5 Perawatan Wajah Alami Ini Rahasia Kecantikan Nenek Moyang

Bahan-bahannya mudah didapatkan

Sejak zaman dulu, manusia selalu memiliki cara untuk merawat kecantikan wajah. Cara tradisional yang dipakai oleh nenek moyang memang lebih sehat. Bahan-bahan rahasia yang diambil langsung dari alam membuat wajahmu cantik alami.

Kamu harus mencoba perawatan wajah yang dilakukan orang-orang terdahulu. Hal ini bakal membuat wajah cantikmu selalu terawat. Berikut deretan perawatan tradisional ala nenek moyang yang mudah sekali diaplikasikan. 

1. Perawatan flek hitam

5 Perawatan Wajah Alami Ini Rahasia Kecantikan Nenek Moyangstylecraze.com

Flek hitam menjadi salah satu masalah wajah yang bikin gak nyaman. Efek sinar matahari ke kulit menjadi penyebab terbesar dalam membentuk flek hitam ini. Kamu bisa menggunakan perawatan yang populer di zaman Fir'aun ini dengan ramuan lidah buaya. Kandungan lektin, mannans, dan polisakarida menghilangkan bintik hitam pada wajah. 

Cara membuatnya cukup mudah. Campurkan gel lidah buaya dan lemon hingga membentuk pasta. Oleskan pada wajah selama 20 menit. Bilas dengan air dingin. 

2. Perawatan bebas jerawat

5 Perawatan Wajah Alami Ini Rahasia Kecantikan Nenek Moyangmedicalnewstoday.com

Untuk mendapatkan kulit yang bebas dari jerawat, kamu bisa coba perawatan wajah yang terkenal sejak dulu ini. Perawatan ini menggunakan biji fenugreek yang memiliki sifat antiseptik dan antibiotik. Peradangan yang terjadi akibat jerawat akan cepat disembuhkan. Ini juga menghidrasi kulit agar tetap lembap. 

Cara membuatnya dengan merebus biji fenugreek sampai lembut. Lalu airnya digunakan sebagai masker. Tepuk-tepuk pada wajah dengan kapas lalu biarkan hingga 2 jam. Bilas dengan air dingin. 

Baca Juga: 7 Manfaat Manggis, Si Hitam Manis Bikin Wajah Awet Muda

3. Perawatan pencerah kulit

5 Perawatan Wajah Alami Ini Rahasia Kecantikan Nenek Moyangflexcin.com

Merawat wajah yang kusam dan gelap dapat kamu coba dengan perawatan tradisional. Perawatan ini menggunakan kunyit dan saffron yang menutrisi kulit agar semakin cerah. Kemampuan kedua bahan ini dapat membantu dalam mengatasi wajah kusam. Sirkulasi darah pada wajah diperlancar sehingga kulit lebih bersinar. 

Cara membuatnya dengan merendam bubuk kunyit selama semalam. Lalu campurkan dengan susu dan saffron. Oleskan pada wajah secara merata. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin. 

4. Perawatan kulit kering

5 Perawatan Wajah Alami Ini Rahasia Kecantikan Nenek Moyangmybeautynaturally.com

Masalah kulit kering dapat kamu atasi dengan perawatan alami. Perawatan ini menggunakan tepung beras dan kunyit yang menghidrasi kulit agar tetap lembap. Kedua zat ini menghilangkan sel kulit mati dan membuat kulit lebih kenyal. Perawatan ini biasanya digunakan oleh perempuan Jawa untuk menjaga kulit. 

Cara membuatnya cukup mudah. Buat tepung dari air rendaman beras yang dibiarkan hingga menjadi tepung. Untuk lebih mudah, tepung beras yang sudah jadi pun dapat kamu gunakan. Lalu campurkam dengan kunyit dan oleskan pada wajah. Bilas dengan air dingin. 

5. Perawatan bebas komedo

5 Perawatan Wajah Alami Ini Rahasia Kecantikan Nenek Moyangwomensok.com

Merawat wajah dari komedo dapat pula kamu coba dengan masker tradisional. Perawatan ini membutuhkan daun ketumbar dan bubuk kunyit. Kedua bahan ini menutrisi kulit dan mengecilkan pori-pori. Masalah komedo yang membandel berangsur-angsur akan hilang. Perawatan ini pun ampuh usir kulit kasar. 

Cara membuatnya dengan menghaluskan daun ketumbar. Lalu campurkan dengan bubuk kunyit. Oleskan pada wajah dan biarkan selama semalam. Bilas dengan air dingin. 

Perawatan tradisional ini telah digunakan sejak zaman nenek moyang. Kamu boleh coba racikan tradisional ini untuk mengatasi masalah kulit wajah.

Baca Juga: 5 Bahan Alami Ini Bisa Hilangkan Noda Hitam di Wajah, Jadi Cling Deh!

Nurul Aulia Photo Community Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You