Comscore Tracker

Sapto Djojokartiko Resmi Buka Flagship Store Pertama di Indonesia

Terletak di Plaza Senayan, Jakarta

Setelah merilis koleksi fall/winter 2020 pada beberapa waktu lalu, Sapto Djojokartiko membangun flagship store atau toko offline pertamanya yang terletak di Plaza Senayan, Jakarta Pusat.

Dalam Press Conference Grand Opening tokonya yang berlangsung pada Rabu (11/3) di Hotel Fairmont, Jakarta, perancang Sapto Djojokartiko mengatakan bahwa toko tersebut merupakan toko offline brand Sapto Djojokartiko pertama yang dibangun di Indonesia.

Yuk, simak informasi lengkap mengenai pembukaan flagship store Sapto Djojokartiko berikut ini!

1. Dibangun sebagai bentuk perjuangan 1 tahun berkarier

Sapto Djojokartiko Resmi Buka Flagship Store Pertama di IndonesiaSapto Djojokartiko dalam press conference pembukaan flagship store pertamanya di Hotel Fairmont, Jakarta. 11 Maret 2020. IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Sapto Djojokartiko mengungkapkan jika alasan dibangunnya flagship store ini adalah bentuk apresiasi perjuangan kariernya yang sudah berjalan selama satu tahun. Karena itu, toko ini jadi pengingatnya tentang lika-liku perjalanan karier yang dimulai dari toko jahit.

"Perjalanan brand Sapto Djojokartiko yang sudah berdiri 12 tahun, jalan dari tukang jahit, menjadi ready to wear, dan akhirnya bisa mencapai membuat 2 koleksi dalam satu tahun untuk dipresentasikan adalah salah satu alasan kenapa aku membangun toko ini. Seperti sebagai ungkapan apresiasi terhadap perjuangan mencapai titik ini," katanya

2. Selain itu, Sapto juga ingin memberikan pengalaman dalam bentuk panca indra kepada para pelanggannya

Sapto Djojokartiko Resmi Buka Flagship Store Pertama di IndonesiaSapto Djojokartiko dan Brian Gondokusumo dalam press conference pembukaan flagship store pertamanya di Hotel Fairmont, Jakarta. 11 Maret 2020. IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Selain itu, Sapto juga menerangkan bahwa alasan lain dari pembuatan toko ini adalah untuk memberikan pengalaman dalam bentuk pengindraan. Ini agar para pembelinya dapat melihat atau menyentuh koleksi yang ia jual.

Menurutnya, menciptakan sebuah toko dapat membuat pelanggan menjadi lebih nyaman untuk membeli pakaian.

"Sebenernya kita punya online store, official store, dan web store. Akan tetapi, itu gak bisa memberikan pengalaman dalam bentuk pengindraan karena gak bisa melihat atau menyentuh koleksi yang dijual. Oleh karena itu, aku ingin orang yang mau membeli baju Sapto Djojokartiko mendapatkan pengalaman mengenai Sapto itu sendiri dengan datang ke toko ini," ungkap Sapto.

3. Untuk membangunnya, dibutuhkan waktu selama 5 bulan

Sapto Djojokartiko Resmi Buka Flagship Store Pertama di IndonesiaSapto Djojokartiko dan Brian Gondokusumo dalam press conference pembukaan flagship store pertamanya di Hotel Fairmont, Jakarta. 11 Maret 2020. IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Brian Gondokusumo, Desainer Interior dari toko Sapto Djojokartiko, menuturkan jika waktu yang dibutuhkan untuk membuat flagship store tersebut adalah 5 bulan. Konsep yang disajikan pun menerapkan kontras warna yang serasi dengan koleksi Sapto agar tone warna toko tersebut terkesan lebih sejalan. 

"Sejak desain pertama kali, memakan waktu 3 bulan dan pembangunannya 2 bulan. Jadi, butuh 5 bulan untuk sampai tokonya benar-benar selesai. Di dalamnya nanti, juga dibuat lebih kontras dengan koleksi Sapto agar warnanya satu tone dan lebih sejalan," ucap Brian.

Baca Juga: Ide Busana Liburan ala Sapto Djojokartiko, Biar Piknik Makin Kece!

4. Desain interior toko dipenuhi dengan material marble, kayu, dan kaca

Sapto Djojokartiko Resmi Buka Flagship Store Pertama di IndonesiaFlagship store Sapto Djojokartiko yang baru dibangun di Plaza Senayan. 11 Maret 2020. IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Untuk mewujudkan konsep yang diinginkan Sapto, Brian juga mengatakan bahwa interior yang ada di toko itu akan dipenuhi oleh marble, kayu, dan kaca. Uniknya, Sapto menyarankan langsung untuk menghiasi bagian dalam tokonya tersebut dengan totem dan kayu berpahat sebagai handle pintu tokonya tersebut.

"Menyatukan antara konsep aku dan Sapto, ya, salah satunya dengan memilih handle pintu dan totem, serta kayu-kayu dengan pahatan sebagai hiasan interiornya," kata Brian.

5. Salah satu kelebihan dari flagship store ini adalah menyediakan special collection dan runway collection

Sapto Djojokartiko Resmi Buka Flagship Store Pertama di IndonesiaSalah satu koleksi yang ada di flagship store Sapto Djojokartiko. 11 Maret 2020. IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Selaku Founder dari brand fashion ternama dengan namanya sendiri, Sapto juga menjelaskan bahwa terdapat sebuah keuntungan yang bisa dirasakan oleh para pembelinya jika datang ke tokonya tersebut.

Salah satunya adalah dapat menemukan special collection dan runway collection yang tidak dapat ditemukan di mana pun, baik di toko online maupun retail yang menjual baju koleksi miliknya.

"Salah satu kelebihan saya membuka store seperti ini adalah akan ada banyak koleksi yang memang tidak bisa ditemui di toko online atau retail lainnya, seperti special collection dan runway collection," ungkap Sapto.

Bagi kamu yang ingin memiliki koleksi terbaru Sapto Djojokartiko, silakan datang ke toko yang baru dibangunnya tersebut. Letaknya ada Plaza Senayan, Jakarta.

Baca Juga: 10 Gaya Anggun Nindy Hingga Maudy Ayunda di Acara Sapto Djojokartiko

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya