Comscore Tracker

Perawatan Rambut Sehat dan Indah ala Wanita Persia!

Pakai rempah termahal!

Memiliki rambut sehat, indah, dan tebal pasti menjadi impian banyak wanita.Terlahir dengan rambut yang lebat dan indah menjadi anugerah tersendiri bagi wanita Persia. Wanita Persia sangat menjaga keindahan alami rambutnya lho, seperti apa perawatannya? Yuk simak, berikut merupakan 5 perawatan rambut sehat dan indah ala wanita Persia!

1. Tidak keramas menggunakan air panas

Perawatan Rambut Sehat dan Indah ala Wanita Persia!Pexels/Leah Kelley

Air panas tidak disarankan untuk keramas, karena dapat membuka pori-pori kulit kepala terbuka dan menjadi rusak. Terbukanya pori-pori menyebabkan akar rambut akan lebih terbuka dan mudah rontok. Selain mencegah kerontokan menggunakan air dingin saat keramas juga memperlancar sirkulasi darah di kulit kepala lho.

2. Melakukan diet

Perawatan Rambut Sehat dan Indah ala Wanita Persia!Pexels/Nathan Cowley

Orang Persia melakukan diet dengan banyak memakan sayuran, buah, herbal dan rempah. Makanan-makanan tersebut mengandung vitamin, mineral, protein, dan antioksidan tinggi yang baik bagi kesehatan rambut. Makanan itu di antaranya pistachio, terong, saffron, delima, kunyit, chickpeas, dan masih banyak lagi. 

3. Menggunakan rempah-rempah untuk perawatan

Perawatan Rambut Sehat dan Indah ala Wanita Persia!Unsplash/Jason Leung

Wanita Persia senang melakukan perawatan menggunakan bahan yang alami dan membuatnya sendiri. Untuk rambut berkilau, kuat dan tebal mereka menggunakan masker buatan sendiri yang terbuat dari tanaman ziziphus.

Henna juga kerap digunakan oleh wanita timur tengah sebagai kondisioner dan masker untuk menghidrasi, dan membuat rambut mudah diatur. Sedangkan untuk mengurangi rambut rontok, mereka menggunakan rempah termahal di dunia, saffron.

Baca Juga: Jangan Anggap Sepele, Ini 7 Penyakit yang Ditandai Rambut Rontok

4. Memanfaatkan mawar

Perawatan Rambut Sehat dan Indah ala Wanita Persia!pixabay.com/monicore

Selama berabad-abad wanita Persia menggunakan mawar untuk perawatannya. Mawar memang terkenal memiliki segudang manfaat bagi kecantikan.

Ekstrak mawar tak hanya bermanfaat untuk kulit wajah lho, tapi untuk rambut juga. Minyak dari mawar bisa menutrisi dan menghidrasi rambut. Tak jarang mereka pun meneteskan air mawar pada air minumnya. 

5. Menjaga warna rambut alami

Perawatan Rambut Sehat dan Indah ala Wanita Persia!Pixabay.com/jovibingelyte

Alih-alih mempercantik rambut dengan mengubah warnanya, wanita Persia lebih memilih warna rambut yang alami. Mewarnai rambut hanya akan membuat rambut rusak dan membutuhkan perawatan yang lebih extra. Mereka pun percaya bahwa warna rambut alami sangat cocok dengan skin tone dan warna mata mereka.

Nah, itu dia rahasia rambut indah alami ala wanita Persia. Apa kamu mau coba?

Baca Juga: Bingung Rawat Rambut? 9 Produk Rambut yang Akan Launching Tahun Ini 

Topic:

  • Nadin Azani
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya