Comscore Tracker

5 Hal Pentingnya Kesetaraan Gender Bagi Wanita yang Harus Kamu Tahu

Menghapus segala bentuk hak yang membahayakan bagi wanita

Kesetaraan gender merupakan suatu pandangan yang menyatakan bahwa setiap orang harus diperlakukan sama dalam berbagai hal tanpa memandang kontrak alamiah orang itu sendiri. Saat ini aksi kesetaraan gender banyak diperjuangkan oleh kaum-kaum wanita di luar sana.

Hal tersebut tentunya mempunyai tujuan yang sangat penting untuk ke depannya, sehingga wanita tidak hanya berada pada tiga posisi saja yang biasa disebut dapur, sumur dan kasur. Selain itu ada banyak sekali akan pentingnya kesetaraan gender bagi wanita, di antaranya lima hal di bawah ini.

1. Menghapuskan segala bentuk kekerasan dan pelecehan yang sering dialami wanita

5 Hal Pentingnya Kesetaraan Gender Bagi Wanita yang Harus Kamu TahuUnsplash.com/Kat J

Saat ini sebagian besar korban dari kekerasan adalah wanita dan anak-anak. Wanita sering dikategorikan sebagai korban kekerasan dalam beberapa hal dikarenakan wanita memiliki kelemahan secara fisik dan emosional. Hal tersebut diartikan bahwa wanita tidak dapat melawan perilaku kekerasan yang menimpanya.

Selain kekerasan, wanita identik sekali dengan pelecehan seksual. Baik itu yang terjadi di tempat umum maupun di dalam sebuah keluarga. Objek dari pelecehan seksual kerap kali dipasangkan pada wanita. Oleh sebab itu pula Undang-undang terkait pelecehan seksual sudah disahkan, untuk menekan angka pelecehan seksual yang kerap menimpanya wanita.

2. Mengakhiri segala bentuk diskriminasi yang kerap terjadi dalam dunia kerja

5 Hal Pentingnya Kesetaraan Gender Bagi Wanita yang Harus Kamu TahuUnsplash.com/Andrew Neel

Di dalam dunia kerja perilaku diskriminasi atau membedakan antara pria dan wanita memang kerap kali terjadi. Wanita hanya ditempatkan pada posisi pekerjaan yang ringan dan rendah saja dibandingkan dengan pria. Padahal baik pria maupun wanita memiliki pengetahuan, keahlian dan pengalaman yang sama jika mereka ditempatkan pada posisi yang sama.

Oleh sebab itulah perlunya kesetaraan gender agar wanita-wanita di luar sana tidak diperlakukan diskriminasi oleh yang lainnya di dalam pekerjaan.

Baca Juga: 6 Bentuk Kesetaraan Gender bagi Perempuan, Apa Saja?

3. Mendapat hak atas kepemilikan suatu barang

5 Hal Pentingnya Kesetaraan Gender Bagi Wanita yang Harus Kamu TahuUnsplash.com/Tierra Mallorca

Hukum yang berlaku di Indonesia memang memberlakukan sama antara pria dan wanita dalam hal kepemilikan atas suatu barang, baik itu barang bergerak maupun barak tidak bergerak. Meski begitu masih ada beberapa hal yang menunjukkan adanya perilaku membedakan antara pria dan wanita dalam hal ini.

Seperti contoh pada pasangan suami istri, di mana suami berhak untuk memiliki nomor pajak pribadi sedangkan pihak istri harus dimasukkan nomor pajaknya pada catatan suami. Meski terkesan sepele, tapi hal tersebut baik adanya jika kedua pihak tersebut baik pria maupun wanita memiliki persamaan hak dalam memiliki nomor pajak pribadi mereka.

4. Memiliki hak atas pendidikan yang sama tinggi dengan pria

5 Hal Pentingnya Kesetaraan Gender Bagi Wanita yang Harus Kamu TahuUnsplash.com/Juan Ramos

Sejak dulu kala yang wajib memiliki pendidikan hingga jenjang tertinggi hanyalah pihak pria, sedangkan pihak wanita hanya memiliki pendidikan hingga sampai pada jenjang sekolah menengah atas saja. Mengapa? Karena tetap saja wanita yang memiliki pendidikan tinggi pada akhirnya akan menjadi ibu rumah tangga yang hanya mengurus dapur, sumur dan kasur.

Pemikiran tersebut terdengar begitu kolot dan sangat tidak relevan dengan zaman sekarang. Sebab wanita yang memiliki pendidikan tinggi itu mampu membimbing anaknya menjadi anak yang cerdas. Hal ini dikarenakan kecerdasan dari seorang ibu akan menurun pada anaknya secara dominan dibanding dari Ayah.

5. Memiliki kebebasan untuk berpartisipasi dalam kehidupan berpolitik, sosial dan ekonomi

5 Hal Pentingnya Kesetaraan Gender Bagi Wanita yang Harus Kamu TahuPinterest.com/Harper's Bazaar

Meski sering dipandang jika wanita tidak dapat memimpin dalam suatu hal, nyatanya dapat dibuktikan dengan adanya negara yang dipimpin oleh seorang wanita. Dengan adanya kesetaraan gender, wanita memiliki kebebasan untuk berdemokrasi dan andil dalam sebuah politik dalam negara. Selain dalam bidang politik, ada berbagai bidang lainnya yang dapat ikut serta di dalamnya di antaranya dalam bidang sosial dan ekonomi.

Melihat dari pentingnya kesetaraan gender bagi wanita, yuk mulai sekarang terapkan pemikiran yang tegas dan tunjukkan kemampuan diri bahwa wanita itu bisa dihormati dan disamakan dengan pria dalam berbagai hal.

Baca Juga: 5 Bentuk Ketidakadilan Gender di Lingkungan Sosial, Apa Saja?

P U T R I Photo Community Writer P U T R I

Yuk menulis lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You