5 Urutan Morning Skincare Routine untuk Remaja, Mudah Diterapkan!

Cocok untuk yang baru mau coba merawat wajah

Memasuki fase remaja, menggunakan skincare adalah hal penting yang harus mulai diperhatikan. Tidak perlu terlalu banyak, kamu hanya butuh mengetahui urutan yang utama saja.

Seperti di artikel kali ini, kamu akan mendapati urutan morning skincare routine remaja yang tepat. Apa saja? Simak dengan baik.

1. Cleansing atau mencuci muka

5 Urutan Morning Skincare Routine untuk Remaja, Mudah Diterapkan!ilustrasi perempuan sedang mencuci muka (pexels.com/Miriam Alonso)

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk mengawali morning skincare routine adalah membersihkan wajah. Apalagi, pembersihan merupakan hal utama yang harus diutamakan. Dokter kulit bersertifikat Craig Kraffert, bahkan menyebut bahwa mencuci muka memiliki fungsi penting untuk menghilangkan kotoran dan minyak di kulit yang hinggap pada malam hari.

"Kamu akan mendapatkan banyak manfaat dari membersihkan wajah, dibandingkan hanya memercikkan air ke wajah di pagi hari. Mencuci muka dengan pembersih akan bekerja paling baik membuat kulit bebas kotoran," jelas Dr. Kreffert seperti dikutip Byrdie.

2. Memakai toner

5 Urutan Morning Skincare Routine untuk Remaja, Mudah Diterapkan!ilustrasi skincare toner (pexels.com/Shiny Diamond)

Setelah kulit wajah bersih, maka selanjutnya kamu perlu memakai produk lain, yakni toner. Item ini sendiri merupakan lapisan tipis hidrasi yang harus diaplikasikan sebagai pendahulu pelembap.

"Toner menenangkan dan memberikan lapisan hidrasi tambahan untuk mempersiapkan kulit. Toner diformulasikan untuk menghilangkan minyak dan kotoran dari pori-pori wajah," jelas Dr. Kraffert dikutip Byrdie.

3. Memakai serum

5 Urutan Morning Skincare Routine untuk Remaja, Mudah Diterapkan!ilustrasi perempuan sedang memakai skincare (pexels.com/cottonbro)
dm-player

Kemudian, urutan ketiga dalam morning skincare routine ialah memakai serum. Penggunaan serum disebut sangat baik diaplikasikan sebagai langkah mengatasi masalah-masalah kulit tertentu.

Dilansir Beautymone, Simone De Vlaming selaku penulis dalam laman tersebut menyebut, bahwa serum merupakan pilihan tepat mengatasi bintik hitam atau garis halus. Biasanya, serum termasuk produk ringan yang memiliki kandungan bahkan aktif konsentrasi tinggi.

Baca Juga: 5 Urutan Night Skincare Routine Remaja, Coba Terapkan Sekarang!

4. Memakai pelembap

5 Urutan Morning Skincare Routine untuk Remaja, Mudah Diterapkan!ilustrasi perempuan sedang memakai skincare (pexels.com/cottonbro)

Usai dengan urusan toner dan serum, kini saatnya beralih pada pelembap. Penggunaan pelembap sendiri sebagai upaya untuk menjaga kulit wajah kamu tetap seimbang dan terhidrasi.

Saat memakai pelembap pun, kamu perlu menyesuaikannya dengan jenis kulitmu. Bagi kamu yang memiliki kulit kering, maka pakailah krim pelembap yang kental. Sementara itu, untuk kulit berminyak, pilih pelembap gel yang ringan.

5. Memakai sunscreen

5 Urutan Morning Skincare Routine untuk Remaja, Mudah Diterapkan!ilustrasi memakai sunscreen (pexels.com/Moose Photos)

Memasuki urutan terakhir dalam morning skincare routine, hal yang tidak boleh kamu tinggalkan atau lupakan adalah pemakaian sunscreen. Tahap satu ini sangat penting, lantaran menjadi alat terbaik mencegah penuaan, garis halus, kerutan, serta melindungi kulit wajah dari paparan tabir surya.

"Sunscreen harus digunakan setelah perawatan kulit dan sebelum memakai riasan. Produk sunscreen SPF dipakai untuk menghalangi sinar matahari dan apa pun itu agar tidak terserap pada kulit dengan jumlah SPF 50 untuk sehari-hari," jelas Dr. Kraffert.

Demikian urutan pemakaian morning skincare routine untuk remaja yang bisa kamu ketahui dan dijadikan sebagai acuan. Semoga membantu, ya!

Baca Juga: 5 Eye Skincare Buatan Lokal, Ada Retinol Cream hingga Serum Mascara 

Mitha Aullia Photo Verified Writer Mitha Aullia

Mengisi kesibukan dengan tulisan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya