Comscore Tracker

5 Perawatan yang Tepat untuk Pakaian Berbahan Katun, Biar Gak Melar!

Hindari mengeringkan pakaian di mesin cuci

Katun merupakan jenis bahan pakaian yang paling umum ditemui karena terbilang nyaman dan serbaguna. Berkat sifatnya yang sangat nyaman tersebut, bahan katun pun sering digunakan untuk berbagai jenis pakaian, mulai dari kaos hingga dress dan gaun.

Namun tidak hanya nyaman, ternyata pakaian berbahan katun pun memiliki cara perawatan yang ternyata cukup mudah, lho! Berikut ini beberapa tipsnya yang wajib kamu tahu.

1. Bersihkan sisi pakaian yang terkena noda sebelum mencucinya

5 Perawatan yang Tepat untuk Pakaian Berbahan Katun, Biar Gak Melar!pexels.com/cottonbro

Sebelum mencuci pakaian berbahan katun, ada baiknya kamu memastikan lebih dulu sisi pakaian yang terkena noda. Apakah ini sudah dibersihkan atau belum. Hal ini bertujuan agar noda yang menempel benar-benar bersih dari serat pakaian dan tak menimbulkan bekas noda.

Cara terbaik untuk menghilangkan noda pada pakaian berbahan katun adalah menggunakan pembersih khusus untuk noda pakaian. Dengan begitu, noda yang tidak bisa dihapus dengan pencucian normal pun, akan hilang tanpa menimbulkan bekas noda pada pakaian.

2. Dalam proses mencuci, pisahkan pakaian putih dan berwarna, serta perhatikan suhu air yang digunakan

5 Perawatan yang Tepat untuk Pakaian Berbahan Katun, Biar Gak Melar!pexels.com/Daria Shevtsova

Baju berbahan katun biasanya terbilang cocok untuk dicuci menggunakan mesin cuci. Namun saat mencucinya, kamu harus memisahkan pakaian yang berwarna terang dengan pakaian yang berwarna gelap terlebih dahulu.

Terkadang, apabila kualitas pakaian kurang baik, warnanya pun akan luntur sehingga dapat merusak warna pakaian yang lain. Selain itu, penggunaan suhu air yang baik untuk mencuci pakaian berbahan katun, juga berbeda.

Untuk pakaian katun berwarna putih dan terang, kamu bisa menggunakan air hangat. Sedangkan, untuk pakaian berwarna gelap, sebaiknya gunakan air dingin agar kualitas warnanya tidak cepat pudar.

3. Pilih detergen sebagai sabun cuci pakaian ketimbang sabun colek

5 Perawatan yang Tepat untuk Pakaian Berbahan Katun, Biar Gak Melar!pixabay.com/id/habelfrank

Bagi kamu yang menggunakan sabun colek sebagai sabun pencuci pakaian berbahan katun, sebaiknya segera hentikan. Sebab, penggunaan sabun pencuci pakaian yang paling tepat untuk busana berbahan katun ialah detergen. 

Jika diperlukan, kamu bisa menambahkan pelembut pakaian agar busana yang dicuci menjadi lebih halus. Untuk penggunaan pemutih, sebaiknya kamu selalu memperhatikan bagian label baju karena tak semua pakaian berbahan katun cocok terkena pemutih klorin.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Baju Berbahan Linen agar Awet dan Tidak Cepat Rusak 

4. Hindari mengeringkan pakaian dengan mesin pengering

5 Perawatan yang Tepat untuk Pakaian Berbahan Katun, Biar Gak Melar!pexels.com/Karolina Grabowska

Agar pakaian berbahan katun tahan lebih lama dan tidak cepat rusak, usahakan untuk tidak mengeringkan pakaian dengan mesin pengering. Sebaliknya, kamu bisa menjemur pakaian berbahan katun di bawah sinar matahari sebagai langkah merawatnya.

5. Jika ingin menyetrika pakaian berbahan katun, usahakan suhu setrika tidak terlalu panas

5 Perawatan yang Tepat untuk Pakaian Berbahan Katun, Biar Gak Melar!pixabay.com/Steve Buissinne

Terakhir, perhatikan suhu pada alat setrika sebelum kamu menggunakannya. Sebab, pakaian berbahan katun mudah sekali rusak jika terkena panas yang terlalu tinggi.

Bahkan, tidak jarang penggunaan setrika dengan temperatur tinggi meninggalkan bekas menguning pada pakaian. Jadi, lebih berhati-hatilah dalam menyetrika pakaian berbahan katun, ya!

Itu dia lima jenis perawatan yang tepat untuk pakaian berbahan katun. Lantas, apakah cara kamu merawat pakaian berbahan katun sudah benar?

Baca Juga: 9 Tips Menyimpan Pakaian Biar Lemari Selalu Rapi dan Muat Banyak

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya