Comscore Tracker

5 Tips Merawat Baju Berbahan Linen agar Awet dan Tidak Cepat Rusak 

Hindari penggunaan pemutih

Linen merupakan salah satu bahan pakaian yang terbuat dari campuran serat kapas dan serat batang atau linen rami. Dengan unsur alami yang membentuknya, perawatan pakaian berbahan linen pun pada dasarnya memerlukan perlakuan yang sedikit istimewa.

Pasalnya, perawatan yang dilakukan secara sembarangan dapat membuat pakaian menjadi rusak, mengerut, mudah pudar, bahkan cepat bolong. Lantas, bagaimana cara merawat pakaian berbahan linen? Daripada bingung, simak ulasannya di bawah ini. 

1. Cuci baju berbahan linen dengan air dingin

5 Tips Merawat Baju Berbahan Linen agar Awet dan Tidak Cepat Rusak IDN Times/Rizka Yulita

Jika kamu ingin mencuci pakaian berbahan linen, sebaiknya gunakan air dingin agar serat linen pada pakaian tidak rusak. Hal ini biasanya disebutkan pula dalam tag atau label yang berada di pakaian tersebut.

Selain itu, kamu bisa memanfaatkan steamer untuk mengembalikan kesegaran pakaian berbahan linen tanpa harus mencucinya.

2. Hindari menggunakan pemutih pada saat mencuci

5 Tips Merawat Baju Berbahan Linen agar Awet dan Tidak Cepat Rusak pixabay.com/habelfrank

Penggunaan pemutih ketika mencuci pakaian berbahan linen, juga sebaiknya dihindari. Hal ini karena pemutih pakaian mengandung berbagai macam bahan kimia yang dapat merusak serat rami dalam bahan linen.

Tidak hanya itu, kandungan yang ada dalam pemutih juga bisa membuat pakaian menjadi kaku dan cepat kotor atau buluk. Berbahaya sekali, bukan?

3. Jangan mengeringkan baju dengan mesin pengering

5 Tips Merawat Baju Berbahan Linen agar Awet dan Tidak Cepat Rusak pexels.com/Daria Shevtsova

Proses mengeringkan pakaian dalam mesin pengering, biasanya terlalu kasar hingga tak jarang pakaian menjadi kusut dan rusak. Hal ini tentu tak disarankan untuk mengeringkan pakaian berbahan linen karena dapat menimbulkan efek kerutan yang sulit dihilangkan.

Alih-alih memakai mesin pengering, ada baiknya kamu menjemur baju berbahan linen dengan gantungan pakaian di bawah sinar matahari. Namun, dalam keadaan mendesak, kamu bisa menggunakan steamer untuk mempercepat proses pengeringan.

Baca Juga: 7 Baju Pengantin Figur Publik Paling Menawan di Bulan Agustus 2020

4. Jika pakaian ingin disetrika, hindari sentuhan langsung dari permukaan alat setrika

5 Tips Merawat Baju Berbahan Linen agar Awet dan Tidak Cepat Rusak freepik.com/Freepik

Beberapa orang mungkin memiliki kebiasaan untuk menyetrika pakaian terlebih dahulu sebelum digunakan agar terlihat lebih rapi. Dalam momen ini, sebaiknya hindari sentuhan langsung permukaan setrika pada pakaian berbahan linen. 

Sentuhan panas yang berlebihan dapat membuat serat kain rusak, bahkan tidak jarang warna menjadi pudar dan muncul efek semacam terbakar. Maka dari itu, kamu bisa menempatkan kain di antara pakaian dan setrika untuk menghindari hal tersebut terjadi.

5. Jangan melipat pakaian berbahan linen

5 Tips Merawat Baju Berbahan Linen agar Awet dan Tidak Cepat Rusak Unsplash.com/@sweetpagesco-Sarah Brown

Hal terakhir yang wajib kamu lakukan adalah menghindari melipat baju atau pakaian lain yang berbahan linen. Pasalnya, melipat pakaian berbahan linen justru dapat membuat baju menjadi kusut dan sulit untuk kembali rapi seperti sedia kala. 

Maka dari itu, kondisi terbaik untuk menyimpan koleksi pakaian linen adalah dengan menggantungnya di lemari. Tentu, kamu juga harus memperhatikan kelembapan lemari agar baju tidak menjadi usang dan memiliki bau tidak sedap.

Itu dia lima trik merawat pakaian berbahan linen agar tetap awet dan tidak cepat rusak. Jangan lupa diterapkan, ya!

Baca Juga: 5 Pernak-pernik Baju Adat Madura, dari Kebaya hingga Aksesori

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya