninggal dunia, maka istri mau tidak mau harus mengambil alih peran tersebut demi membiayai kebutuhan hidupnya sendiri dan anak-anaknya. Karena itulah, seorang istri wajib untuk mandiri secara finansial dan memiliki penghasilan sendiri. Supaya ketika hal ini terjadi, dia sudah mapan dan siap.

4. Penghasilan istri bisa membantu suami menopang perekonomian keluarga

7 Alasan Mengapa Istri Juga Harus Memiliki Penghasilan Sendiriunsplash.com/hao ji

Di masa kini, kamu pasti tahu kalau biaya kebutuhan hidup sangat mahal. Apalagi kalau kamu tinggal di kota besar. Terkadang penghasilan suami tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga setiap bulannya.

Istri yang memiliki pekerjaan dan penghasilan sendiri, dapat membantu suami mengatasi masalah ini. Karena istri bisa ikut serta mencukupi kebutuhan keluarga, dengan penghasilan yang dimilikinya.

Baca Juga: Ini 5 Cara Ungkapkan Pujian ke Perempuan Biar Gak Dikata Gombal

5. Kalau suami kehilangan pekerjaan, istri masih mampu mencukupi kebutuhan keluarga sampai suami mendapatkan pekerjaan baru

7 Alasan Mengapa Istri Juga Harus Memiliki Penghasilan Sendiriunsplash.com/Marie-Michèle Bouchard

Akhir-akhir ini kamu pasti sering mendengar tentang PHK massal. Karena kondisi perekonomian global yang tidak menentu, banyak perusahaan yang pada akhirnya menutup usahanya. Sehingga banyak orang yang pada akhirnya harus kehilangan pekerjaan. Perusahaan yang masih bertahan pun, terpaksa harus melakukan efisiensi dengan mengurangi jumlah karyawan yang ada.

Kalau suami termasuk salah seorang karyawan yang terpaksa kehilangan pekerjaannya, itu berarti hilangnya sumber penghasilan dalam keluarga. Itulah sebabnya seorang istri wajib memiliki penghasilan sendiri. Supaya ketika hal ini terjadi, dia bisa membantu mencukupi kebutuhan keluarga sampai suaminya mendapatkan pekerjaan baru.

6. Istri bisa membeli apapun yang menjadi kebutuhan pribadinya, tanpa harus meminta uang pada suami

7 Alasan Mengapa Istri Juga Harus Memiliki Penghasilan Sendiripexels.com/Bruce Mars

Di dalam rumah tangga, suami memang pencari nafkah yang utama. Seorang suami akan berusaha untuk mencukupi kebutuhan hidup istri dan anak-anaknya. Namun walaupun begitu, tidak ada salahnya jika seorang istri juga memiliki penghasilan sendiri.

Sehingga istri bisa membeli sendiri apa pun yang menjadi kebutuhan pribadinya, tanpa harus meminta uang dari suaminya. Dengan begitu uang suami sepenuhnya digunakan istri hanya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga saja.

7. Istri yang mandiri, bisa menjadi contoh yang baik untuk anak-anaknya

7 Alasan Mengapa Istri Juga Harus Memiliki Penghasilan Sendiriunsplash.com/Sai De Silva

Menjadi seorang istri yang mandiri secara finansial, ternyata bisa memberikan contoh yang baik untuk anak-anak. Terutama anak perempuan. Dengan melihat contoh yang diberikan ibunya, anak-anak bisa melihat betapa pentingnya untuk hidup mandiri. Terutama dalam hal finansial. Selain itu, mereka juga akan belajar untuk tidak terlalu bergantung pada orang lain.

Nah, ternyata menjadi seorang istri yang memiliki penghasilan sendiri ternyata tidak ada ruginya kan? Malah istri di masa kini wajib memiliki pekerjaan dan penghasilan sendiri, karena mandiri secara finansial dapat menjadi jaminan hidup di masa depan.

Baca Juga: 7 Kalimat Seksis yang Sering Diterima Perempuan Sehari-hari

Ayana Story Photo Verified Writer Ayana Story

Mulai menulis di IDN Times sejak 2017 (kalo gak salah ingat hehehe...)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya