Comscore Tracker

Bagaimana Menggunakan Sunscreen yang Benar? Ini 6 Cara Efektifnya

Jangan lupa dipakai agar terhindar dari kanker kulit

Menggunakan sunscreen adalah langkah penting untuk kulit sehat buat laki-laki maupun perempuan. Karena fungsi utama sunsceen adalah menangkal sinar UV A penyebab penuaan dan UV B penyebab kulit terbakar yang dipancarkan oleh sinar matahari, semua wajib pakai.

Buang jauh-jauh stigma bahwa pakai sunscreen biar kulit gak hitam! Menggunakannya lebih penting untuk kesehatan kulit. Selain itu, meskipun di dalam ruangan atau saat mendung, kamu tetap harus menggunakannya karena sinar UV A dan B gak lantas hilang terhalang awan dan bisa menembus kaca jendela.

Lalu, bagaimana menggunakan sunscreen dengan benar?

1. Pakai ketika wajah sudah bersih

Bagaimana Menggunakan Sunscreen yang Benar? Ini 6 Cara EfektifnyaUnsplash/Tadeusz Lakota

Pakai ketika wajah kamu dalam keadaan bersih, bisa sehabis mencuci muka dengan fascial wash atau membersihkannya dengan pembersih lainnya. Kulit akan menyerap dengan baik apa yang dioleskan jika kondisinya bersih karena biasanya kulit setelah dibersihkan lebih lembap dan belum terpapar kotoran dari luar.

2. Gunakan sebelum ke luar ruangan

Bagaimana Menggunakan Sunscreen yang Benar? Ini 6 Cara EfektifnyaUnsplash/The Honest Company

Meskipun di dalam ruangan perlu sunscreen, namun risiko terpapar sinar UV A dan B di luar jauh lebih besar. Untuk menggunakannya, kamu harus memberinya jeda terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakannya 10 hingga 20 menit sebelum beraktivitas.

Biarkan sunscreenmu menyerap dengan baik ke dalam kulit sehingga efektif menangkal dampak buruk sinar matahari.

3. Gunakan takaran yang tepat

Bagaimana Menggunakan Sunscreen yang Benar? Ini 6 Cara Efektifnyaisdin.com

Khusus untuk wajah, kamu perlu tahu takaran yang tepat sunscreen untuk wajah kamu. Agar wajah terlindungi, gunakan dua ruas jari untuk wajahmu. Jika dirasa terlalu banyak, kamu gak harus menggunakannya sekaligus. Kamu bisa mengaplikasikannya satu ruas jari terlebih dahulu, menunggu hingga terserap sempurna dan menambahkannya.

Jangan lupa untuk mengoleskan sunscreen di area telinga, belakang telinga, leher, dan dada.

Baca Juga: Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Tamasya ke Pantai, Gak Akan Gosong

4. Gunakan SPF minimal 30

Bagaimana Menggunakan Sunscreen yang Benar? Ini 6 Cara EfektifnyaUnsplash/yue su

SPF atau sun protection factor adalah satuan ketahanan sunscreen kamu. Jika angka di belakangnya semakin banyak, maka semakin bagus.

Di pasaran banyak beredar sunscreen mulai dari SPF 15 hingga SPF 99. Melihat Indonesia adalah negara tropis, gunakan minimal SPF 30 atau 50 untuk sehari-hari.

5. Reapply

Bagaimana Menggunakan Sunscreen yang Benar? Ini 6 Cara Efektifnyaallure.com

Sangat disarankan untuk mengaplikasikan ulang sunscreen baik pada wajah dan tubuh. Beberapa dari mereka bisa luntur terkena air atau keringat, sehingga kamu perlu memakainya lagi. Meski begitu, kamu sebaiknya menggunakan ulang setiap 2 sampai 4 jam sekali.

Untuk mengaplikasikan di wajah dengan makeup, cuci bersih dan keringkan tangan, ratakan di telapak tangan dan tepuk pelan ke seluruh wajah. Atau kalau gak mau repot gunakan sunscreen stick atau spray.

6. Jangan berlama-lama di bawah sinar matahari

Bagaimana Menggunakan Sunscreen yang Benar? Ini 6 Cara Efektifnyaverywellhealth.com

Meski terlindungi oleh sunscreen dengan SPF yang besar, kamu gak boleh berlama-lama di bawah paparan sinar matahari karena kulitmu bisa kemerahan akibat terbakar. Disarankan jika kamu berada di luar ruangan, tetap gunakan pelindung seperti jaket, topi, atau kacamata hitam.

So, sekarang kamu sudah tahu cara tepat menggunakan sunscreen kan? Ingat, sunscreen digunakan untuk kesehatan sehingga semua gender disarankan memakainya.

Baca Juga: Skincare 101: 6 Hal Tentang Sunscreen Ini Harus Kamu Ketahui

Pusat Tanaman Hias Photo Writer Pusat Tanaman Hias

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya