Comscore Tracker

6 Cara Mengatasi Kulit Dehidrasi, Jangan Sampai Muncul Masalah Serius!

Mudah banget

Terdapat beragam jenis masalah yang kerap menyerang kulit wajah. Salah satunya adalah dehidrasi. Hal ini merupakan suatu kondisi di mana kulit kehilangan kadar air sehingga menimbulkan efek kulit yang kering dan bertekstur kasar. 

Masalah ini pun bisa saja menyerang semua jenis kulit, mulai dari kulit normal, kombinasi, kering, hingga berminyak. Nah, jika kamu mengalami masalah serupa, sebaiknya coba lakukan beberapa hal di bawah ini.

1. Aplikasikan hydrating toner pada kulit wajah

6 Cara Mengatasi Kulit Dehidrasi, Jangan Sampai Muncul Masalah Serius!instagram.com/sandarajiwa

Meski bersifat opsional, akan tetapi toner yang melembapkan bisa jadi skincare yang wajib digunakan untuk memberi tambahan hidrasi, kelembapan, serta mengembalikan pH alami kulit. Dalam penggunaannya, hindari toner yang mengandung alkohol dan fragrance demi mengurangi risiko munculnya masalah kulit lain.

Untuk sementara, jauhi dahulu eksfoliasi karena hal ini bisa memperparah kondisi yang kamu alami. Fokus saja untuk menghidrasi kulit dan membuat skin barrier kembali pulih.

2. Gunakan serum yang mengandung bahan pelembap tinggi

6 Cara Mengatasi Kulit Dehidrasi, Jangan Sampai Muncul Masalah Serius!freepik.com/freepik

Pada kulit dehidrasi, kamu bisa coba serum yang mengandung bahan pelembap tinggi, seperti hyaluronic acid, glycerin, dan ceramide. Namun, perlu diketahui bahwa serum hanya sebagai nutrisi tambahan jika kondisi kulit memang sangat dehidrasi. 

Selain itu, disarankan untuk mengaplikasikan serum pada kulit wajah setelah kamu sudah selesai menggunakan hydrating toner. Selanjutnya, akhiri dengan moisturizer untuk mengunci semua kelembapan yang ada.

3. Gunakan moisturizer untuk menjaga kelembapan kulit

6 Cara Mengatasi Kulit Dehidrasi, Jangan Sampai Muncul Masalah Serius!freepik.com/@cookie_studio

Seperti yang sudah dijelaskan, moisturizer sangat penting untuk mengunci kelembapan dan memperbaiki kulit yang dehidrasi. Kamu bisa gunakan moisturizer dengan tekstur lotion atau krim serta memiliki kandungan hyaluronic acid, vitamin E, ceramide, dan petroleum jelly.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Alami Dehidrasi Saat Bersepeda, Jangan Diremehkan!

4. Perbanyak minum air putih

6 Cara Mengatasi Kulit Dehidrasi, Jangan Sampai Muncul Masalah Serius!pexels.com/Andrea Piacquadio

Agar cepat pulih dari dehidrasi, kamu pun dapat meningkatkan kelembapan dari dalam tubuh. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih.

Air putih merupakan kunci utama untuk melembapkan kulit dan melancarkan nutrisi ke setiap sel pada kulit. Air putih dapat bekerja ekstra dalam menghidrasi kulit wajah sehingga kulit akan tampak lebih lembap dan kenyal.

5. Konsumsi makanan yang sehat

6 Cara Mengatasi Kulit Dehidrasi, Jangan Sampai Muncul Masalah Serius!pexels.com/Nathan Cowley

Makanan yang sehat dan bergizi, seperti buah dan sayur berdaun hijau, diyakini sangat ampuh dalam menjaga kulit agar terhindari dari dehidrasi. Oleh karena itu, mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang penuh gizi!

Selain itu, kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan minyak terlalu tinggi. Meski akan terasa sulit, percayalah hasilnya tidak mengecewakan!

6. Atur pola tidur yang baik agar mendapatkan istirahat cukup

6 Cara Mengatasi Kulit Dehidrasi, Jangan Sampai Muncul Masalah Serius!freepik.com/klingsup

Menerapkan pola hidup sehat, berarti kamu juga harus mulai mengatur pola tidur agar jadi lebih baik. Sebab, jam tidur yang cukup dapat membuat proses perbaikan jaringan kulit berjalan lebih cepat dan optimal. 

Dengan begitu, ketika jaringan kulit sudah kembali pulih, kerusakan kulit seperti kerutan dan dehidrasi pun akan sulit menyerang. Menyenangkan, bukan?

Itu dia beberapa cara untuk mengatasi kulit yang dehidrasi. Mudah banget, kan? Jangan lupa untuk mencobanya, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Menyebabkan Kulit Wajah Menjadi Kering, Jarang Disadari!

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya