Comscore Tracker

Hati-hati, 10 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Pemakaian Skincare

#PANJATPOIN Jangan sampai terulang ya!

Banyaknya produk skincare yang baru membuat kamu mungkin selalu ingin membeli dan mencoba efeknya. Tapi, banyak yang malah berakhir mendapatkan kulit bermasalah seperti timbulnya jerawat.

Oleh sebab itu, kamu mungkin berasumsi bahwa produk skincare yang dipakai tidak cocok. Padahal, masalah kulit tersebut bisa saja muncul akibat dari kesalahan dasar pemakaian skincare yang seringkali dilupakan seperti berikut ini.

1. Tidak menggunakan makeup remover

Hati-hati, 10 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Pemakaian Skincareallure.com

Masih banyak orang yang berpendapat bahwa air dan facial foam cukup membersihkan wajah dari segala partikel makeup yang menempel di wajah.

Padahal, kamu perlu makeup remover untuk menghapus makeup yang sulit untuk dibersihkan. Tidak menggunakan makeup remover akan membuat pori-pori kamu tersumbat dan berjerawat. Penggunaan makeup remover juga sangat simpel dan efektif, cukup meneteskan pada kapas dan mengusapkannya pada wajah.

2. Tidak menggunakan toner

Hati-hati, 10 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Pemakaian Skincareforbes.com

Toner berguna untuk mengembalikan keseimbangan PH dan mempersiapkan kulit menerima perawatan wajah selanjutnya seperti pemakaian serum dan krim wajah lainnya. Dengan menggunakan toner, kamu bisa menghindari kekeringan, iritasi dan kemerahan pada kulit wajah.

Gunakanlah toner yang sesuai dengan jenis kulitmu.

3. Menggunakan bedak untuk menghilangkan minyak di wajah

Hati-hati, 10 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Pemakaian Skincarebebeautiful.in

Masih banyak orang yang selalu menutupi minyak berlebih di wajah menggunakan bedak. Padahal, hal tersebut hanya akan menyumbat pori-pori kamu. Lebih baik gunakan tisu basah untuk menghilangkan minyak berlebih di wajah.

4. Mencuci wajah sebelum mandi

Hati-hati, 10 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Pemakaian Skincareamp.insider.com

Jika kamu mandi setelah membersihkannya wajah, masih banyak kandungan-kandungan kimia yang berpotensi masuk ke dalam kulit wajah. Misalnya dari sampo yang memiliki banyak kandungan kimia seperti silikon, paraben, dan partikel lainnya yang tidak dibutuhkan untuk wajah.

5. Tidak menggunakan sunscreen

Hati-hati, 10 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Pemakaian Skincareelitedaily.com

Menggunakan sunscreen sangat penting baik saat dil uar maupun di dalam ruangan agar kulit tetap terjaga dari radiasi sekitar dan sinar ultraviolet. Oleskan sunscreen dengan kandungan SPF 30 saat kamu berada di dalam ruangan dan SPF 50 saat berada di luar ruangan.

Baca Juga: 7 Merek Skincare yang Diproduksi oleh Seleb Hollywood, Mau Coba?

6. Melakukan triple cleansing

Hati-hati, 10 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Pemakaian Skincarebirchbox.com

Wajah dibersihkan supaya bisa menghapus lapisan teratas kulit yang penuh dengan minyak. Sehingga, wajah akan memproduksi minyak kembali. Tapi, kalau kamu terlalu sering mencuci wajah, hal itu justru akan memproduksi minyak berlebih yang berpotensi jerawat dan juga komedo.

7. Memilih produk yang tidak sesuai dengan tipe kulit

Hati-hati, 10 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Pemakaian Skincarecarruthers-humphrey.com

Bayangkan kalau kamu memiliki tipe kulit berminyak, tapi kamu menggunakan produk-produk untuk jenis kulit yang kering. Skincare kulit kering bertujuan untuk menambahkan minyak agar kulit terhidrasi, sedangkan kulit berminyak membutuhkan produk-produk yang dapat mengontrol pengeluaran minyak berlebih.

Jika tipe kulit kamu berminyak, menggunakan skincare untuk kulit kering justru akan membuat kulit menjadi semakin berminyak serta memberikan dampak yang buruk lainnya pada kulit. Oleh karena itu pilihlah skincare yang sesuai dengan jenis kulitmu ya.

8. Menggunakan skincare dengan porsi berlebihan

Hati-hati, 10 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Pemakaian Skincarewexnermedical.osu.edu

Banyak ataupun sedikit, tidak akan mempercepat efek dari skincare yang digunakan. Hal itu malah membuat kamu jadi boros dan skincare kamu cepat abis atau sebaliknya. Jadi, gunakanlah produk secara teratur dan cukup sehingga hasilnya pun akan lebih efektif.

9. Melakukan eksfoliasi terlalu sering

Hati-hati, 10 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Pemakaian Skincarenftips.com

Kulit yang terlalu sering dieksfoliasi akan lebih kering. Sehingga, wajah akan memproduksi lebih banyak minyak yang nantinya malah menimbulkan jerawat dan komedo.

Sebaiknya, lakukan eksfoliasi satu minggu sekali. Kemudian, lihat reaksinya terhadap kulit wajah. Jika hasilnya bagus, kamu bisa melakukannya lebih sering. Tetapi, maksimal dua atau tiga kali dalam seminggu ya.

10. Tidak membaca kandungan skincare yang digunakan

Hati-hati, 10 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Pemakaian Skincareunsplash.com/charissek

Skincare bersifat personal dan memberikan efek yang berbeda pada setiap penggunanya. Jadi, penting bagi kamu untuk mengecek kandungan apa yang pas untuk kulitmu.

Nah, itu dia beberapa kesalahan dalam penggunaan skincare yang masih banyak dilakukan. Coba perbaiki ya jika kamu masih sering melakukan kesalahan di atas.

Baca Juga: Khawatir Pakai Skincare? Ini 6 Tips Aman Merawat Wajah Selama Hamil

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Menulis untuk belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya