Comscore Tracker

5 Cara Mudah Mencegah Bruntusan di Wajah Datang Lagi

Wajah jadi selalu bersih dan mulus

Memiliki masalah kulit bruntusan pada wajah, tentunya akan membuatmu merasa terganggu bahkan tidak percaya diri. Hal itu dikarenakan tekstur kulitmu yang terlihat kasar dan tidak rata.

Walaupun kamu sudah pernah mengusir bruntusan sebelumnya, tidak jarang hal itu hanya bersifat sementara. Untuk itu, kamu mungkin membutuhkan cara agar bruntusan tidak datang lagi. Berikut ulasannya yang sayang jika kamu lewatkan begitu saja.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Masker Wajah yang Ampuh Kurangi Bruntusan

1. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan tipe kulitmu

5 Cara Mudah Mencegah Bruntusan di Wajah Datang Lagiilustrasi perempuan yang sedang memakai pembersih wajah (pexels.com/Shiny Diamond)

Memilih pembersih wajah yang sesuai dengan tipe kulit, akan membantumu terhindar dari timbulnya bruntusan. Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, pilihlah pencuci wajah yang punya kandungan niacinamide. Sedangkan untuk kulit kering, kandungan hyaluronic acid yang ada pada produk pencuci wajah akan cocok untukmu.

Selain itu, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, pastikan untuk menggunakan pembersih wajah yang lembut dan tidak ada kandungan scrub yang justru akan membuat pori-pori semakin membesar. Kamu bisa mencuci wajah dua kali sehari, untuk menghasilkan kulit yang bersih.

2. Rutin mengaplikasikan pelembap pada wajah

5 Cara Mudah Mencegah Bruntusan di Wajah Datang Lagiilustrasi perempuan yang sedang memakai pelembap (pexels.com/Sora Shimazaki)

Pelembap atau moisturizer merupakan salah satu rangkaian skincare yang tidak boleh terlewatkan begitu saja. Dengan memakai pelembap, kadar air dalam kulitmu akan selalu terjaga sehingga kulit wajah jadi tidak kering.

Dengan begitu, bruntusan tidak akan kembali timbul pada kulit wajahmu. Kamu dapat menggunakan pelembap yang mempunyai kandungan ceramide dan dimethicone agar hasilnya lebih optimal.

Baca Juga: 5 Sebab Jerawat atau Bruntusan Kamu Tak Kunjung Reda

3. Tidak lupa untuk rajin keramas

5 Cara Mudah Mencegah Bruntusan di Wajah Datang Lagiilustrasi perempuan yang sedang keramas (pexels.com/Karolina Grabowska)

Untuk memastikan bruntusan tidak datang kembali, salah satunya dengan rutin keramas. Karena jika kulit kepalamu jarang dibersihkan, maka kulit wajah khususnya area dahi akan mudah terpapar kotoran seperti ketombe.

Hal itu bisa menyebabkan masalah kulit, seperti bruntusan hingga jerawat. Untuk itu, kamu bisa mencuci rambut setiap dua hari sekali atau tiga kali selama seminggu.

4. Gunakan produk non-comedogenic

5 Cara Mudah Mencegah Bruntusan di Wajah Datang Lagiilustrasi serum non-comedogenic (pexels.com/cottonbro)

Untuk mencegah datangnya bruntusan, kamu bisa menggunakan rangkaian perawatan wajah dan kosmetik berlabel non-comedogenic. Produk ini sendiri dirancang agar tidak menyebabkan penyumbatan pori-pori.

Kamu bisa memilih skincare non-comedogenic yang punya kandungan salicylic acid, benzoyl peroxide hingga resorcinol. Dengan memakai produk jenis ini, kamu tidak perlu khawatir akan munculnya komedo yang mengakibatkan bruntusan pada wajah.

5. Hindari terlalu sering menyentuh permukaan wajah 

5 Cara Mudah Mencegah Bruntusan di Wajah Datang Lagiilustrasi perempuan yang sedang menyentuh wajah (pexels.com/Angela Roma)

Jika kamu mempunyai kebiasaan menyentuh area wajah, lebih baik hentikan, ya. Karena menyentuh tangan yang kotor dan penuh bakteri, akan menyebabkan masalah kulit, termasuk bruntusan.

Lewat lima cara di atas, kamu jadi bisa selalu tampil percaya diri dengan kulit wajah yang bersih dari bruntusan. Selain itu, cara di atas juga cukup mudah bukan untuk diterapkan? Selamat mencoba!

Kebanyakan sumber yang sudah dicantumkan link-nya di atas, beberapa tentang jerawat. Karena jerawat dapat menjadi salah satu penyebab bruntusan di wajah 

Baca Juga: 5 Tips Mencegah Anak Jadi Generasi Strawberry yang Lemah! 

Resti Salsabila Photo Verified Writer Resti Salsabila

To love oneself is the beginning of a lifelong romance

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya