Comscore Tracker

6 Perawatan yang Tepat Bagi Kulit Berminyak, Gak Cuma Skincare Doang!

Jangan sampai salah!

Pada dasarnya, tubuh manusia pasti menghasilkan minyak melalui kelenjar minyak pada kulit. Fungsinya adalah menjaga agar kulit tetap lembap, terhidrasi, dan sehat. Sayangnya, ada kulit yang memproduksi minyak berlebihan sehingga kerap disebut kulit berminyak.

Jika kamu memiliki jenis kulit ini, cobalah untuk melakukan beberapa perawatan yang ada di bawah ini! Tujuannya, tidak lain untuk mengontrol produksi minyak berlebih agar kulit tetap normal. Lantas apa saja itu? Nih, perawatan untuk kulit berminyak!

1. Mencuci muka dua kali sehari dan melakukan double cleansing pada malam hari

6 Perawatan yang Tepat Bagi Kulit Berminyak, Gak Cuma Skincare Doang!Freepik.com/jcomp

Untuk kulit berminyak, sebaiknya bersihkan wajah menggunakan face wash hanya dua kali dalam sehari saja, yakni pada pagi dan malam hari. Gunakan sabun wajah berbahan dasar gel dan tidak mengandung fragrance serta alkohol.

Selain itu, pilih kandungan face wash yang dapat mengontrol produksi sebum pada kulit, seperti hyaluronic acid, niacinamide, dan tea tree oil. Kamu juga perlu melakukan double cleansing pada malam hari guna memastikan kondisi kulit bersih dari kotoran dan bakteri.

2. Gunakan sunscreen setiap hari

6 Perawatan yang Tepat Bagi Kulit Berminyak, Gak Cuma Skincare Doang!pexels.com/@Andrea Piacquadio

Paparan sinar UV A dan UV B dapat menyebabkan berbagai masalah kulit. Salah satunya adalah meningkatkan produksi sebum sehingga menimbulkan penyumbatan minyak di pori-pori. 

Akibatnya, pori yang tersumbat akan memicu munculnya jerawat dan komedo. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan sunscreen setiap hari dengan minimal SPF 30++, baik ketika berada di dalam rumah maupun di luar rumah.

3. Aplikasikan pelembap pada siang dan malam hari

6 Perawatan yang Tepat Bagi Kulit Berminyak, Gak Cuma Skincare Doang!pexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Banyak sekali mitos yang mengatakan jika menggunakan pelembap dapat membuat kulit jadi terlihat lebih berminyak. Kenyataannya, ketika tidak menggunakan pelembap, kulit wajah justru akan memproduksi lebih banyak minyak dan sebum.

Oleh karenanya, sangat penting menggunakan pelembap pada pagi dan malam hari untuk menghidrasi kulit sehingga produksi sebum lebih terkontrol. Untuk penggunaannya, pilih pelembap yang memiliki formula krim dengan bahan dasar air atau gel dan berlabel non-comedogenic agar tak menyumbat pori-pori.

Baca Juga: 5 Tips Pakai Eyeshadow untuk Kelopak Mata Berminyak, Awet Seharian!

4. Lakukan eksfoliasi dengan produk yang lembut dan sesuai jenis kulit

6 Perawatan yang Tepat Bagi Kulit Berminyak, Gak Cuma Skincare Doang!pexels.com/cottonbro

Eksfoliasi merupakan salah satu perawatan kulit yang sangat penting. Pasalnya, eksfoliasi dapat mengatasi beragam masalah kulit berminyak dengan membersihkan sel-sel kulit mati dan minyak yang tersumbat di dalam pori-pori wajah.

Bagi kulit berminyak, produk eksfoliasi yang baik adalah produk yang mengandung chemical exfoliate berupa toner AHA/BHA. Chemical exfoliate ini berguna untuk membersihkan kulit secara lembut tanpa menimbulkan iritasi.

5. Konsisten terhadap perawatan kulit yang sedang dijalani

6 Perawatan yang Tepat Bagi Kulit Berminyak, Gak Cuma Skincare Doang!pexels.com/Cottonbro

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah tetap konsisten terhadap produk perawatan yang sedang digunakan saat ini. Jika skincare yang digunakan sudah cocok, lebih baik jangan menggantinya dengan produk yang lain.

Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko kerusakan kulit dan munculnya beragam masalah yang ada pada kulit. 

6. Rajin mengonsumsi buah dan sayur

6 Perawatan yang Tepat Bagi Kulit Berminyak, Gak Cuma Skincare Doang!freepik.com/Freepik

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak dan gula, ternyata meningkatkan hormon yang memproduksi minyak. Oleh karena itu, sangat penting menjaga pola makan dengan memperbanyak makanan dengan kandungan yang baik.

Adapun beberapa kandungan yang baik bagi kulit, seperti karbohidrat kompleks, antioksidan, zinc, vitamin A, dan vitamin E.

Demikianlah enam jenis perawatan untuk kulit berminyak. Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Hal yang Wajib Dihindari Pemilik Kulit Berminyak, Jangan Sentuh Muka

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya