Comscore Tracker

5 Komposisi Terbaik dalam Produk Skincare untuk Perawatan Kulit Sehat

Dapatkan kulit terawat, sehat, dan glowing

Berbicara mengenai perempuan pasti tidak pernah lepas dari yang namanya produk perawatan. Baik itu produk perawatan untuk rambut, tubuh, hingga wajah. Tak tanggung-tanggung semakin baik kualitas produk kecantikan tersebut maka biasanya akan semakin mahal pula harganya. Tetapi di luar harganya yang mahal, akan lebih baik jika kamu mengetahui sebenarnya kandungan apa yang paling baik dalam skincare-mu.

Agar kamu tidak rugi membuang-buang uang yang tak sedikit namun ternyata hasilnya biasa saja. Ada baiknya kamu pertimbangkan 5 kandungan berikut dalam skincare harianmu untuk perawatan kulit terbaik yang bisa kamu dapatkan.

1. Vitamin C

5 Komposisi Terbaik dalam Produk Skincare untuk Perawatan Kulit Sehatkholic.id/The Fine Line Mag

Kandungan vitamin C memang diketahui sangat baik untuk tubuh dan kulit. Coba pastikan apakah skincare rutinmu sudah memiliki kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C diketahui sebagai nutrisi penting dan sumber antioksidan yang mampu melindungi kulitmu dari kerusakan akibat radikal bebas.

Antioksidan tersebut merupakan kunci untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan ultraviolet dan membantu menghambat kerusakan kolagen pada kulit hingga mencegah penuaan dini.

2. Retinoids

5 Komposisi Terbaik dalam Produk Skincare untuk Perawatan Kulit Sehatunsplash.com/Chandra Oh

Retinoid diketahui telah digunakan sejak lama oleh para praktisi kesehatan. Bahan ini kerap digunakan di beberapa produk perawatan kulit. Banyak yang menyebutnya sebagai ratunya anti penuaan dini karena fungsinya yang disukai banyak orang. Retinoid bekerja dengan meningkatkan pergantian sel kulit, membuatnya terlihat lebih halus terutama dari kerutan dan warna kulit yang tidak merata.

Namun harus diingat bahwa penggunaannya harus dikontrol dan tidak boleh digunakan hingga penggunaan maksimum. Kamu tetap harus melihat kondisi dan dosis yang dapat ditoleransi kulitmu. Caranya adalah dengan menggunakan sedikit-sedikit di awal dan secara berkala dosisnya boleh ditingkatkan untuk mencegah iritasi.

Baca Juga: Bahan-bahan Skincare Ini Ternyata Gak Boleh Dipakai Berbarengan, Lho!

3. Niacinamide

5 Komposisi Terbaik dalam Produk Skincare untuk Perawatan Kulit Sehatus.hola.com/Yolanda M

Pernah kah kamu mendengar tentang niacinamide sebelumnya? Jika kamu sering menggunakan produk perawatan kulit, pasti bahan ini sudah tidak asing lagi. Niacinamide merupakan jenis vitamin B3 yang mampu mengurangi kemerahan pada wajah, mencerahkan dan menyamarkan garis halus serta kerutan.

Bahan ini mampu membangun protein pada kulit, meningkatkan kelembapan, mengurangi bercak hitam atau hiper pigmentasi. Selain itu juga mampu melindungi kulit dari dampak racun-racun di lingkungan yang merusak kulit.

4. Enzymes

5 Komposisi Terbaik dalam Produk Skincare untuk Perawatan Kulit Sehatunsplash.com/Christin Hume

Penggunaan bahan seperti enzim memang sedikit sulit ditemukan di produk perawatan kulit. Hal in dikarenakan orang lebih menyukai menggunakan bahan seperti AHA dan BHA untuk mengeksfoliasi kulit. Padahal enzim mampu menghaluskan dan menyingkirkan kulit mati dari permukaan kulit. Penggunaan enzim sebagai bahan untuk eksfoliasi sangat baik dibanding menggunakan kandungan acid.

Enzim lebih ideal karena tidak melakukan eksfoliasi yang menyebabkan kulit menjadi iritasi, kemerahan, kulit kering dan dehidrasi. Proses eksfoliasi hanya dilakukan di permukaan kulit dan tidak sampai merusak perlindungan kulit. Ia hanya mengangkat kulit mati tanpa mengganggu kulit sehatmu.

5. Peptides

5 Komposisi Terbaik dalam Produk Skincare untuk Perawatan Kulit Sehatunsplash.com/Content Pixie

Bahan terakhir yang mampu membuat perawatan kulit terbaikmu adalah peptida. Senyawa peptida merupakan rantai pendek dari asam amino penting yang mampu bekerja hingga ke sel kulit. Kandungan protein ini dapat menjadikan kulit terlihat lebih sehat dan kencang karena menutrisi untuk meremajakan kulit. Ada banyak jenis peptida yang mampu mengatasi berbagai masalah kulit. Apa pun masalah kulitmu biasanya selalu ada senyawa peptida di dalamnya. Selain itu juga ia mampu bekerja dengan baik jika dikombinasikan dengan perawatan kulit lainnya.

Selain penggunaan bahan-bahan di atas ada baiknya kamu juga tetap memakai produk perlindungan kulit seperti sunblock atau sunscreen. Produk tersebut berfungsi untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari, agar kulit sehatmu tetap terjaga.

Baca Juga: Bagaimana Menggunakan Sunscreen yang Benar? Ini 6 Cara Efektifnya

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya