Comscore Tracker

5 Tahap Bersihkan Pori-pori pada Kulit Berminyak, Jangan Jadi Komedo!

#IDNTimesLife Bersihkan sel-sel kulit mati yang menumpuk

Walaupun pori-pori memiliki manfaat yang cukup baik, jika tak dijaga kebersihannya, tentu akan timbul berbagai masalah kulit, seperti ukuran pori yang membesar, pori tersumbat, komedo, hingga jerawat. Ini sangat sering dialami oleh pemilik kulit berminyak karena produksi sebumnya berlebihan.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk menghindari segala permasalahan yang ada pada pori-pori adalah dengan membersihkan sumbatannya sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki. Nah, berikut ini tahapan membersihkan pori-pori pada kulit berminyak.

1. Cegah penyumbatan pada pori-pori dengan melakukan teknik double cleansing

5 Tahap Bersihkan Pori-pori pada Kulit Berminyak, Jangan Jadi Komedo!Pexels.com/cottonbro

Hal utama yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan pada pori-pori adalah mencegah pori-pori agar tak tersumbat oleh minyak, kotoran, dan sel kulit mati. Kamu bisa melakukan teknik double cleansing secara rutin menggunakan micellar water

Selain membersihkan kotoran dan minyak pada kulit, double cleansing juga berperan sebagai pembersih makeup yang baik. Jadi, jangan lupa menerapkannya dalam skincare routine kamu, ya!

2. Lakukan eksfoliasi untuk membersihkan sel-sel kulit mati dan pori-pori yang sudah tersumbat

5 Tahap Bersihkan Pori-pori pada Kulit Berminyak, Jangan Jadi Komedo!Pexels.com/cottonbro

Untuk pori-pori yang sudah tersumbat, kamu bisa melakukan eksfoliasi dengan produk yang mengandung AHA atau BHA. Perawatan ini sangat penting untuk membersihkan penyumbatan minyak dan segala kotoran dalam pori-pori yang menumpuk selama seharian beraktivitas. 

Hanya saja, perlu diingat bahwa kegiatan eksfoliasi sebaiknya dilakukan setiap satu sampai dua kali dalam seminggu saja. Sebab, jika terlalu sering, melakukan eksfoliasi kulit justru akan merusak skin barrier dan membuat kulit jadi lebih kering.

3. Tingkatkan elastisitas kulit dengan serum vitamin A atau C

5 Tahap Bersihkan Pori-pori pada Kulit Berminyak, Jangan Jadi Komedo!Pexels.com/Anna Shvets

Setelah membersihkan penyumbatan di pori-pori, kamu bisa melanjutkannya dengan meningkatkan produksi kolagen agar kulit tetap elastis dan lembap. Gunakan serum dengan vitamin A untuk mendorong regenerasi sel kulit pada wajah dan meningkatkan elastisitas kulit.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan serum dengan kandungan vitamin C yang tinggi akan antioksidan untuk memperkuat produksi kolagen sehingga kulit menjadi lebih kencang.

Baca Juga: 5 Jenis Perawatan yang Tepat untuk Mencegah Pori-pori Tersumbat

4. Gunakan moisturizer untuk memperkuat skin barrier

5 Tahap Bersihkan Pori-pori pada Kulit Berminyak, Jangan Jadi Komedo!Pexels.com/Gustavo Fring

Moisturizer merupakan perawatan dasar yang penting untuk menjaga kelembapan kulit. Selain itu, moisturizer juga diyakini mampu memperkuat fungsi dari skin barrier. Saat kelembapan kulit terjaga, maka kulit pun akan tampak lebih sehat, cerah, dan kenyal.

5. Aplikasikan sunscreen untuk menjaga kulit dari bahaya sinar UV

5 Tahap Bersihkan Pori-pori pada Kulit Berminyak, Jangan Jadi Komedo!Pexels.com/cottonbro

Pemakaian sunscreen secara rutin sangat penting dalam keadaan apa pun, termasuk usai membersihkan kotoran dan hal lain yang menyumbat pori-pori. Ini karena paparan sinar UV dapat memberi dampak buruk, tak hanya berupa masalah kulit seperti jerawat, tetapi juga radiasi yang dapat menyebabkan produksi sebum meningkat.

Akibatnya, jika tidak ditangani dengan baik, pori-pori pun akan tersumbat kembali dan memicu munculnya beragam masalah kulit, mulai dari yang sederhana hingga berbahaya.

Itu dia beberapa tahapan membersihkan pori-pori pada kulit berminyak. Lakukan secara rutin demi mendapatkan kulit yang sehat, ya!

Baca Juga: 5 Tips Mencegah Pori-pori Membesar, Langsung dari Dokter Kulit!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya