Comscore Tracker

6 Kritikan Ini Harus Dihadapi Perempuan dengan Percaya Diri

#SemangatBaru Tetap semangat, jangan putus asa!

Di dunia ini ada saja orang-orang yang mengkritik dirimu dalam menjalani hidup. Entah itu kamu yang dibandingkan dengan lawan jenismu, sesama jenismu, orang yang berbeda usia denganmu, dan orang lainnya yang berbeda latar belakangnya denganmu.

Sebagai perempuan, kamu harus menghadapi kritikan-kritikan tersebut dengan percaya diri, mampu membela diri sendiri, dan tegas terhadap prioritas hidup yang kamu jalani. Pada intinya adalah mereka boleh mengkritikmu tapi kamulah yang memutuskan untuk menjalani kehidupanmu.

Berikut adalah beberapa jenis kritikan yang biasa ditemui para perempuan dalam perjalanan kehidupannya dan harus kamu hadapi dengan percaya diri.

1. Bentuk tubuh dan penampilan

6 Kritikan Ini Harus Dihadapi Perempuan dengan Percaya Diriscotscoop.com

Kecantikan fisik akan abadi jika disandingkan dengan kecantikan hati.

Jangan biarkan kamu merasa rendah diri dan membenci dirimu sendiri karena komentar buruk orang-orang tentang tubuhmu atau penampilanmu, entah kamu gemuk, kurus, tinggi, pendek, bermata sipit ataupun besar, berkulit hitam ataupun putih.

Ingatlah bahwa setiap wanita akan menua dan memiliki banyak keriput. Hal terpenting adalah sikapmu yang baik hati dan tidak menyakiti orang lain.

2. Status hubungan

6 Kritikan Ini Harus Dihadapi Perempuan dengan Percaya Dirinewlovetimes.com

Akan ada masanya ketika 'aku' menjadi 'kita'.

Ada orang yang telah menikah di usia muda dan ada pula yang menikah di umur 30-an. Banyak orang yang berpacaran dan ada pula yang masih tetap single.

Memilih untuk single atau tidak adalah keputusanmu. Mungkin kamu ingin memprioritaskan hal-hal yang lebih penting, seperti keluarga dan pendidikanmu. Jangan terpaku pada standar sosial yang tidak sesuai dengan hidupmu. Setiap orang memiliki latar belakang kehidupan yang maka waktu untuk setiap fase kehidupannya pun berbeda-beda.

3. Siapa yang dipilih sebagai pasangan hidup

6 Kritikan Ini Harus Dihadapi Perempuan dengan Percaya Diriunsplash.com/Anne Edgar

Bukan mapannya yang penting, melainkan potensinya untuk mencerahkan masa depan.

Bukan fisiknya yang penting, melainkan potensinya untuk menjadi pemimpin di garda terdepan.

Sebagai seorang perempuan, kamu memiliki hak penuh untuk memilih pasangan hidupmu. Jangan hiraukan orang-orang yang menilai pasangan hidupmu hanya berdasarkan status sosialnya, penampilan, warna kulit, dan faktor lainnya. Meski tidak sesuai standar orang lain, hal terpenting adalah lelaki itu berpotensi untuk membahagiakanmu dan keluargamu selama-lamanya.

 

4. Pekerjaan dan besarnya gaji

6 Kritikan Ini Harus Dihadapi Perempuan dengan Percaya Dirikrd.ru

Yang penting halal dan berkah.

Pilihlah pekerjaan halal apapun yang kamu sukai, entah itu pekerjaan di lapang ataupun kantoran. Tidak ada batas gender yang mengharuskan wanita bekerja di kantoran, jabatan wanita harus lebih rendah, ataupun wanita harus memiliki gaji lebih kecil dari pria. Hal terpenting adalah, kamu berkompetensi dan berdedikasi di bidang yang kamu tekuni.

5. Pendapat terhadap suatu topik tertentu

6 Kritikan Ini Harus Dihadapi Perempuan dengan Percaya Diriopengov.com

Karena wanita juga memiliki seni retorika.

Setiap orang memiliki kebebasan berpendapat, baik itu di bidang politik, sosial, ekonomi, dan  sebagainya. Setiap orang memiliki kebebasan berpendapat, baik itu pria maupun wanita. Jangan ragu dan jangan takut untuk mengatakan apa yang ingin kamu katakan dan aspirasikan. Pastikan kamu dapat mempertanggungjawabkan apa yang kamu sampaikan tersebut.

6. Tekad dan kerja keras untuk menggapai cita-cita

6 Kritikan Ini Harus Dihadapi Perempuan dengan Percaya Diriswiftkas.com

Kerja keras akan mencerahkan masa depan.

Mungkin banyak orang berkata bahwa wanita lebih baik di dapur saja. Padahal tekad dan kerja keras untuk menggapai cita-cita tidak hanya bermanfaat untuk dirimu, tetapi bisa membantu orang lain sekitarmu, dan bermanfaat untuk keturunanmu kelak.

Jangan ragu untuk mengejar pendidikan yang lebih tinggi dari pacarmu. Jangan ragu jika kamu ingin terjun di bidang yang dicap sebagai bidangnya para pria, seperti teknik, bisnis, dan politik. Jangan ragu untuk mencapai apa yang kamu impikan.

Jadi, kamu harus lebih percaya diri, ya ketika menghadapi kritikan-kritikan. Ambil yang positif, koreksi yang negatif. Jangan menyamakan standar kehidupanmu dengan orang lain.

Melisa Camalia Photo Verified Writer Melisa Camalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya